Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog – Part 3 ( Membuat Blog Baru )

Cara Membuat Blog – Part 3 ( Membuat Blog Baru ) - Yeahhhh, saat ini sepertinya saya siap untuk menjelaskan bagaimana membuat blog baru untuk para pemula, seperti saya. Untuk cara membuat blog baru, menurut saya membutuhkan beberapa persiapan. Beberapa persiapan perlu dilakukan ketika kita bicara mengenai bagaimana cara membuat blog baru. Cara membuat blog baru, tidak bisa asal sembarang dipersiapkan. Dengan kita memberi perhatian di awal, bagaimana cara membuat blog baru, yang nantinya akan menjadi blog kesayangan kita, berarti kita benar-benar matang mempersiapkan cara membuat blog baru untuk kita kembangkan dikemudian hari. Lalu persiapan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat sebuah blog baru???... baca terus ya artikelnya sampai habis.

Ketika kita ingin membuat blog baru, anggap saja kita mempersiapkan media bacaan untuk orang lain seperti buku, majalah, koran, tapi bentuknya online. Sebaiknya materi apa yang kita ingin sampaikan fokus pada satu hal materi, karena dengan materi blog yang lebih terfokus untuk membahas pada satu hal tertentu, akan lebih baik dari sebuah blog gado-gado. tapi tidak masalah kalau diantara sobat ingin membuat blog gado-gado. untuk membuat blog gado-gado, saya rasa membutuhkan banyak persiapan yang lebih banyak dibanding dengan membuat blog baru yang fokus dengan 1 hal materi/bidang.

Untuk pemula, menurut saya kita berfokus pada satu hal dulu, setelah selesai baru kita go dengan materi lain. Sebagai seorang pemula, saya merasakan banyak hal yang harus saya persiapkan ketika akan membuat blog baru. Tidak semudah yang saya bayangkan, terlebih tidak ada mentor yang secara khusus membimbing saya, alias otodidak. Kepala saya seakan mau pecah, ketika saya baru memulai. Harus mempelajari ini, itu dan ini itu... Saya sendiri awalnya tidak tahu harus mulai dari mana, bagaimana membuat blog baru, Apa yang sebaiknya saya tulis, Bagaimana cara menulisnya, dan bla... bla... banyak sekali bahan bacaan yang saya copy paste dan simpan dalam aplikasi microsoft office one note. Entah dari mana memulainya. Ditambah dengan istilah SEO yang kedengarannya aneh di telinga saya, bahkan sampai sekarang pun masih terdengar aneh. Ketika saya membaca materi per materi atau artikel per artikel, bukan tambah paham, malah membuat saya tambah pusing dan tidak memahami apapun. Tapi karena saya bertekad “saya harus bisa’. Saya melakukan metode membaca berulang ulang kali satu materi atau artikel yang saya dapat dari internet, sebelum saya paham saya tidak akan membaca materi lain, walaupun tema atau topiknya sama.

Ketika saya sudah tahu benar, saya akan memulainya dari mana dan topik apa yang akan saya sajikan, saya mulai membuat beberapa blog. Sampai artikel ini dibuat pun, saya masih galau gulita, mau berfokus untuk blog apa??.. saya merasakan bagi pemula seperti saya memulai blog dengan membuat beberapa blog, akan membuat satu blog pun tidak akan bisa dimaintenance secara baik, tepat dan fokus.. no body perfects. Uppsss sori jadi curhat.

Melanjutkan artikel sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Blog - Part 2 ( Membuat Google Plus dan Membuat Blog Baru ). Kali ini khusus membahas step bagaimana membuat sebuah blog baru dengan menggunakan platform blogspot. Ketika sudah selesai membuat akun Google+, kita akan didirect ke halaman blog seperti yang tampil pada gambar dibawah ini.

pengalaman membuat blog untuk pertama kali
Ready For Making New Blog


a. Klik saja ‘Buat Blog Baru’ yang ada dibagian tengah bawah halaman, atau klik ‘Blog Baru’ yang ada di atas kiri halaman ini. Selanjutkan kita akan didirect ke halaman untuk membuat sebuah blog baru.

langkah demi langkah membuat blog yang keren
Step By Step Making A New Blog
b. Judul/Nama Blog. Judul atau nama blog ini kedepannya akan sangat berpengaruh untuk perkembangan dan kelangsungan sebuah blog. Sebaiknya buatlah nama blog yang sesuai dengan isi dari blog yang kita buat. contoh kita membuat blog yang membahas mengenai music, kita bisa beri judul seperti : Galeri Music. Membuat nama blog yang bagus dan tidak terlalu banyak yang menggunakannya akan lebih baik, agar mudah diingat bagi para pembaca atau visitor blog kita. dan tentunya nama blog sebaiknya bisa dideteksi oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Msn, Ask atau mesin pencari lainnya.

c. Setelah membuat nama blog, selanjutnya kita buat alamat blog atau URL Blog. Alamat ini adalah alamat di dunia maya sebuah blog. Alamat blog ini berfungsi agar pengunjung bisa mengakses blog kita melalui address bar pada web browser pengunjung atau user. Karena fungsinya untuk mengakses blog kita, sebaiknya kita buat alamat blog yang mudah diingat dan tidak membingungkan. Sebaiknya disamakan dengan nama blog yang kita buat. contoh : galerimusic.blogspot.com.
Kalau saya baca-baca dari beberapa artikel para senior blogger, banyak yang menyarankan untuk membuat nama blog dan alamat blog agar menggunakan metode Keyword On Domain. Salah satu metode untuk memaksimalkan SEO. Artinya ketika kita ingin membuat sebuah blog, dan akan memfokuskan pada satu bidang tertentu. Sesuaikanlah nama dan alamat blog kita sesuai dengan thema blog yang kita buat. seperti contoh diatas.
Namun memang untuk membuat alamat URL sebuah blog, kadang tidak semua nama yang kita kehendaki tersedia. Setelah kita membuat alamat URL blog, secara otomatis blogspot akan mengecek ketersediaan alamat URL tersebut dan akan memberikan feedback untuk memberi tahu kalau alamat URL yang kita masukkan tersedia atau tidak dibawah kotak alamat URL tersebut.

d. Setelah kita berhasil membuat alamat URL, selanjutnya kita bisa memilih tema untuk template yang disediakan blogspot. Pilihlah tema yang sederhana dengan navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung dan pastinya pilih tema template yang responsive baik untuk kebutuhan dekstop, tablet, atau hp. Pada saat artikel ini dibuat per oktober 2018, blogspot sudah menyediakan template yang responsive. Sehingga kita bisa menggunakan tanpa harus repot memikirkan responsive atau tidak. Walaupun tidak sebagus template premium, tapi lumayan untuk para blogger pemula seperti saya.
Sampai saat ini blogspot sudah menyediakan 54 design template gratis bisa kita gunakan, yang terbagi menjadi 11 jenis thema template, yaitu : Contempo menyediakan 5 design template blogspot, Soho menyediakan 5 design template blogspot, Emporio menyediakan 5 design template blogspot, Notable menyediakan 5 design template blogspot, Simple menyediakan 7 design template blogspot, Dynamic Views menyediakan 7 design template blogspot, Picture Window menyediakan 3 design template blogspot, Awesome Inc menyediakan 4 design template blogspot, Ethereal menyediakan 3 design template blogspot, Travel menyediakan 4 design template blogspot. silakan teman-teman memilih template sesuai dengan selera kebutuhan teman-teman.

e. Setelah kita memilih thema template blog kita, bisa bisa klik button/tombol ‘Buat Blog’.

f. Taraaaaaaaaaaaaaaaaaaa... blog baru sudah siap untuk kita pakai. Menulislah pada blog baru ini. explore anything what you think for everyone.

Untuk step membuat blog baru, sekian untuk step nya. Kemudian kita bisa mengisi blog ini dan mengatur setting yang kita inginkan dan butuhkan. Btw, setelah artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai bagaimana melakukan posting sederhana, dan bagian-bagian dari posting atau entry ini.

Blogging is about learning everything which I want to share to everyone. Let’s go writing anything on your daring blog. Congratzzz buat teman-teman yang sudah berhasil membuat blog untuk pertama kalinya, this your first experience on blogging, proudly blogspot.


  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Post a Comment for "Cara Membuat Blog – Part 3 ( Membuat Blog Baru )"