Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HTML Dasar Part 1 - HTML is...

HTML Dasar Part 1 - HTML is... - Halaman website sebagus apapun pasti di dalamnya terdapat elemen yang dinamakan HTML, karena itu sebaiknya apabila kita tertarik untuk belajar tentang teknologi internet dan website, belajar HTML adalah sebuah keharusan untuk pengembangan kedepannya, karena itu pertama kalinya saya belajar Programming saya belajar mengenai HTML. HTML sendiri singkatan dari Hypertext Markup Language. Dari kepanjangannya ini saya baru tahu, bahwa HTML bukanlah Bahasa Pemprograman, melainkan Bahasa Markup. Dalam bahasa pemprograman tidak asing mendengar  istillah seperti variabel, function, struktur kontrol seperti pengkondisian, pengulangan dan lain sebagainya, namun dalam HTML istillah-istillah seperti itu tidak ada, karena HTML bukan bahasa pemprograman. HTML merupakan bahasa markup, karena di dalam HTML terdapat serangkaian markup atau tanda yang nantinya kita sebut dengan tag HTML yang fungsinya untuk memberi tahu pada browser bagaimana sebuah konten akan disajikan/ditampilkan baik dalam bentuk heading, paragraph, hyperlink, list, form dan lain sebagainya.

kenapa saya menulis artikel HTML ini?, karena menurut hemat saya, apabila seseorang ingin mengembangkan kemampuan bloggingnya. paling tidak dia bisa tahu, even sedikit mengenai HTML karena akan sangat membantu kita agar bisa memaksimalkan blognya.

HTML pertama kali ditemukan oleh seorang jenius bernama Sir Tim Berners Lee. Dia adalah orang yang sangat berjasa dalam teknologi internet dan website. karena beliau, maka saat ini kita bisa mendapatkan manfaat yang besar dari perkembangan teknologi seperti kita bisa belanja online. Kita bisa berkenalan dan berinteraksi dengan mbah google, sehingga lebih banyak dan mudah kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Kita bisa bermain facebook, twitter dan media sosial lainnya. Kita juga bisa melihat video yang menarik sekaligus membuat video juga di youtube dan masih banyak lagi keuntungan yang kita dapat dari perkembangan teknologi internet dan website saat ini.  Sir Tim Berners Lee selain menemukan dan menciptakan HTML, dia juga menemukan protokol seperti http dan www. Web browser pertama kali juga di ciptakan oleh beliau yang dinamakan mosaic, kemudian dia juga orang yang pertama kali menciptakan web server dan web page pertama kalinya. Saat ini Sir Tim Berners Lee adalah direktur dari sebuah organisasi/konsorsium besar di bidang teknologi internet dan website bernama W3C ( World Wide Web Consortium ). Organisasi ini adalah gabungan dari beberapa institusi yang berada di MIT ( in Cambridge, MA, USA), ERCIM ( in Sophia – Antipolis, France ), KEIO University ( near tokyo, Japan ),  and Beihang University ( in Beijing, China). Organisasi ini tugasnya membuat protokol, standar, panduan dan aturan jangka panjang untuk memastikan perkembangan teknologi internet dan website untuk jangka panjang. Implementasi dari aturan, standar dan teknologi yang dirumuskan oleh organisasi ini akan diterapkan ke web browser seperti Chrome, Mozilla, Opera, Internet Explorer dan web browser lainnya. Karena itu ada baiknya kita sering mengupdate web browser agar bisa selalu update dengan teknologi yang dirumuskan oleh organisasi W3C ini. Untuk link website dari organisasi W3C, teman–teman bisa mengunjungi langsung websitenya, yaitu www.w3c.com, agar bisa mempelajari lebih dalam.

Sir Tim Berners Lee
Sir Tim Berners Lee

HTML adalah salah satu teknologi yang dirumuskan oleh organisasi W3C, jadi apabila HTML menciptakan atau merumuskan teknologi baru seperti ada tag baru atau bahkan ada tag yang dihilangkan, hal tersebut karena organisasi  W3C. Pastinya implementasi dari standar dan aturan tersebut akan langsung diterapkan ke setiap web browse.Namun karena pemilik perusahaan dan developer setiap browser itu berbeda , maka penerapannya pun berbeda, maka ada baiknya kita bisa menginstall setiap browser agar bisa mengetahui perbedaan dari implementasi standar baru yang dirumuskan oleh W3C pada setiap browser yang ada. Berikut beberapa elemen HTML yang biasa sering digunakan dalam pembuatan Website yang sebaiknya anda tahu:

Element HTML Keterangan / Fungsi / Kegunaan
Horizontal Line Garis horizontal pada dokumen Front Page.
Date and Time Tanggal dan waktu saat ini pada dokumen FrontPage.
Navigation Bar Sekumpulan tombol atau teks yang dikaitkan (hyperlink) dengan dokumen page atau referensi lainnya dalam struktur web.
Page Banner Bagian dari halaman web yang memuat elemen grafik dan teks.
Office Pivot Table Tabel ringkasan atau rekapiluasi interaktif.
Office Chart Grafik yang berhubungan dengan data tabel MS.Excel.
Banner add Manager Banner rotasi yang menampilkan gambar, ukuran, efek transisi secara bergantian.
Hit Counter Penghitung banyak kunjungan sebuah website.
Hover Button Tombol kreatif yang dikaitkan dengan efek suara, gambar, dan lainnya.
Marque Pesan text berjalan secara horizontal.
Confirmation Field Komponen yang diganti dengan Field sebuah form dari halaman konfirmasi.
Include Page Komponen yang diganti dengan isi atau halaman lain sebuah web.
Scheduled Picture Gambar yang ditampilkan pada interval waktu tertentu.
Scheduled Include Page Halaman yang ditampilkan pada interval waktu tertentu.
Substitution Variabel pada halaman web seperti nama kepemilikan halaman.
Search Form Form yang digunakan untuk mencari teks atau halaman dengan kriteria tertentu dari web yang sedang aktif.
Table of Conten Table yang berisi komponen yang mengandung hypertext.
One Line Text Box Sebuah baris text dari user seperti pesan, saran, dan lainnya.
Scrolling Text Box Beberapa baris text dari user seperti pesan, saran, dan lainnya.
Check Box Kotak pilihan dari sebuah daftar pilihan.
Radio Button Tombol satu pilihan dari pilhan yang tersedia.
Drop Down Menu Daftar item yang dapat dipilih dan diklik.
Push Button Tombol yang digunakan untuk menjalankan sebuah perintah.
Label Label pada sebuah halaman web.

HTML selain fungsinya memberi tahu browser bagaimana sebuah konten disajikan, HTML berfungsi untuk membuat strutur pada halaman website. Dimana HTML biasanya akan berkolaborasi dengan CSS dan Javascript. CSS adalah make up artist ( MUA) HTML-nya, dan Javascript sendiri adalah bahasa pemprograman yang bisa membuat website lebih menarik, interaktif dan cerdas atau lebih tepatnya sebagai otaknya.

html, css, javascript, hypertext markup language, cascading style sheet
Kolaborasi HTML, CSS, & JAVASCRIPT

Antara HTML, CSS, dan JAVASCRIPT kita bisa bayangkan seperti ini, kalau HTML adalah sebuah boneka manekin, yang akan diberi asesoris seperti baju, topi, dasi, perhiasan, sepatu, rambut dan asesoris lainnya, dimana asesoris ini adalah CSS-nya. Sedangkan Javascript adalah otaknya, yang bisa memberi keputusan dan komputasi agar manekin itu bisa ditampilkan dan dijalankan secara pantas sesuai dengan asesorisnya, menarik  dan interaktif. Karena itu sebaiknya kita gunakan fungsi dari ketiga hal tersebut sesuai dengan tujuannya masing-masing secara tepat dan cerdas. Sebagai contoh apabila kita ingin menghias halaman website, maka sebaiknya maksimalkan fungsi CSS-nya, jangan pernah menghias halaman website dengan menggunakan HTML, walaupun HTML bisa melakukannya.

html, css, javascript, hypertext markup language, cascading style sheet
Kolaborasi HTML, CSS, & JAVASCRIPT

sekian untuk pembahasan pendahuluan mengenai HTMLnya. semoga bisa menjadi awal untuk lebih menambah wawasan kita dalam dunia teknologi interner, website, khususnya bisa membantu dalam aktivitas blogging kita, sehingga kita bisa mengembangkan blog kita. kalau ada pertanyaan, silakan sampaikan saja dalam kotak komentar dibawah, asal bukan spam. tetap semangat nge-BLOG guys, see you on my next articles. Bye... bye....

Referensi:
https://www.w3schools.com
https://www.w3schools.com/html/default.asp

  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Post a Comment for "HTML Dasar Part 1 - HTML is..."