Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Menu Dan Ikon Microsoft Office Excel

Fungsi Menu Dan Ikon Microsoft Office Excel – Ketika anda membuka dan menggunakan software program Microsoft Office Excel, sebaiknya pahami fungsi dari menu-menu yang tersedia pada bagian menu bar atau menu yang berada pada bagian atas program, berikut dengan ikon-ikon yang tersedia. Sehingga dengan begitu memudahkan anda bekerja menggunakan program Microsoft Excel

A. Menu Bar                                                                                                                        
Berikut penjelasan fungsi-fungsi dari submenu yang berada dalam setiap menu yang berada di menu bar pada aplikasi Microsoft Excel.
1. Menu File
Menu File digunakan untuk mengolah dokumen mulai dari membuat dokumen baru, menyimpan, hingga menutup program. Beberapa submenu File dan fungsinya, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
New Membuat lembar kerja baru.
Open Membuka atau mencari file lembar kerja yang sudah pernah dibuat dan disimpan.
Close Menutup lembar kerja yang sedang aktif tanpa keluar dari program pengolah angka Ms. Excel.
Save Menyimpan lembar kerja yang masih aktif dengan nama, lokasi, dan jenis file yang sama dengan file yang sedang aktif.
Save As Menyimpan lembar kerja yang masih aktif dengan nama, lokasi, dan jenis file yang mungkin berbeda dengan file yang sedang aktif.
Save As Web Page Menyimpan lembar kerja dalam tipe file HTML Format (Web Page).
Page Setup Mengatur margin, sumber kertas, ukuran kertas, orientasi, dan layout halaman yang akan dicetak.
Print Area Menentukan area lembar kerja yang akan dicetak.
Print Preview Menampilkan bagaimana hasil halaman yang akan tercetak.
Print Mencetak lembar kerja yang sedang aktif atau teks yang diinginkan.
Send To Mengirimkan file yang sedang aktif ke mail, fax, Microsoft, PowerPoint, dan lain-lain.
Properties Melihat properti file yang sedang aktif, meliputi lokasi, kapasitas, dan lain-lain.
Exit Keluar dari Microsoft Office Excel 2003.


2. Menu Edit
Menu Edit digunakan untuk melakukan perbaikan dalam mengolah angka. Beberapa submenu Edit dan fungsinya, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
Undo Membatalkan perintah terakhir yang pernah dilakukan atau menghapus teks terakhir.
Redo Membatalkan perintah undo.
Repeat Mengulangi perintah terakhir. Cut Menghapus atau memindahkan objek/isi sel.
Copy Menyalin isi sel atau objek.
Paste Menampilkan hasil dari Cut atau Copy.
Paste Special Membatasi salinan isi sel dalam hal isi, format, formula, dan lain-lain.
Clear Menghapus isi/format/komentar beberapa sel.
Delete Menghapus sel baris atau kolom.
Delete Sheet Menghapus lembar kerja yang sedang aktif.
Move Or Copy Sheet Memindahkan atau menyalin lembar kerja dalam file yang sama atau ke file lainnya.
Find Mencari teks dalam sebuah lembar kerja yang sedang aktif.
Replace Mengganti teks sel dengan teks lainnya pada lembar kerja yang sedang aktif.
Go To Menuju ke sel atau range tertentu.


3. Menu View
Menu View digunakan untuk mengatur tampilan dokumen pada layar monitor dan menampilkan atau menyembunyikan beberapa toolbar. Beberapa submenu View beserta fungsinya, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
Normal Menampilkan lembar kerja dalam bentuk normal.
Page Break View Menampilkan bagian-bagian halaman yang akan dihasilkan dalam pencetakan ke sebuah kertas.
Toolbars Menampilkan atau menyembunyikan beberapa Toolbar.
Formula Bar Menampilkan atau menyembunyikan formula bar.
Status Bar Menampilkan atau menyembunyikan status bar.
Header and Footer Menampilkan atau menyembunyikan judul atas dan bawah halaman dokumen.
Comments Menampilkan toolbar pembuatan komentar yang termuat dalam sel.
Custom View Menampilkan dua layar yang berlainan untuk mempermudah membedakan data.
Full Screen Menampilkan lembar kerja dalam bentuk layar penuh.
Zoom Mengatur ukuran pembesaran lembar kerja pada layar monitor.


4. Menu Insert
Menu Insert digunakan untuk menyisipkan objek (sel, baris, kolom, gambar, dan lainnya) dalam lembar kerja. Beberapa submenu Insert dan fungsinya, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
Cells Mengatur format sel meliputi bentuk bilangan, perataan, border, dan lainnya.
Rows Mengatur format baris meliputi tinggi, menyembunyikan, dan menampilkan kembali baris.
Column Menyisipkan kolom di sebelah kiri sel yang sedang aktif.
Worksheet Menyisipkan lembar kerja di sebelah kiri lembar kerja (sheet) yang sedang aktif.
Chart Menyisipkan grafik pada lembar kerja.
Page Break Menampilkan lembar kerja dalam beberapa halaman cetak.
Function Menampilkan kotak dialog Paste Function untuk mengolah rumus/formula.
Name Menyisipkan nama range data.
Comment Menyisipkan komentar pada sel yang sedang aktif.
Picture Menambah gambar pada halaman dokumen.
Object Menambah objek (gambar, WordArt, persamaan) pada workbook.
Hyperlink Menghubungkan teks/objek ke sebuah file atau referensi.


5. Menu Format
Menu Format digunakan untuk mengatur format sel, baris, kolom, lembar (sheet), tabel (Auto Format), dan format bersyarat (Conditional Formatting). Beberapa submenu Format dan fungsinya, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
Cells Mengatur format sel, meliputi bentuk bilangan, perataan, border, dan lainnya.
Rows Mengatur format baris, meliputi tinggi, menyembunyikan, dan menampilkan kembali baris.
Column Mengatur format kolom, meliputi lebar, menyembunyikan, dan menampilkan kembali lembar kerja.
Sheet Mengatur format lembar kerja, meliputi pergantian nama, menyembunyikan, dan menampilkan kembali lembar kerja.
AutoFormat Membuat format tabel secara otomatis.
Conditional Formatting Mengatur format sel dengan persyaratan.
Style Mengatur gaya sel yang sedang aktif.


6. Menu Tool
Menu Tool digunakan untuk mendukung pengolahan angka mulai dari pemeriksaan ejaan secara otomatis hingga mengunci dokumen. Beberapa submenu Tool, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
Spelling Secara otomatis memeriksa dan memperbaiki teks yang salah menurut bahasa Inggris.
Auto Correct Memperbaiki teks secara otomatis.
Share Workbook Memungkinkan kamu atau pengguna lain dalam satu jaringan mengubah dan menyimpan workbook yang sama isinya.
Track Change Menentukan pemakaian workbook bersama-sama berdasarkan waktu, dalam sebuah jaringan komputer.
Merge Workbook Menggabungkan dari beberapa share workbook ke sebuah workbook.
Protection Mengamankan/memproteksi lembar kerja atau share workbook.
Online Collaboration Menyusun dan mengadakan pertemuan dalam jaringan internet.
Goal Seek Mengubah nilai rumus pada sel atau grafik.
Scenarios Menampilkan atau mengedit skenario/ringkasan pada lembar kerja.
Auditing Menampilkan hubungan antarsel yang berisi rumus dan menampilkan kesalahan rumus yang tumpang tindih.
Macro Menampilkan visual basic lembar kerja yang sedang aktif.
Add-Ins Mengaktifkan atau menonaktifkan Add-Ins Ms. Excel.
Customize Mengatur tampilan pengolah angka beserta unsur-unsurnya.
Option Memilih dari fasilitas pengolah angka sesuai keinginan.


7. Menu Data
Menu Data digunakan untuk mengolah data yang terdapat pada sebuah tabel, yaitu mengurutkan data, menyaring (filter) data, membagi sebuah teks ke dalam beberapa kolom, dan lainnya. Beberapa submenu Data dan fungsinya, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
Sort Mengurutkan data/informasi dalam sebuah kolom secara alfabetis dan numerik.
Filter Menyaring atau menampilkan data yang memiliki kriteria tertentu.
Form Mengelola data record yang terdapat dalam daftar tabel.
Subtotals Menghitung sub atau grand total data bilangan sebuah kolom yang sedang aktif.
Validation Membatasi entry data dengan menentukan kriteria data sel.
Tabel Membuat tabel data berdasarkan entry data sel atau rumus.
Text To Columns Membagi teks pada sel yang sedang aktif ke dalam beberapa kolom yang kamu tentukan.
Consolidate Menyimpulkan data dari area sumber tertentu dan menampilkannya dalam sebuah tabel.
Group and Outline Menggabungkan atau membingkai data dari lembar kerja yang sedang aktif.
Pivot Table and Pivot Menunjukkan cara membuat pivot tabel atau pivot grafik.
Get External Data Mengambil data dari sebuah file, database, atau query sebuah program aplikasi lainnya.


8. Menu Window
Menu Window digunakan untuk mengatur tampilan dua atau lebih buku kerja, menampilkan atau menyembunyikan buku kerja, Split, dan Freeze Panes untuk menampilkan judul baris atau kolom tertentu dari sebuah tabel yang memiliki baris atau kolom yang banyak. Beberapa submenu Window dan fungsinya, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
New Window Membuat duplikat workbook yang sedang aktif.
Arrange Menampilkan beberapa workbook yang sudah dibuka dalam satu layar.
Hide/Unhide Menyembunyikan atau menampilkan lembar kerja.
Split Menampilkan gulungan pembagi lembar kerja untuk melihat judul kolom atau baris dan datanya.
Freeze Panes Membekukan gulungan agar dapat melihat judul kolom atau baris dan datanya atau menghilangkannya.


9. Menu Help
Menu Help digunakan untuk menampilkan informasi atau penjelasan tentang pengolah angka Microsoft Office Excel 2003 dan permasalahan yang timbul saat kita mengolah angka. Beberapa submenu Help dan fungsinya, antara lain:

Submenu Fungsi / Kegunaan
Ms. Office Excel Help Memberikan informasi tentang permasalahan Ms. Office Excel.
Detect And Repair Memeriksa kesalahan yang terjadi dan perbaikannya secara otomatis.
About Ms. Office Excel Menampilkan informasi tentang Hak Cipta program pengolah teks Ms. Office Excel.


B. Fungsi Icon
Ikon digunakan untuk perintah shortcut untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan ketika menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

1. Toolbar Standard
Toolbar Standard berisi sekumpulan perintah yang digunakan untuk mengolah angka. Berikut penjelasan Ikon-ikon toolbar Standard beserta fungsinya:

Submenu Fungsi / Kegunaan
New Membuat lembar kerja baru.
Open Membuka atau mencari file dokumen yang sudah pernah dibuat dan disimpan.
Save Menyimpan lembar kerja yang masih aktif dengan nama, lokasi, dan jenis file yang sama dengan file yang sedang aktif.
E-mail Membuat lembar kerja baru untuk e-mail.
Print Mencetak lembar kerja yang sedang aktif atau isi sel yang diinginkan.
Print Preview Menampilkan bagaimana hasil lembar kerja yang akan tercetak.
Spelling and Grammar Memeriksa dan memperbaiki isi sel yang salah menurut bahasa Inggris secara otomatis.
Cut Menghapus objek atau isi sel yang diinginkan atau memindahkan objek atau isi sel ke sel tertentu diakhiri dengan mengklik submenu Paste.
Copy Menyalin isi sel atau objek diakhiri dengan mengklik submenu Paste.
Format Painter Menampilkan hasil dari Cut atau Copy.
Paste Menampilkan hasil dari Cut atau Copy.
Undo Membatalkan perintah terakhir yang pernah dilakukan.
Insert Hyperlink Menambah teks dari sebuah file atau jaringan.
Paste Function Membuat berbagai macam rumus atau formula.
Descending Menampilkan atau mengurutkan data dalam satu kolom berdasarkan alfabet, numerik, atau waktu dari terbesar hingga terkecil.
Ascending Menampilkan atau mengurutkan data dalam satu kolom berdasarkan alfabet, numerik, atau waktu dari terkecil hingga terbesar.
Chart-Wizard Memasukkan grafik dengan berbagai macam modelnya.
Drawing Menampilkan atau menyembunyikan Toolbar Drawing.
Zoom Menampilkan dokumen pada layar monitor dalam ukuran pembesaran atau pengecilan dari 10% hingga 400%.


2. Toolbar Formatting
Toolbar Formatting berisi sekumpulan perintah yang digunakan untuk memformat sel. Beberapa ikon toolbar Formatting beserta fungsinya dapat dilihat pada tabel berikut.

Submenu Fungsi / Kegunaan
Font Mengubah jenis huruf dengan jenis huruf yang diinginkan.
Font Size Mengubah ukuran huruf dengan ukuran huruf yang diinginkan.
Bold Menebalkan data sel.
Italic Memiringkan data sel.
Underline Menggarisbawahi data sel.
Align Left Merata kiri data sel.
Center Merata tengah data sel.
Align Right Merata kanan data sel.
Merge and Center Menggabungkan beberapa sel dan mengetengahkan data selnya.
Currency Style Menampilkan format angka dengan nama mata uang.
Percen Style Menampilkan format angka berbentuk persentase (%).
Comma Style Menampilkan dan menyembunyikan pemisah ribuan.
Increase Decimal Menambah banyak angka desimal data sel berbentuk angka.
Decrease Decimal Mengurangi banyak angka desimal data sel berbentuk angka.
Increase Indent Menggeser ke kiri indentasi data sel.
Decrease Indent Menggeser ke kanan indentasi data sel.
Borders Mengatur format bingkai sel.







Post a Comment for "Fungsi Menu Dan Ikon Microsoft Office Excel"