Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Unsur Ilustrasi Pada Desain Grafis

Mengenal Unsur Ilustrasi Pada Desain Grafis - Ilustrasi berasal dari bahasa latin, yaitu ilustrate yang berarti menjelaskan. Dengan merujuk pada arti sebenarnya, jadi ilustrasi merupakan salah salah unsur tata letak dua dimensi yang memiliki tujuan untuk memperjelas atau menggambarkan maksud atau pesan yang ingin disampaikan. Ilustrasi sendiri sebagai hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, fotografi, atau teknik desain lainnya, pada dasarnya lebih menekankan pada hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuknya. Sehingga dengan begitu makna ilustrasi memang dibuat untuk menerangkan atau sebagai penghias dalam desain tata letak.

menjelaskan unsur ilustasi dalam sebuah karya desain grafis

Kalau kita bicara tentang ilustrasi, maka tidak akan lepas atau selalu berkaitan dengan yang namanya image yang akan dipakai pada suatu desain. Sehingga berdasarkan model atau image yang digunakan pada sebuah ilustrasi, maka ilustrasi memiliki 2 jenis, yaitu:
1.Ilustrasi Image Dengan Bitmap
Ilustrasi dengan jenis ini, dibentuk oleh susunan raster/pixel/titik koordinat dalam suatu grid. Artinya semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap, berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Image bitmap memiliki keterbatasan resolusi. Maksudnya, ketika suatu ilustrasi bitmap diperbesar, maka gambar atau image-nya akan terlihat pecah apabila resolusinya semakin kecil. Karena itu, ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap sangat tergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Format file bitmap ada beberapa, sebagai contoh BMP, PCX, dan TIFF.
2.Ilustrasi Image Vector
Ilustrasi ini dibentuk oleh serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagian lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar. Ukuran filenya, biasanya relatif kecil dan apabila diubah ukurannya pun, kualitasnya akan tetap sama. Dan sering dipakai dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartu, clipart, dan sebagainya. Untuk ilustrasi vector biasanya memiliki format file seperti .wmf,swf,cdr, dan .ai.
Ilustrasi juga tentunya bisa dibuat dengan aplikasi desain grafis. Contoh pada CorelDraw ilustrasi bisa dibuat dengan line tool untuk ilustrasi yang berupa garis, atau shape tool untuk ilustrasi yang berupa bidang-bidang tertentu. Sedangkan apabila ilustasi ingin dibuat dengan menggunakan photo, kita hanya tinggal lakukan perintah import (ctrl+l) saja. Sedangkan pada adobe illustrator kita bisa menggunakan menu place. lalu kalu untuk photoshop kita bisa menggunakan open atau place.


Post a Comment for "Mengenal Unsur Ilustrasi Pada Desain Grafis"