Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Plugin Color Untuk Sublime Text

Plugin Color Untuk Sublime Text – Plugin color ini digunakan untuk membantu user menentukan warna pada elemen-elemen HTML yang didesain. Plugin ini tentu saja digunakan pada file CSS. Property CSS yang memerlukan warna adalah color dan background color. Ada 3 cara memberikan nilai warna pada kedua properti tesebut, kita bisa menggunakan nama warna, bilangan hexadecimal, dan nilai RGB.
Plugin color yang akan dibahas pada artikel ini, akan memberikan nilai property color dan background color dengan menggunakan bilangan hexadecimal. Bilangan Hexadecimal sendiri merupakan bilangan yang terbentuk karena kombinasi angka dari 1-9 dan huruf a-f. Bilangan ini pada umumnya terdiri dari 6 karakter, namun bisa hanya 2 atau 3 karakter saja, apabila bilangan tersebut berupa pengulangan 2 atau 3 karakter sebelumnya. Penggunaan bilangan hexadecimal selalu diawali dengan tanda kres ( # ), seperti contoh berikut : #1bd, #fbe12c, #fffddd, dan lain sebagainya. Biasanya untuk mendapatkan nilai warna dengan menggunakan bilangan hexadecimal, kita bisa dapatkan dari aplikasi seperti paint pada windows, photoshop, corel atau website khusus color picker. Sublime text juga menyediakan fasilitas Color Picker ini, hanya dengan menginstall pluginnya. Selain color picker kita bisa menginstall Color Highlighter untuk memudahkan kita mengenali jenis warna yang ditulis sebagai bilangan hexadecimal pada sublime text, karena dengan plugin color highlighter akan ada tampilan kotak kecil berwarna di sebelah pada nama hexadecimal yang ditulis untuk menunjukan warna dari nama hexadecimal tersebut. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menginstall kedua plugin tersebut:
 COLOR PICKER
Color Picker berfungsi untuk menentukan/memilih warna pada property color dan backround color dengan menggunakan path bilangan hexadecimal, seperti yang kita bisa ambil dari aplikasi photoshop, paint, corel, atau di website color picker. Berikut langkah-langkah instalasinya:
1.Tekan tombol Ctrl + Shift + P
2.Ketik install package, lalu enter
3.Biarkan sampai sublime selesai meload repositorinya
4.Pilih plugin Color Picker
5.Biarkan sampai selesai install
6.Lalu restart sublime text

Cara Penggunaannya :
Tekan Ctrl + Shift + C >> Pilih Warna Pada Papan Color Picker

papan untuk memilih warna

Note : Secara default, jenis karakter huruf yang digunakan untuk pada aplikasi color picker ini adalah huruf besar. Apabila kita lebih suka huruf kecil, maka kita bisa ubah melalui setting user dari plugin sublime text. Berikut langkahnya:
1.Klik Preference
2.Pilih Package Setting >> Color Picker >> Setting – Default
3.Kopi kode baris berikut :

"color_upper_case": true,

4.Pastekan pada Setting User. Terlebih dahulu buka dulu setting user dengan cara Package Setting >> Color Picker >> Setting – User. Lalu rubah nilai true menjadi false, seperti baris kode berikut:

{
 	"color_upper_case": false
 }

5.Simpan


  COLOR HIGHLIGHTER
Plugin Color Highlighter berfungsi sebagai informasi warna pada sublime text. Sehingga memudahkan kita mengenali jenis warna dari nama hexadecimal yang ditulis pada sublime text karena ada tampilan kotak kecil disebelah pada nama hexadecimal yang ditulis tersebut untuk menunjukan warna dari nama hexadecimal tersebut. Berikut langkah-langkah instalasinya :
1.Ctrl + Shift + P
2.Ketik install package, lalu enter
3.Biarkan sampai sublime selesai meload repositorinya
4.Pilih plugin Color Highlighter
5.Biarkan sampai selesai install
6.Lalu restart sublime text

Cara Penggunaannya :
Otomatis muncul kotak identifikasi warna tersebut, pada saat kursor kita berada pada tulisan hexadecimal tersebut atau ketika kita mengklik nama hexadecimal tersebut.

plugin untuk menunjukkan warna apa pada bilangan hexadecimal yang dipilih

Selesai penjelasan plugin untuk kebutuhan warna pada sublime text. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman yang baru saja belajar web design.

Happy Blogging Guyss 😉😍😉 ...

Post a Comment for "Plugin Color Untuk Sublime Text"