Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Huruf Kapital Yang Wajib Blogger Tahu Sebelum Membuat Artikel


Penggunaan Huruf Kapital Yang Wajib Blogger Tahu Sebelum Membuat Artikel - Aktivitas menulis merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa lepas dalam dunia blogging. Bahkan aktivitas menulis dalam dunia blogging menurut saya adalah aktivitas utama yang wajib para blogger lakukan, khususnya bagi saya. bagaimana mungkin, kita mengelola sebuah blog, tanpa ada konten artikel.

Terkadang ketika kita menulis, kita mungkin suka lupa dengan tata cara bagaimana menggunakan huruf Kapital ( Huruf Besar ) yang pernah di ajarkan oleh para guru bahasa indonesia ketika kita masih duduk di bangku sekolah dulu. Banyak hal yang membuat kita tidak menggunakan huruf kapital secara benar, mungkin karena kita asik mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran kita tanpa batas dan rem, atau kita terlalu konsentrasi pada tulisan yang sedang kita tulis. Bahkan mungkin kita sedang buntu dengan ide apa yang akan di tulis, atau mungkin juga karena kita masih baru menggeluti aktivitas menulis secara rutin, sehingga masih kesulitan bagi kita untuk menentukan apa yang mau kita tulis, dan bagaimana sebaiknya kita tampilkan tulisan kita dalam kanvas blog kita.

abjad, alphabet
Alphabet


Artikel ini saya tulis sebagai catatan saya dalam mengggunakan huruf kapital yang tepat. Tapi kalo sekira-nya bermanfaat juga buat teman-teman sesama blogger, saya akan senang sekali, terutama buat para blogger yang masih belajar seperti saya.

Huruf kapital atau huruf besar ini, biasanya selalu ditulis dalam huruf pertama sebuah kata. Namun tidak menutup kemungkinan huruf kapital digunakan pada tengah kata atau akhir kata, sebagai contoh untuk gaya penulisan ala anak alay atau kreativiatas lainnya. Tata cara penggunaan huruf kapital yang saya tulis, bukan berarti menutup kreativitas kita dalam menghasilkan karya-karya artikel terbaik untuk konten blog kita.

Pertama, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama pada awal kalimat. Kita bisa menggunakan huruf kapital pada huruf pertama ketika kita mulai mengetikan satu huruf pada paragraph yang mau kita buat. kemudian dalam paragraph biasanya terdiri dari beberapa kalimat yang dipisahkan dengan tanda titik ( . ) sebagai penandanya. Setelah tanda titik ( . ), kita menuliskan kalimat lagi dengan menggunakan huruf kapital.
Contoh :
Dia adalah contoh blogger yang sukses.

Kedua, huruf kapital digunakan pada huruf pertama dalam tanda petikan langsung ( “ “ ). Kita bisa menggunakan tanda petikan ini, ketika kita menggunakan kalimat tidak langsung. Atau bisa juga tanda petikan ini digunakan untuk menandai sesuatu yang penting.
Contoh :
“Blogger muda itu sudah memiliki banyak blog”, iwan bercerita kepadaku kemaren.
Blogger itu bertanya dalam hatinya, “Artikel apa yang harus aku tulis lagi ?”.
Para blogger membuat program “Menulis 1000 kata” untuk dirinya sendiri.

Ketiga, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama sebuah kata (termasuk semua unsur kata ulang yang sempurna ) didalam nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan kecuali kata di, dari, pada, yang, untuk yang posisinya tidak pada awal kalimat. Cara penggunaan seperti ini, buat kebanyakan para blogger sudah tidak asing lagi, karena biasanya kita membuat judul artikel dengan menggunakan huruf kapital disetiap katanya, bahkan kalau saya pribadi, kadang untuk kata pengecualian seperti di, dari, pada, yang, untuk tetap saya gunakan huruf kapital diawal kata, walaupun hal tersebut salah.
Contoh :
100 Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung.
Buku berjudul Marketing Sukses Ala Blogger adalah buku ketiganya.
Majalah Online Blogger Sukses banyak mengupas trik sukses menjadi blogger.

Keempat, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama unsur-unsur nama orang. Nama seseorang adalah identitas diri yang perlu dihormati, karena itu ketika kita menuliskan nama seseorang, sangat disarankan, kita menggunakan huruf besar diawal namanya.
Contoh :
Blogger cantik itu bernama Nilam.
Ir. Taufik menjadi narasumber dalam tulisan saya.

Kelima, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama unsur nama, jabatan, pangkat yang diikuti nama orang atau nama yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat.
Contoh :
Presiden Joko Widodo
Jl. Blogger Ahmad
Insinyur Bambang Budianto

Keenam, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.
Contoh :
Suku Jawa
Bangsa Indonesia
Bahasa Pemprograman
Bahasa Inggris

Ketujuh, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari raya.
Contoh :
Agustus
Idul Fitri
Natal
Masehi
Senin

Kedelapan, huruf kapital digunakan pada kata pertama geografi atau nama tempat.
Contoh :
Asia Tenggara
Laut Jawa
Indonesia
Teluk Jakarta

Kesembilan, huruf kapital yang digunakan sebagai huruf pertama pada katan ganti anda.
Contoh :
Saya harap Anda hadir pada acara besok.

Kesepuluh, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, paman dan bibi yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan. Dengan menggunakan huruf kapital pada kata penunjuk hubungan kekerabatan, kita menunjukan juga rasa hormat pada orang tersebut.
Contoh :
Bapak dan Ibunya juga seorang blogger sukses
Nilam meminta kepada kakaknya yang seorang blogger, “Kak, bantu aku membuat artikel ini!”.

Kesebelas, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama pada unsur singkatan nama, gelar, dan sapaan.
Contoh :
Ny. Selena Budiman
Ir. Mia Wijaya

Keduabelas, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama semua unsur nama negara, lembaga pemerintahan, dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi kecuali kata dan.
Contoh :
Undang-Undang Dasar 1945
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Ketigabelas, huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan, nama agama, dan kitab suci. Penggunan huruf kapital ini juga termasuk kata ganti untuk Tuhan.
Contoh :
Allah
Sang Pencipta
Hanya kepada-Mulah kami berlindung
Yang Maha Agung
Islam
Kristen
Weda
Tripitaka

Sekian catatan saya untuk penggunaan huruf kapital. Semoga catatan saya ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang baru belajar nge-Blog, terutama bagi para pemula, agar bisa lebih menghasilkan hasil tulisan yang semakin berkualitas waktu demi waktu. Kalau ada pertanyaan, saran, kritik dan komentar silakan tulis saja di kolom komentar dibawah. Tetap semangat nge-Blog ya guys. See you on my next articles.. bye-bye..

  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Post a Comment for "Penggunaan Huruf Kapital Yang Wajib Blogger Tahu Sebelum Membuat Artikel"