Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips & Trik Membuat Website Secara Cepat Dan Mudah

7 Tips & Trik Membuat Website Secara Cepat Dan Mudah – Proses pembuatan website tidak hanya sebatas pada aktivitas Koding saja. Sebelum membuat website biasanya kita melakukan aktivitas seperti penentuan kebutuhan , penentuan biaya, analisa, survey, design, dan lain sebagainya. Aktivitas-aktivitas tersebut tentunya akan memakan waktu yang lama, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada waktu aktivitas koding yang akan menjadi lebih sempit atau sedikit. Berikut catatan tips dan trik bagaimana bisa membantu membuat website secara cepat dan mudah.

Menjelaskan langkah-langkah pembuatan website
Langkah-Langkah Pembuatan Website

1. Belajar Mengetik Lebih Cepat
Sebagai seorang web developer atau web designer sebagian waktunya akan banyak digunakan untuk menulis program. Akan lebih baik kita mengasah kemampuan kecepatan dalam mengetik, khususnya mengetik kode program. Selain kecepatan, seorang web developer/web designer juga harus memberikan konsentrasi pada ketepatan kode program yang ditulis. Dalam menulisan kode program, tidak sama dengan menulis bahasa sehari-hari, karena menulis kode program suatu bahasa pemprograman pastinya ada simbol-simbol atau karakter-karakter yang hanya berlaku pada bahasa pemprograman tersebut.
Untuk mengetahui seberapa cepat kita mengetik dalam 1 menit atau disebut dengan WPM ( Word Per Minute) kita bisa menggunakan beberapa referensi tools, sehingga secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan mengetik. Kita harus tahu bagaimana mengetik  dengan benar dan bagaimana menggunakan jari kita pada saat mengetik pada tombol-tombol keyboard. Berikut referensi beberapa website yang sangat direkomendasikan untuk mengasah kemampuan mengetik tersebut :

1. KEYBR.COM
Website ini bisa melatih kita mengetik dengan benar dan bagaimana menggunakan jari-jari kita pada setiap tombol keyboard. Sehingga kita bisa tahu tombol-tombol apa saja pada keyboard yang bisa diketikkan oleh setiap jari-jari tangan kita baik tangan kanan atau tangan kiri.

2. GAMES : THE TYPING OF THE DEAD
Bermain games yang menggunakan tombol-tombol keyboard akan membantu kita mengasah kemampuan mengetik kita, seperti contoh the typing of the dead dan lain sebagainya.

3. 10FASTFINGERS.COM
Webiste ini lebih cenderung untuk kompetisi mengetik dalam durasi waktu tertentu. Website ini juga memberikan layanan kompetisi mengetik dengan berbagai bahasa termasuk bahasa indonesia.

4. TYPING.IO
Website ini memang dibuat untuk tujuan melatih kemampuan mengetik bagi para programmer. Kita bisa memilih bahasa pemprograman apa yang ingin digunakan, seperti Javascript, Php, Ruby, C, C++, Java dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Kode Editor Dengan Benar Dan Tepat
Banyak kode editor yang bagus dan bisa digunakan baik secara gratis ataupun yang berbayar. Namun belum tentu satu kode editor yang cocok bagi satu orang, cocok juga bagi orang lain. Karena itu sebaiknya tidak ada salahnya kita mencoba semua kode editor yang ada, sehingga kita bisa tahu yang cocok bagi kita atau istilahnya try and error.
Untuk mengetahui kode editor mana yang sedang populer dan banyak digunakan para programmer di seluruh dunia, kita bisa cek di website stackoverflow. Ada banyak referensi kode editor dengan informasi tingkat popularitasnya seperti Adobe Dreamweaver, Visual Studio, Sublime Text, Atom, Coda, TextMate, Espresso, Chocolat, Komodo Edit, Notepad++, PSPad, textarea, CodeMirror, Brackets, WebStorm, Visual Studio Code, Vim, Android, Studio, PyCharm, IPhython / Jupyter, Ernacs, Rstudio, GEdit, ULTRAEdit, Eclipse/Aptana, NetBeans, PHPStorm, Xcode, dan lain-lain.
Ketika kita menggunakan kode editor, gunakan secara benar dan tepat. Jadi apabila kita sudah menggunakan sebuah kode editor, ada beberapa hal yang harus dilakukan sehingga bisa membantu kita untuk membuat website secara cepat, mudah, efektif dan efisien. Pertama, pahami perilaku kode editor yang sedang kita gunakan. Kedua, cari tahu untuk shortcut yang akan mempermudah kita menggunakan kode editor tanpa harus tergantung dengan mouse atau track pad. Ketiga, cari tahu fungsi fungsi yang ada dalam kode editor, yang akan mempercepat proses pembuatan website. Kode editor secanggih apapun kalo usernya tidak paham menggunakannya, maka tidak akan ada gunanya. Keempat, pahami bahwa kode editor hanyalah tools yang akan membantu dan mempercepat proses pembuatan website yang digunakan oleh penggunanya dan semua tergantung pada penggunanya, bukan kode editornya sebagai sebuah tool.

3. Tambahkan Plugin/Ekstension/Add On Pada Kode Editor
Plugin/ekstension/add on adalah sebuah alat bantu yang bisa membantu mempercepat pembuatan website. Untuk menambahkan plugin/ekstension/add on pada kode editor, sebaiknya kita pahami dulu kode editor yang kita gunakan, sehingga kita tahu bagaimana nyamannya menggunakan kode editor tersebut, setelah itu kita baru akan bisa mencari celah agar bisa lebih efektif dalam penggunaan kode editor tersebut seperti menambahkan penggunaan plugin/ekstension/add on tertentu.
Khusus untuk kode editor, ada beberapa pilihan plugin yang sering digunakan oleh para programmer pada kebanyakan  kode editor yang sering digunakan. Berikut beberapa referensi plugin/ekstension/add on untuk kode editor :
● Syntax Hylighting adalah plugin yang akan membuat warna yang berubah-ubah pada setiap statement saat menggunakan bahasa pemprograman apapun.
● Linter adalah plugin yang berfungsi untuk memberitahu kesalahan pada penulisan baris program pada saat kita mengetik secara realtime.
● Code Snippet adalah plugin untuk memudahkan menulis baris program yang sering kita gunakan, sebagai contoh ketika kita mengetikkan keyword HTML, kemudian menekan tombol tab, maka akan menampilkan struktur HTML. di beberapa kode editor bahkan kita bisa membuat snippet sendiri.
● Color Picker adalah plugin yang digunakan saat membuat file CSS untuk memudahkan menentukan warna yang kita inginkan pada sebuah style.
● Utility adalah plugin yang berhubungan dengan keperluan penggunaan kode editor tersebut, seperti koneksi dengan GIT, debugger, live reload, dll
● Alignment adalah sebuah plugin yang digunakan untuk merapikan setiap baris program yang kita buat.
Dan lain-lain...

4. Tambahkan Plugin/Ekstension/Add On Pada Browser
Plugin/ekstension/add on adalah sebuah alat bantu yang bisa membantu mempercepat pembuatan website yang didapat dari fitur aplikasi browser. Untuk masalah ini, sebenarnya tergantung kebutuhan. Sebagai contoh plugin writer yang membantu kita bisa menulis langsung pada dokumen google.

5. Gunakan Framework Atau Library Jika Dibutuhkan
Framework atau library adalah kerangka untuk mempercepat proses pembuatan website. Setiap framework atau library yang ada pada setiap bahasa pemprograman mempunyai aturan/pola/perilaku masing-masing untuk digunakan oleh user. Jadi ada baiknya kita pelajari aturan/pola/perilaku pada setiap framework atau library yang ada. Sehingga selain kita bisa menggunakannya, kita juga tidak harus terjebak dalam satu kondisi dimana kita hanya bisa memahami satu framework tertentu, namun sulit menggunakan framework lain. Ketika framework membantu membuat website dengan lebih cepat, artinya kita sudah benar menggunakan framework tersebut. Tapi kalau ternyata dengan menggunakan framework, membuat website menjadi lebih lama, artinya itu mempersulit pembuatan website, mungkin saja kita belum memahami pola/aturan/perilaku framework tersebut. Berikut referensi framework atau library untuk beberapa bahasa pemprograman :
● PHP : Codeigniter, Symfoni, Larafel
● JAVASRIPT : Angular, React, View
● HTML Dan CSS : Bootstrap, Foundation, Bulma

6. Gunakan CMS ( Content Management System )
Content Management System adalah sebuah aplikasi penginstall dan pengelolaan sebuah website atau blog. Banya sekali CMS yang tersedia seperti wordpress, drupal, mambo, joomla, dan lain sebagainya.

7. Gunakan Template Yang Sudah Jadi
Tidak ada salahnya kita menggunakan template yang sudah jadi baik yang gratisan ataupun yang berbayar. Kita bisa searcing untuk mencari template-template yang sudah tersedia baik yang gratisan dan berbayar di internet. Hal ini akan sangat membantu buat teman-teman yang tidak memiliki kemampuan dalam web developer dan web designer.





Post a Comment for "7 Tips & Trik Membuat Website Secara Cepat Dan Mudah"