Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Web Browser Dan Fungsinya

Web Browser Dan Fungsinya – Browser pertama kali dibuat pada tahun 1992 diberi nama Mosaic Browser. Mosaic browser adalah browser popular pertama yang berdasarkan spesifikasi www yang diciptakan oleh Tim Berners Lee. Beliau adalah penemu dari teknologi internet seperti HTML, protokol HTTP, penemu Web Browser pertama, penemu web server pertama, dan masih banyak lagi hal-hal yang berkenaan dengan dunia teknologi internet beliau ciptakan. Penemuannya banyak sekali yang bisa kita rasakan manfaatnya saat ini. Karena Tim Berners Lee, saat ini kita bisa surfing di dunia maya, bermain facebook, belanja online, bermain game dan lain sebagainya yang menggunakan fasilitas teknologi internet. Tim Berners-Lee adalah direktur dari sebuah organisasi/konsorsium besar di bidang teknologi internet dan website bernama W3C ( World Wide Web Consortium ). Organisasi ini adalah gabungan dari beberapa institusi yang berada di MIT ( in Cambridge, MA, USA), ERCIM ( in Sophia – Antipolis, France ), KEIO University ( near tokyo, Japan ),  and Beihang University ( in Beijing, China). Organisasi ini tugasnya membuat protokol, standar, panduan dan aturan jangka panjang untuk memastikan perkembangan teknologi internet dan website untuk jangka panjang.
Saat ini banyak sekali pilihan browser yang bisa kita pilih, sebut saja ada Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dan lain sebagainya. Web Browser sendiri adalah sebuah perangkat lunak/software yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Jadi fungsi web browser adalah untuk menampilkan dan melakukan interaksi antara pengguna internet dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh sumber informasi dari web server. Proses ini terjadi ketika pengguna memasukkan URL atau Uniform Resource Identifier, sebagai contoh: https://digitaladies.blogspot.com. Sebuah web browser, memiliki beberapa bagian-bagian tampilan atau interface, dimana setiap bagian memiliki fungsi-fungsinya. Meskipun banyak pilihan web browser, tapi secara keseluruhan mereka memiliki bagian-bagian yang sama secara umum. Berikut pembahasan mengenai bagian-bagian web browser, khususnya Google Chrome:

contoh tampilan web browser menampilkan halaman facebook


1 = Tab ini berfungsi untuk memperlihatkan judul dari halaman website yang kita buka
2 = Tombol Customize dan Control berfungsi untuk melakukan beberapa hal seperti membuka tab baru, window baru, window penyamaran baru, melihat history halaman yang kita buka, history download, kumpulan bookmarks, untuk membesarkan dan mengecilkan layar, melakukan cetak, mencari sesuatu, melihat alat-alat lain yang bisa membantu kita memaksimalkan penggunaan browser. melakukan edit seperti copy paste, melakukan setting web browser, menu help dan exit.
3 = Profile Picture bagian ini memberi tahu siapa yang sedang membuka halaman tersebut, biasanya terdeteksi dari alamat email secara otomatis.
4 = Tombol-tombol Extensions memberi tahu tools atau alat apa saja yang kita gunakan untuk memaksimalkan penggunaan suatu web browser.
5 = Navigation Bar adalah kotak untuk mengetikkan alamat url/situs web/blog yang akan dibuka. Pada bagian ini kita juga bisa bisa melakukan setting zoom in dan zoom out besar halaman situs yang kita buka dan memberikan tanda bintang sebagai bookmarks atau halaman khusus yang kita sukai atau penting.
6 = Tombol Home Page untuk mengembalikan kita pada halaman home page default dari browser yang kita gunakan.
7 = Tombol Reload dan Stop untuk melakukan refresh pada halaman dan menghentikan reload yang tidak dianggap perlu.
8 = Tombol Back dan Forward digunakan untuk beralih dari suatu halaman sebelumnya atau sesudahnya dari halaman yang dikunjungi.
9 = Tombol Aplikasi untuk memilih aplikasi apa saja yang disediakan oleh sebuah browser, seperti beralih ke gmail, google drive, youtube, dll.
10 = Tombol-tombol bookmarks untuk memperlihatkan halaman-halaman mana saja yang sudah kita beri tanda bookmarks, biasanya halaman yang kita sukai atau isinya sangat penting untuk dibaca kembali.
11 = ScrollBar, bagian ini berfungsi menaikkan dan menurunkan tampilan halaman situs.
12 = Halaman Website, bagian ini berfungsi untuk membuka seluruh isi situs yang sedang dibuka.

Post a Comment for "Web Browser Dan Fungsinya "