Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Interface Pada Photoshop

Interface Pada Photoshop - Photoshop sebagaimana kita tahu merupakan salah satu aplikasi design grafis yang sangat popuper dalam mengelola gambar bitmap. Sehingga mungkin baik kita ataupun banyak orang sudah tidak asing menggunakan aplikasi ini, atau setidak-nya mendengar nama aplikasi ini, karena user atau komunitas pengguna aplikasi ini pun banyak. Namun mungkin banyak juga diantara kita yang tidak familiar dengan menggunakan aplikasi ini. Karena Saya akan membahas mengenai interface pada aplikasi photoshop ini. bagian utama dari aplikasi photoshop ini terbagi dalam 5 bagian, diantaranya sebagai berikut :

menjelaskan bagian-bagian pada tampilan muka aplikasi desain grafis photoshop

1. Menu Bar, adalah menu utama yang ada dalam aplikasi, posisinya ada dibagian paling atas. Di dalam menu bar terdapat lagi menu-menu option lainnya, yang akan membantu kita dalam menggunakan aplikasi ini. biasanya menu-menu tersebut disebut juga dengan drop-down menu atau pull-down menu.
2. Option Bar, bagian Option Bar posisinya ada dibawah Menu Bar. Option Bar ini berfungsi untuk mengatur atau men-setting properti-properti yang ada pada setiap tool/alat yang digunakan pada photoshop ketika tool tersebut sedang bekerja/aktif/digunakan. Dalam option bar kita diberikan pilihan untuk mengatur properti-nya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.
3. Tool Box, bagian tool box berada dalam floating bar yang terletak di panel sebelah kiri layar. Tool box ini berisi tool-tool atau alat yang ada dalam aplikasi photoshop, dimana fungsi dari tool-tool tersebut untuk membuat, memodifikasi, dan mewarnai suatu object tertentu.
4. Window Drawing, area kosong berbentuk empat persegi panjang yang berada ditengah ini adalah area kerja kita untuk membuat atau memodifikasi sebuah object dalam sebuah page/halaman yang disebut dengan canvas. Di area sinilah kita bebas mengeksplore ide dan kreativitas kita.
5. Window Option, bagian window option ini berisi panel-panel option yang berasal dari menu-menu option yang berada  pada menu window. Menu option pada menu window terdapat banyak pilihan yang bisa kita tampilkan pada window option ini, tergantung dari kebutuhan penggunanya.

Untuk option-option menu yang ada pada photoshop saya akan buatkan masing-masing artikelnya, begitu juga dengan penjelasan mengenai tool-tool apa saja yang dalam aplikasi photoshop beserta fungsi dan cara menggunakannya. Ditunggu saja artikel saya mengenai aplikasi photoshop ini.
Dengan photoshop kita bebas mengeluarkan ide dan kreatiavitas kita dalam seni menggambar. Sangat menyenangkan apabila kita bisa menguasai penggunaan aplikasi ini. Dengan begitu kita bebas dan puas membuat dan memodifikasi gambar yang kita suka atau yang client suka. Otak kiri kita pun terlatih secara otomatis, sehingga secara tidak sadar membuat otak kita tetap berkembang, even usia kita bertambah, tapi otak masih tetap bisa berkembang karena kita selalu melatih kreativitas kita.
Pembahasan mengenai  Interface Photoshop, sekian dulu ya guys. Semoga teman-teman bisa mengerti penjelasan ini, terutama bagi para pemula yang baru belajar Photoshop. Apabila ada pertanyaan, kritik dan saran. Silakan ajukan pada kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel  ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua, terutama bagi para pemula. Tetap semangat nge-blog. See you on my next articles. Bye-bye....

Post a Comment for "Interface Pada Photoshop"