Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Alogaritma Google Panda, Google Pinguin, & Google Hummingbird?

Apa Itu Alogaritma Google Panda, Google Pinguin, & Google Hummingbird? - untuk memaksimalkan SEO salah satunya adalah kita mampu memahami Alogaritma yang google miliki. Alogaritma ini seperti sistem dan logika berpikir dari mesin pencari google pada proses peng-index-kan artikel sebuah blog/website. Sehingga ketika kita tidak sejalan dengan sistem dan logika berfikir sebuah Alogaritma, maka siap-siap kita kena tilang dari Polisi Google Alogaritma ini. Menurut hemat saya, pengetahuan dan pemahaman mengenai Alogaritma ini sangat penting bagi kita yang baru belajar nge-Blog, terutama ketika kita ingin belajar lebih dalam bagaimana cara memaksimalkan SEO pada blog/website kita, agar kita bisa menjalankan aktivitas Blogging kita sesuai dengan sistem dan logika berfikir yang diinginkan oleh google. dengan begitu kita bisa menghindari tilang atau pinalty pada blog/website kita. Jangan sampai kita baru belajar sudah mendapatkan pentung atau peringatan dari google, karena masalah ketidaktahuan mengenai sistem dan logika berfikir dari Alogaritma ini.

pengertian alogaritma google panda, pinguin dan hummingbird
Alogaritma Google


Google memiliki beberapa Alogaritma yang saat ini ditanamkan pada mesin pencarinya, diantaranya ada yang disebut dengan google panda, google pinguin, dan google hummingbird. Masing-masing alogaritma memiliki karakter dan fungsi yang berbeda. Namun, semuanya berjalan secara beriringan.

Pertama saya akan bahas mengenai Google Panda. Google panda adalah sebuah alogaritma atau sistem dan logika berfikir google yang ditanamkan pada mesin pencari google. Alogaritma ini pertama kali diluncurkan oleh google tahun 2011. Fungsi dari Google Panda ini adalah untuk menyeleksi blog/website apakah blog/website tersebut memiliki artikel yang berkualitas atau tidak, dan tentunya juga menentukan bobot dari kualitas artikel tersebut. Sebuah artikel yang Semakin berbobot, maka google akan makin menyukainya. Selain itu, Google Panda berfungsi juga untuk memeriksa masalah duplikasi konten artikel pada sebuah blog/website. Jadi kita tidak bisa sembarangan copy-paste alias copas artikel orang lain. berikutnya, google panda akan mendeteksi apakah ada spam pada isi artikel kita. sehingga untuk memaksimalkan SEO kita tidak bisa lagi memperbanyak kata yang dijadikan target kata kunci dalam artikel kita sebanyak-banyaknya seperti dulu hanya untuk optimalisasi SEO. Untuk bisa lolos dari alogaritma panda ini, kuncinya cuma satu, sebagai blogger sebaiknya kita membuat artikel yang berkualitas dan berbobot agar mesin pencari google menyukai blog/website kita. sehingga dengan begitu, google akan menampilkan blog/website kita kepada user yang mengetik kata kunci yang sesuai dengan kata kunci pada artikel blog/website kita.

Alogaritma selanjutnya adalah Google Pinguin. Alogaritma ini juga merupakan satu dari alogaritma yang ditanamkan google pada mesin pencarinya. Google Pinguin pertama kali diluncurkan pada tahun 2012. Fungsi dari Google Pinguin secara umum untuk mengidentifikasi apakah ada link-link yang tidak alami atau tidak natural pada sebuah blog/website. Salah satu hal yang bisa mem-push blog/website masuk kedalam halaman satu google adalah dengan link blog/website kita yang tersebar ke banyak blog/website lain, atau yang kita sering dengar dengan istilah backlink. Google pinguin, akan melihat bagaimana skema sebuah link terhubung dengan link lain. Apakah link yang saling terhubung memiliki korelasi yang natural atau dibuat-buat. Apakah link yang saling terhubung tersebut memiliki target kata kunci yang sama. Sehingga dengan begitu kita tidak bisa melakukan optimisasi yang over atau berlebihan, karena pasti akan terdeteksi dengan adanya google pinguin ini.

Setelah google pinguin diluncurkan tahun 2012, setahun kemudian google meluncurkan alogaritma yang disebut dengan Google Hummingbird. Google Hummingbird ini diluncurkan tahun 2013 tepat pada ulang tahun google yang ke-15. Alogaritma Google Hummingbird ini adalah kombinasi dari 2 alogaritma sebelumnya, yaitu google panda dan google pinguin. Namun alogaritma ini dilengkapi dengan pola logika berfikir layaknya seperti manusia, agar bisa lebih mengerti apa yang user cari, sehingga bisa menampilkan sumber informasi berupa blog/website yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan dalam kotak pencarian.

Kalau kita mau fokus dengan aktivitas blogging, sebaiknya kita aware dengan alogaritma yang ada dalam mesin pencari google. Sehingga kita bisa memproduksi konten yang sesuai dengan sistem dan logika berfikir dari mesin pencari google, agar konten kita bisa maksimal dalam SEO nya. semoga artikel yang saya buat bisa bermanfaat bagi teman-teman yang baru belajar nge-Blog untuk memahami alogaritma yang ada pada mesin pencari google ini.Tetap semangat nge-Blog guys. See you on my next articles. Bye-bye....

  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.


Post a Comment for "Apa Itu Alogaritma Google Panda, Google Pinguin, & Google Hummingbird?"