Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Internet

Sejarah Internet - Istilah Internet berasal dari bahasa latin inter, yang memiliki arti "antara". Dari arti kata internet berarti jaringan antara atau penghubung. Sedangkan dalam arti luas internet merupakan singkatan dari interconnection networking yang dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang secara luas menghubungkan satu user atau pengguna komputer dengan komputer lain dan dapat menghubungkan komputer dari suatu negara ke negara lainnya di seluruh dunia sehingga bisa saling berkomunikasi. Internet menyediakan sebuah sistem yang memiliki berbagai macam variasi informasi, fasilitas layanan internet seperti browsing/surfing ( kegiatan berselancar ) untuk mencari informasi atau hiburan, mengirim surat, dan lain sebagainya.
Sejarah Internet sangat panjang, berawal pada tahun 1957 melalui Advanced Research Projects Agency ( ARPA ), Amerika Serikat memiliki niat dan rencana untuk mengembangkan jaringan komunikasi yang saling terintegrasi untuk menghubungkan komunitas para ahli ilmu pengetahuan dan untuk keperluan militer. Sebenarnya hal tersebut dilatarbelakangi karena terjadinya perang dingin antara Amerika serikat dengan Uni Soviet, karena pada tahun 1957 Uni Soviet sudah terlebih dahulu meluncurkan sputnik atau satelit bumi buatan.
Perkembangan Besar Internet Pertama adalah dengan penemuan terpenting ARPA, yaitu berupa paket switching pada tahun 1960. Packet switching adalah sistem pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang setiap paketnya bisa melalui berbagai jalur alternatif, menjaga kalau terjadi kerusakan pada salah satu jalur ketika dikirim untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi. Jadi packet switching ini jelas berbeda dengan koneksi jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan satu koneksi. Maka dari itu, ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat tahun 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasi yang menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.
Perkembangan Besar Internet Kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang, yaitu TCP/IP ( Transmission Control Protocol /Internet Protocol ). Protokol merupakan suatu sekumpulan aturan untuk berhubungan antar jaringan. Protokol ini sendiri dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut dengan jaringan internet.
Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan bahkan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Perkembangan Besar Internet Ketiga adalah saat terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Mr. Tim Berners Lee. Aplikasi World Wide Web ( www/w3 ) menjadi konten yang dinanti oleh semua user/pengguna internet. WWW membuat semua user/pengguna bisa saling berbagi berbagai macam aplikasi dan konten, serta bisa saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu, pertumbuhan pengguna internet semakin meningkat tajam.
Sedangkan untuk di Indonesia sendiri perkembangan internet bermula pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan, dan gotong royong sangat hangat dan terasa di antara pada pelakunya. Sebut saja nama-nama seperti M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu Surya, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Onno W.Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris pada saat awal pembangunan internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Berlatar belakang dari perkumpulan pengguna radio amatir yang selanjutnya menjadi cikal bakal dari perkembangan internet di Indonesia. Agar berbeda memang dengan suasana internet Indonesia yang pada perkembangannya terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitas penggunanya, terutama pada pelibatan perdagangan online via internet.
Perkembangan sejarah internet dapat dibagi dalam 4 aspek, yaitu:
1.Keberadaan aspek evolusi teknologi yang dimulai dari penelitian packet switching ( paket pensaklaran ) yang dilakukan oleh ARPANET berikut teknologi perlengkapannya yang pada saat itu dilakukan penelitian lanjutan juga untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala, performance/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
2.Keberadaan aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
3.Keberadaan aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para ilmuwan internet yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
4.Keberadaan aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global ( widespread information infrastructure ), dimana sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja, tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan, yaitu banyak mempergunakan alat-alat bantu online untuk mencapai sebuah bisnis elektronik ( electronic commerce ), kepemilikan informasi dan cara berinteraksi dengan masyarakat.

Post a Comment for "Sejarah Internet"