Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memaksimalkan Setting Dasar Blog Untuk Blogger Pemula Agar Ramah SEO

Cara Memaksimalkan Setting Dasar Blog Untuk Blogger Pemula Agar Ramah SEOBlog yang sudah kita buat dengan menggunakan platform blogspot, dilengkapi dengan setting/fitur/setelan istimewa yang telah disediakan oleh blogspot. Setting/fitur/setelan tersebut perlu kita aktifkan dan atur. Setting yang pertama kita perlu atur dan aktifkan tentunya untuk setting dasar blog dulu. Untuk setting dasar blog, kita bisa atur atau aktifkan untuk memaksimalkan blog yang kita miliki. Tentunya agar mudah ditemukan oleh mesin pencari google pada akhirnya. Untuk mengatur setting dasar blog ini, caranya cukup mudah. Kita hanya mengikuti step by step dari mulai login sampai didirect ke halaman dashboard, lalu kita bisa pilih setting dasar blog.

bagaimana cara setting dasar pada blog platform blogspot
Basic Setting On Blogspot
Untuk login silakan ikuti step dibawah ini :
  1. Kunjungi link website https://www.blogger.com
  2. Klik sign in
  3. Masukkan alamat email
  4. Masukkan password
  5. Lalu kita akan didirect ke halaman dashboard blogspot. Di halaman dashboard ini, kita disediakan banyak panel kendali untuk mengatur dan mengontrol blog yang kita miliki.
  6. Pilih panel setting. Pada panel setting ini, kita diberikan 7 option setting yang bisa kita atur dan aktifkan. Termasuk salah satunya untuk mengatur setting dasar blog.
  7. Pilih panel setting dasar/basic.


Dari sini kita sudah bisa memulai untuk mengatur setting dasar blog yang kita miliki. Pada bagian setting dasar blog ini. kita diberikan option untuk mengatur 7 setting dasar :

7 Setting dasar blog yang perlu diatur dan diaktfikan blogger yang menggunakan platform blogspot
7 Setting Dasar Blogspot
a. Judul
Buatlah judul blog. Bagian ini sebenarnya sudah kita buat ketika kita pertama kali membuat blog. Silakan baca artikel saya tentang Cara Membuat Blog – Part 3 ( Membuat Blog Baru ). Namun kita bisa merubahnya, Kalau dirasa judul yang pertama kali kita buat, kurang sesuai dengan topik blog kita atau kita ingin merubah topik blog yang selanjutnya akan kita kembangkan. Perubahan ini pun bisa kapan saja kita lakukan. Namun untuk setiap perubahan judul blog sebaiknya di pertimbangkan secara masak. Karena judul blog, secara tidak langsung akan membentuk brand untuk blog yang kita miliki. Jangan membuat bingung pengunjung atau pembaca blog kita. Pastinya akan membuat kesulitan pada mesin pencari baik itu google, yahoo, bing, msn, ask dan lainnya, kalau kita terlalu sering merubah nama atau judul blog kita. Karena itu ketika kita membuat judul blog ini, sebaiknya dipikirkan secara matang, karena kebutuhan akan nama blog atau judul blog ini, relatif untuk jangka pangjang.

Judul blog akan membentuk image blog kita sendiri. Ketika suatu image sudah melekat pada benak pengunjung atau pembaca blog kita, maka akan sangat menguntungkan untuk perkembangan blog kita selanjutnya. Apalagi kalau mereka adalah unique visitor atau pengunjung yang selalu mengunjungi blog kita. Pikirkan nama judul yang mudah diingat di benak pengunjung atau pembaca blog kita dan tentunya ramah terhadap search engine.
Contoh : Making Blog

b. Deskripsi
Lengkapi deskripsi dari blog. Deskripsi ini menjelaskan dan memaparkan secara garis besar mengenai isi dari blog yang kita punya. Untuk deskrispsi kita bisa membuat deskripsi blog kita dengan maksimal 500 karakter. Bila deskripsinya lebih dari satu kata atau kalimat, pisahkan dengan koma, tanda pipe, atau tanda penghubung. Jadi buatlah deskripsi yang singkat, padat, dalam dan pastinya tepat sasaran dari tujuan dan tema topik pembahasan dari konten blog yang akan kita buat.

Deskipsi blog akan muncul di bagian header blog. Jadi buatlah deskripsi yang elegan untuk dibaca juag, selain singkat, padat, tepat sasaran, dan sesuai dengan topik pembahasan. Karena deskripsi blog ini, akan membantu memaksimalkan SEO blog kita. tapi untuk pemula jangan pusingkan dulu untuk SEO. Buatlah konten terbaik buat blog kesayangan kita.

Contoh deskripsi blog: belajar membuat blog untuk pemula dari teknik dasar sampai lanjutan, Belajar mengembangkan blog, Belajar menghasilkan uang dari blog.

c. Privasi
Pada setting dasar untuk privacy. Kita diberikan 2 pengaturan dan masing-masing pengaturan diberikan 2 option pilihan: ya atau tidak.

Pengaturan pertama mengenai apakah blog kita boleh dimasukkan daftar direktori mesin pencari google khususnya. Karena platform blogspot adalah milik google, sebagai raksasa terbesar dari mesin pencari saat ini.
Pengaturan kedua adalah tentang apakah sebagai pemilik blog, kita bisa memberikan izin atau tidak kepada mesin pencari untuk menelusuri blog kita dengan search engine yang google punya.

Biasanya untuk pemilik blog yang memang bertujuan untuk mengembangkan blognya, maka akan memilih option ya untuk kedua setting dasar privasi ini.

d. Alamat Blog
Untuk alamat blog saya juga pernah bahas di artikel Cara Membuat Blog – Part 3 ( Membuat Blog Baru ). Pada bagian setting alamat blog ini. kita diberikan 3 option untuk mengatur setting apabila dibutuhkan :

bagaiman mengatur setting dasar URL alamat blog pada blogspot
Setting URL Alamat Blog
1. Edit
kita diberikan option untuk melakukan edit apabila dirasa perlu untuk merubah URL dari alamat blog yang sudah kita buat sebelumnya, selama ketersediaan alamat blog yang kita inginkan ada. Namun hati-hati juga untuk merubah alamat blog. Pikirkan dan pertimbangkan secara masak. Jangan terlalu sering melakukan edit alamat blog. Karena alamat blog sama seperti judul, akan bisa memberikan efek branding pada blog yang kita punya. Kebutuhan URL alamat blog ini, sama seperti judul akan berpengaruh dalam jangka panjang.

Buatlah URL alamat blog yang mudah diingat, dan mudah ditelusuri sama mesin pencari google. untuk pemula, banyak senior blogger yang menyarankan untuk membuat blog dengan menggunakan keyword on domain. Keyword on domain adalah membuat nama domain blog dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik konten yang akan kita buat dan kembangkan pada blog yang kita punya. Tapi hal tersebut optional, karena untuk hal itu, saat ini penggunaan keyword on domain, tidak terlalu berpengaruh untuk usaha memaksimalkan level SEO blog kita, namun tetap memiliki pengaruh walau sedikit. Intinya harus ramah sama mesin pencari google apapun alamat URL blog yang kita buat.

2. Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda
pada bagian setting alamat blog, kita juga bisa mengganti alamat blog kita dengan URL atau domain dari pihak ketiga, baik itu yang berbayar ataupun yang tidak berbayar. Untuk setting penggunaan nama URL alamat blog dari pihak ketiga, ikuti petunjuk setelan atau setting yang ada. Apabila ingin menggunakan URL pihak ketiga, sebaiknya menggunakan domain TLD ( Top Level Domain ), dengan prioritas sebagai berikut :
Prioritas 1, Domain berbayar :
  • .com, .net, .org, .co.id, .id, .uk
  • .biz, .info, .in, .web.id

Prioritas 2, Domain free :
  • .ga, .ml, .tk, .cf, .gq

3. Beli Domain
Untuk URL alamat blog ini, blogspot juga memfasilitasi untuk pembelian-pembelian domain TLD. Kita bisa langsung klik saja button atau tombol Beli Domain. Nanti kita akan diarahkan step by step untuk pembelian domain TLD melalui blogspot ini.

e. HTTPS
HTTPS adalah sebuah protokol atau peraturan yang berhubungan dengan website yang diciptakan oleh W3C. W3C sendiri adalah sebuah konsorsium besar yang membuat dan mengatur segala hal yang berhubungan dengan perkembangan teknologi internet dan website. HTTPS sendiri merupakan sebuah security atau tingkat keamanan suatu situs. Pada setting HTTPS ini kita diberikan 2 option yaitu : ya atau tidak. Apabila kita memilih tidak, maka nanti alamat blog kita, akan diarahkan ke protokol HTTP, melalui sambungan yang tidak dienkripsi atau tidak diacak/dirandom. Kalau menggunakan HTTPS maka sambungan ke situs blog kita, akan dienkripsi. Namun khusus blog yang menggunakan platform blogspot, maka secara otomatis akan menggunakan protokol HTTPS, walau kita tidak mengubah setting menjadi option ya. Dengan menggunakan atau mengaktifkan HTTPS, ada beberapa manfaat baik bagi pengunjung blog kita, ataupun bagi pemilik blog daripada menggunakan protokol HTTP, yaitu :
  • Membantu memeriksa bahwa pengunjung membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  • Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  • Menambahkan langkah pengamanan yang akan mempersulit orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung, melacak aktivitas mereka, atau mencuri informasinya.

f. Penulis Blog
Pada bagian setting penulis blog ini, kita bisa menambahkan admin penulis blog dari pihak atau orang lain. banyak alasan kenapa fitur ini kita harus tahu manfaatnya. Pertama kita bisa manfaatkan ketika kita ingin mengajak berkolaborasi dengan orang lain atau pihak lain dalam mengembangkan blog yang kita punya agar bisa memaksimalkan konten dari blog tersebut. Kedua, tidak jarang para blogger memiliki hobby ataupun bisnis ternak blog dengan maksud untuk bisa dijual. Dengan adanya fitur ini, maka akan sangat memudahkan untuk memindah tangankan otoritas sebuah blog ke pihak lain dengan tujuan jual beli blog. Ketiga, terkadang untuk mengantisipasi bahkan sampai untuk mengakali sesuatu hal. Sebagai contoh ketika kita ingin mendaftar adsense. Lalu selalu ditolak, salah satu solusinya kita bisa pindahkan blog kita ke alamat email yang lain. setelah itu baru mendaftarkan blog kita ke adsense kembali.

g. Pembaca Blog
Untuk setting pembaca blog. Blogspot menyediakan 3 pilihan, yaitu :
  • Publik. Dengan memilih setting publik maka blog tersebut akan bisa dibaca oleh khalayak umum. Tidak ada batasan, siapapun bisa melihat dan membaca konten blog tersebut.
  • Pribadi-Khusus Penulis Blog. Artinya blog tersebut, dibuat pribadi untuk penulis blog saja. Biasanya setting seperti ini digunakan untuk membuat diary online yang berisi entri-entri atau postingan yang sifatnya sangat privasi. Karena itu kita perlu memilih setting ini, ketika tujuan dari sebuah blog yang kita buat untuk catatan pribadi kita.
  • Pribadi-Khusus Pembaca. Setting ini pada dasarnya memiliki tujuan yang sama seperti setting pembaca Public, agar blog yang kita punya bisa dibaca oleh pengunjung. Namun untuk setting ini, khusus untuk pembaca tertentu, bukan penbaca secara umum. Biasanya untuk bisa masuk atau mengakses blog tersebut untuk membaca konten pada blog dengan setting ini, si pembaca/pengunjung blog harus masuk dulu kedalam blog yang bersangkutan. Karena itu, untuk setting blog seperti ini, memerlukan setting tambahan untuk tidak lanjutnya.
Penjelasan untuk setting dasar blog yang menggunakan platform blogspot, semoga berguna untuk teman-teman blogger yang baru memulai belajar blogging. Semoga bermanfaat.

Happy blogging guys πŸ’›πŸ’‹πŸ˜πŸ˜....



  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

7 comments for "Cara Memaksimalkan Setting Dasar Blog Untuk Blogger Pemula Agar Ramah SEO"

  1. Penjelsan yang jelas πŸ‘πŸ˜Š
    salam sukses terus lah pokoknya buat agan . .

    ReplyDelete
  2. mantabπŸ‘πŸ‘πŸ‘
    terimakasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  3. Makasih gan sangat membantu buat saya blopemula

    ReplyDelete
  4. Selamat Saing Kak

    Apakah ada toturial cara seting meta tag pada blogspot? Karna saya bingung di bagian ini ��

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan