Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Sich SEO ?... KEPO???...

menjelaskan pengertian SEO
SEO

SEO - Bicara soal blog atau website, biasanya bagi para blogger tidak asing mendengar istilah SEO. SEO itu sejenis makanan apa ya??... koq penting bingit ya ??... dan SEO merupakan tujuan utama, bagi kebanyakan pemilik blog/website. SEO sendiri adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimization, dan bila diterjemahkan dalam bahasa indonesia artinya Optimisasi Mesin Pencari. Di dalam mesin pencari terdapat banyak sekali daftar direktori yang lengkap dengan segala fasilitasnya bagi para pengguna google untuk mencari produk ataupun informasi apapun. Karena itu, banyak para senior blogger berpendapat, bahwa SEO ini akan memiliki banyak peran dalam menentukan posisi sebuah blog atau website pada mesin pencari google yang hasilnya akan ditampilkan pada halaman google. lalu apa sebenarnya SEO ini ?, berikut definisi SEO yang saya kutip dari wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari :

Optimisasi mesin Pencari ( Bahasa Inggris : Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs wes tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme.

Ketika user berselancar di dunia maya dengan tujuan tertentu, seperti hanya untuk kesenangan, mencari produk, atau mencari informasi. Apapun tujuannya, pasti akan mengetikkan kata pada kolom pencarian google. ketika user mengetikkan kata yang ada dalam benaknya untuk mencari sesuatu atau tujuan tertentu, kemudian secara langsung google akan langsung menampilkan blog/website yang masuk dalam direktori mesin pencarinya baik itu dari halaman pertama dan seterusnya, untuk ditawarkan kepada user tersebut sebagai pilihan dari kata kunci yang dimasukkan dalam kotak pencarian tersebut. Blog/website yang memiliki nilai SEO tinggi, akan menjadi prioritas utama google untuk ditampilkan di halaman pertama dan berurut selanjutnya ke halaman berikutnya. Karena itu, seorang blogger berusaha untuk memaksimalkan SEO pada blog/websitenya supaya bisa berada di halaman pertama google ketika user mengetikkan kata kunci tertentu. Secara psikologi, kebanyakan user hanya akan membuka halaman pertama atau maksimal 3 halaman pertama pada halaman google, terlebih kalau produk atau informasi yang dicarinya sudah ada di halaman pertama, biasanya user enggan untuk membuka halaman selanjutnya.

Contoh lain, ketika sebuah blog/website diperuntukkan untuk bisnis, maka blog/website yang memiliki nilai SEO tinggi, akan selalu ditampilkan dalam halaman pertama google, saat potential buyer mencari produk tersebut. Artinya potensi untuk mendapatkan transaksi akan lebih besar dibanding dengan blog/website yang posisinya berada setelah halaman pertama. Cara promosi online dengan menggunakan blog/website sangat memiliki banyak keuntungan dibandingkan ketika kita hanya menyebarkan brosur atau proposal, menempelkan stiker atau promosi offline lainnya, yang biasanya kita lakukan baik dari satu orang ke orang lainnya, baik dari satu pintu ke pintu lainnya, baik dari satu kantor ke kantor lainnya, dan seterusnya. Dimana hal tersebut kita membutuhkan usaha, tenaga, dan uang yang lebih banyak, dibanding dengan cara online yang sekarang sudah menjadi bagian gaya hidup kebanyakan masyarakat. Sehingga dengan kekuatan internet, pelaku bisnis bisa memperluas jaringan dan pasarnya tanpa batas wilayah dan tentunya bisa masuk ke berbagai level kalangan.

Begitu juga dengan blog/website yang berisi informasi. Google akan menampilkan blog/website yang memiliki nilai SEO tinggi terlebih dahulu di halaman pertamanya, ketika user mencari informasi tertentu pada kolom pencarian google. SEO ini salah satu fasilitasi gratis google, untuk mempromosikan blog/website kita. karena itu, wajar kalau banyak para blogger berlomba untuk membuat blog/website yang berkualitas dan memaksimalkan SEO blog/website tersebut, terlebih kalau kita hubungkan dengan fasilitas adsensenya. Namun dalam artikel kali ini, saya tidak akan membahas mengenai adsense.

Penjelasan diatas semoga bisa menjelaskan apa itu SEO dan bagaimana konsep kerja dari SEO tersebut. semoga artikel ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang baru belajar nge-Blog, dan kepo dengan istilah SEO ini. Tetap semangat nge-Blog guys. See you on my next articles. Bye-bye....

Referensi :


  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.



Post a Comment for "Apa Sich SEO ?... KEPO???..."