Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Hal Yang Wajib Blogger Tahu Soal Penulisan KATA

8 Hal Yang Wajib Blogger Tahu Soal Penulisan KATA - KATA adalah bagian/elemen utama untuk menghasilkan sebuah tulisan/artikel . Kata adalah sebuah susunan huruf yang membentuk unsur bahasa baik yang disampaikan secara lisan atau tulis yang merupakan perwujudan dari sebuah perasaan dan pikiran yang digunakan dalam proses berbahasa atau berkomunikasi. Dalam aktivitas blogging, para blogger tidak akan lepas dari elemen kata ini. kita membuat artikel dengan merangkai kata per kata untuk menyampikan informasi dan gagasan yang bisa diakses oleh publik di seluruh dunia, even menggunakan bahasa yang berbeda. kata adalah magic something yang bisa merubah segalanya baik hal baik atau hal buruk tergantung maksud penggunanya menggunakan kata tersebut. jadi gunakan kata sebaik-baik maksud dan tujuannya terutama dalam aktivitas blogging atau penulisan.

Kata adalah rangkaian huruf yang bisa mengubah dunia
Magic Word


Pertama, Basicly sebuah setiap kata terbentuk dari elemen kata dasar. Kata dasar ditulis sebagai satu satuan tunggal atau yang disebut dengan morfem tunggal berupa satuan bentuk bahasa terkecil yang mempunyai makna relatif lebih stabil. Contohnya : aku buat akun blog baru

Kedua, sebuah kata dasar bisa beregenerasi menjadi sebuah kata turunan. Ketika kita memberi imbuhan baik itu awalan, sisipan, akhiran pada sebuah kata. artinya kita sudah berhasil membuat kata turunan. Selain imbuhan, kita bisa menggabungkan lebih dari satu kata untuk membuat kata turunan dengan sekaligus menyisipkan imbuhan pada gabungan kata tersebut baik diawal, ditengah, atau diakhir. untuk penyisipan imbuhan dan akhiran pada gabungan kata, kita juga bisa hanya memberikan pada salah satu kata yang mengikuti atau mendahuluinya saja. atau bahkan hanya dengan menggabungan beberapa kombinasi unsur dari kata tertentu menjadi sebuah kata baru, maka kita sudah membuat kata turunan.

Ketiga, Sebuah kata bisa menjelma menjadi kata ulang yang maknanya majemuk. Kata ulang bisa digunakan dengan mengulang kata yang sama, atau memang memiliki bentuk ulang sendiri dalam tata bahasanya. Contohnya seperti : anak-anak, ramah-tamah, dll.

Keempat, Sekumpulan lebih dari satu kata bisa menjadi gabungan kata yang lazim disebut dengan kata majemuk. Gabungan kata bisa termasuk kata yang sudah dianggap sebagai satu kata yang penulisannya berupa satu rangkai seperti kata apabila, bumiputra, manakala, dll. Gabungan kata bisa juga termasuk istilah yang dikhawatirkan menimbulkan salah baca dan pemahaman, sehingga perlu diberikan tanda hubung untuk memberi penegasan hubungan pertalian di antara unsur-unsur kata yang bersangkutan. Contohnya seperti ampere-meter, bapak-ibu, dll.

Kelima, sebuah kata bisa berupa kata depan yang ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya. Kata yang mengikutinya biasanya berupa kata benda atau kata keterangan. Kata depan yang biasa kita temui seperti di, ke, dari ditulis terpisah dengan kata pengikutnya. Sebagai contoh : saya baru pulang dari surabaya.

Keenam, Ada juga kata depan seperti si dan sang yang biasa digunakan untuk menunjuk pelaku/subjek sebuah kalimat agar jelas penunjukannya.

Ketujuh, Sebuah kata juga bisa termasuk kata ganti. Seperti kata ku yang ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya atau mendahuluinya. Begitu juga dengan kata mu dan nya, biasanya ditulis serangkai hanya dengan kata yang mendahuluinya.

Kedelapan, dalam kata ada juga partikel yang biasa ditulis serangkai dengan kata yang sebelumnya, seperti marilah, siapakah, dll. Partikel kata juga ada yang penulisannya terpisah dengan kata pendahulunya seperti pun dan per. Pun bisa berarti juga atau juga demikian dan per biasanya menunjukan makna tiap-tiap.

Pembahasan soal kata ini semoga tidak membosankan, karena baik blogger atau bukan, kata sudah menjadi makanan tiap harinya. Tanpa kata kita tidak bisa berkomunikasi baik offline atau online, apalagi melakukan aktivitas blogging yang pastinya tak lepas dari unsur kata baik itu everytime and everywhere. Kalau ada pertanyaan, saran, kritik dan komentar silakan saja tulis dikotak komentar. Tetap semangat nge-Blog guys. See you on my next articles. Bye-bye....


  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Post a Comment for "8 Hal Yang Wajib Blogger Tahu Soal Penulisan KATA"