Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Agar Posting Di Blog Terlihat Rapih dan Mendatangkan Traffic pengunjung

7 Cara Agar Posting Di Blog Terlihat Rapih dan Mendatangkan Traffic pengunjung – Bagi para blogger, saya yakin ingin membuat blognya menjadi blog yang paling sempurna, diantara blog-blog lain. termasuk berusaha menghadirkan konten yang menarik, informatif, dan pastinya rapih pada halaman blognya. Biasanya untuk menulis artikel, kita tidak langsung melakukannya pada blog. Kita membutuhkan software untuk menulis, seperti word. Hal ini merupakan salah satu bentuk usaha Cara Posting di Blogspot Agar Rapih. Setiap orang memiliki Cara Posting di Blogspot Agar Rapih yang berbeda, anda ataupun saya pasti memiliki cara kenyamanan yang berbeda untuk hal ini. Saya ingin berbagi bagiamana Cara Posting di Blogspot Agar Rapih versi saya dalam artikel ini. karena saya pernah mengalami pengalaman yang pernah membuat sempat saya frustasi.

7 Tahap Posting Artikel Di Blogspot agar rapih
7 Tahap Posting Artikel Di Blogspot 


Saya tahu blog sudah lama, tapi baru intents blogging belakangan ini saja. saya fikir posting di blogspot, sama saja seperti kita posting di media sosial. Dan memang benar adanya, sama seperti kita posting di media sosial. Mudah sebenarnya, tapi segala sesuatu tanpa memiliki ilmunya, menjadi sesuatu yang sulit dan bahkan kadan membuat frustasi, walau buat sebagian orang, hal tersebut adalah mudah. Dalam kasus ini adalah mengenai Cara Posting di Blogspot Agar Rapih.

Saya menulis artikel panjang lebar, di Microsoft Office Word. Artikel saya panjang dan lebar seperti iklan choki-choki. Saya rapihkan baris per-baris, kalimat per-kalimat, paragraph per-paragraph. Saya atur style font dan textnya agar terlihat cantik, rapih dan enak untuk ditampilkan di halaman blog. Font-font tertentu saya beri ukuran dan warna tertentu. Saya beri quote atau tanda kutip untuk kalimat yang saya anggap penting. Saya atur indentasinya. Saya atur marginnya. Saya atur batas ratanya. Saya rapikan daftar dengan menggunakan bullet list atau numbered list. Saya atur text bold, italic, underline dan lain sebagainya... Saya fikir, it’s time to ready posting on my blog. Tapi apa yang terjadi ketika saya copy paste pada halaman posting blog saya, dimana saya menggunakan platform blogspot untuk posting artikel ini. artikel saya terlihat berantakan pada halaman blog. Jarak antar baris tidak jelas. Huruf yang saya sudah atur sedemikian rupa, tampilannya tidak sesuai dengan keinginan saya. tampilan daftar atau list yang saya buat, letaknya jadi berantakan. Postingan artikel saya, sangat tidak enak dilihat buat saya pribadi. Hal ini sempat membuat saya frustasi. Dan bertanya dengan diri saya sendiri, apa yang salah???... kenapa hal kecil ini saja, saya tidak bisa membereskan.

Dihalaman posting blogspot, kita diberikan 2 mode untuk melakukan posting. Pertama mode Compose dan kedua mode HTML. Saat itu saya melakukan posting artikel tersebut dengan menggunakan mode Compose, karena menurut saya pada saat itu, mode Compose lebih mudah digunakan karena menyediakan banyak option tool untuk memodifikasi text atau tulisan artikel kita. Walaupun pada kenyataannya, artikel saya menjadi berantakan. Saat itu saya membuka untuk mode HTML juga, yang ada saya tambah frustasi, karena isinya banyak kode-kode yang saya tidak paham saat itu. Kode-kode itu seperti div, span, style, dan tanda-tanda kode lainnya yang buat saya sangat asing dan membuat saya tambah frustasi.

Finally, Saya searching di internet lumayan lama. Susah sekali mencari artikel yang membahas masalah saya ini. Mungkin karena saya mencarinya tidak menggunakan kata kunci yang benar juga. Sampai akhirnya, saya menemukan beberapa artikel yang sekiranya ada hubungannya dengan pembahasan masalah saya. Saya lupa sumbernya. Setiap artikel menyampaikan cara dan hal-hal yang berbeda juga. Sampai akhirnya dari beberapa artikel yang saya baca, saya menyimpulkan dan menggabungkan ada 7 Tahap Cara Posting di Blogspot Agar Rapih.

Tahap Pertama - Pahami HTML
Ketika saya membaca beberapa referensi artikel, saat itu saya tidak langsung paham, karena dari banyak artikel yang saya baca, mereka banyak menyajikan kode-kode HTML, yang membuat saya tambah pusing. Tapi intinya, saya harus pahami dulu apa itu HTML apabila saya ingin fokus untuk mengembangkan suatu blog atau website. Finally, saya baca buku-buku yang berhubungan dengan HTML dan tentunya saya searching di blog-blog atau website yang membahas mengenai HTML untuk melengkapi pengetahuan saya, dan pastinya saya mencari referensi di youtube bagaimana menggunakan HTML. Buat seorang perempuan, bukanlah hal yang mudah untuk belajar koding. Lebih baik belajar make up, daripada belajar koding. Saya hampir putus asa, untuk melanjutkan pembelajaran saya mengenai HTML ini. Banyak referensi untuk belajar HTML yang mengarahkan kita pada link https://www.w3schools.com. Amazing website buat W3School. Disini kita bisa banyak belajar teknologi apapun mengenai dunia internet dan perkembangan website, ini adalah salah satu referensi website utama dan penting bagi para programmer, web developer, web designer. Tapi artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan secara detail mengenai website tersebut. teman-teman bisa kunjungi websitenya langsung. Atau kalau teman-teman ingin belajar HTML dasar, dalam blog ini saya sudah menulis beberapa artikel tentang HTML dasar. Silakan kunjungi artikel berikut :




Tahap kedua - Tulis artikel pada sebuah Writer Software
Kita bisa menuliskan artikel kita di Writer Software apapun, sesuaikan dengan kenyaman dan kesukaan kita saja. Untuk menulis artikel, saya menggunakan Microsoft Office Word. Saran saya, kita tida perlu repot memberikan style apapun pada tahap ini. karena nantinya ketika kita copy paste, biasanya hasilnya akan berantakan, tidak sesuai dengan yang kita harapkan. karena format software yang saya pakai dengan format pada halaman posting blogspot berbeda. Text yang kita tulis akan dipaksa menjadi format standar ketika kita melakukan copy paste dari microsoft office word ke halaman posting blogspot. Apabila kita kurang memahami format tersebut, sebaiknya tidak perlu memberikan style apapun pada saat kita menulis artikel. Fokus menulis konten artikel yang berkualitas saja, agar bisa menjadi konten yang menarik dan informatif bagi pembacanya.

Tahap ketiga - Copy paste di Notepad
Untuk menjaga-jaga agar text yang saya tulis memiliki format font standar, biasanya saya akan copy paste dulu ke Notepad, untuk membuat keseluruhan text menjadi standar. Baru setelah itu, saya copy paste ke halaman posting blogspot pada mode HTMLNotepad adalah software bawaan dari windows yang biasanya digunakan untuk membuat catatan sementara. Bahkan kita bisa memaksimalkan notepad ini untuk membuat halaman website. Tapi kita harus menuliskan kode programnya secara manual, karena notepad bukan aplikasi software Code Editor untuk membuat program atau website.

Tahap keempat - Copy paste di mode posting HTML
Copy paste artikel dari Notepad ke halaman posting mode HTML. sebaiknya kalau teman-teman paham mengenai HTML. kita bisa langsung rapikan artikel kita pada mode HTML ini. Tapi kalau tidak paham, kita bisa atur di mode Compose,-nya. Pada mode HTML ini, sekalian kita atur jarak antar baris setidaknya sebanyak 1 line/baris atau tergantung dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Tahap kelima - Rapikan di mode Compose
Rapikan artikel yang tadi sudah di copy paste, dengan men-switch mode HTML menjadi ‘Compose’. Kita bisa atur batas ratanya. Kita bisa juga atur jenis font, ukuran dan formatnya. Kita bisa memberikan warna pada tulisan kita. kita bisa memberikan style italic, bold, underline. Kita juga memasukkan gambar, video, special character. Untuk daftar yang kita buat, kita bisa urutkan dengan menggunakan numbered list atau bullet list. Di mode Compose, ini juga juga, kita bisa sekalian mengecek spelling dari artikel yang kita tulis apakah sudah sesuai dengan EYD. Manfaatkan saja tool-tool yang tersedia di mode Compose ini untuk memodifikasi atau memberi effect pada text artikel yang kita tulis agar lebih menarik dan informatif.

Tahap keenam – Preview
Setiap kita rasa, artikel yang kita buat sudah cukup sempurna. Sebelum menerbitkan atau mempublikasikannya, sebaiknya lihat dulu preview atau pratinjau, dengan menekan tombol atau button Preview/Pratinjau yang ada dihalaman posting blogspot. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk memastikan bahwa artikel yang akan kita terbitkan dihalaman blog kita tidak ada kesalahan dan sesuai dengan yang kita harapkan.

Tahap Ketujuh – Publish
Setelah kita rasa di halaman preview atau pratinjau sudah cukup sempurna. Baru langkah terakhir kita publish atau terbitkan artikel kita dengan menekan tombol Publish/Publikasikan. Finally finish.

Happy blogging guys 💜💜😉....


  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Post a Comment for "7 Cara Agar Posting Di Blog Terlihat Rapih dan Mendatangkan Traffic pengunjung"