Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Coding Modes Pada Sublime Text

Coding Modes Pada Sublime Text – Pengetahuan mode-mode koding akan membantu kita untuk melakukan konfigurasi lingkungan sublime text agar sesuai dengan tujuan kita dalam mempercepat proses koding dan lebih fokus. Ketika kita membuat sebuah project, biasanya kita tidak hanya bekerja dengan satu jenis file. Kita ambil contoh, seorang web designer, minimal dia akan bekerja dengan file html, css, dan javascript. Salah satu tujuan kita mengetahui apa itu coding modes, akan membantu kita berpindah-pindah secara cepat pada setiap file project. Secara garis besar, coding modes dibagi menjadi 2, yaitu Multiple Layout dan Distraction Free Mode. Multiple layout adalah bagaimana kita bisa membuat layout halaman sublime text bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Sedangkan distraction free mode adalah kebalikan dari multiple layout, dimana mode ini akan menghilangkan bagian-bagian yang akan mengganggu fokus kita, sehingga layout hanya dibuat dengan hanya satu halaman file saja.

Multiple Layout
Multiple Layout berfungsi untuk mengkonfigurasi layout halaman sublime text menjadi beberapa bagian, dengan begitu di saat yang bersamaan, kita bisa melihat semua isi file kita, tanpa harus repot-repot berpindah-pindah file untuk membukanya. Apalagi ketika kita bekerja dengan monitor wide screen. Untuk menikmati fitur ini, kita bisa memanfaatkan fungsi perintah menu View >>> Layout >>> Pilih Layout Yang Kita Inginkan.

cara menampilkan layout halaman aplikasi kode editor sublime text

Note Penggunaan Shortcut:
● Kita juga bisa menggunakan shortcut, agar selalu keep and touch dengan keyboard atau agar tidak terlalu sering berpindah-pindah antar keyboard dan mouse. Berikut shortcut-nya:
Alt + Shift + 1 = tampilan satu kolom
Alt + Shift + 2 = tampilan dua kolom
Alt + Shift + 3 = tampilan tiga kolom
Alt + Shift + 4 = tampilan empat kolom
Alt + Shift + 8 = tampilan dua baris
Alt + Shift + 9 = tampilan tiga baris
Alt + Shift + 5 = tampilan 4 kolom dengan 2 baris, 2 kolom di atas, 2 kolom di bawah.
Untuk berpindah antar tab, yang berada dalam satu grup kolom, kita bisa menggunakan tombol Ctrl + Tab
Untuk berpindah antar grup kolom kita bisa menggunakan tombol Ctrl + ( angka ), seperti Ctrl + 1, Ctrl + 2, Ctrl + 3.
Untuk berpindah file sesuai dengan urutan tab gunakan Alt + ( angka ), seperti Alt + 1, Alt + 2, Alt + 3. Pastikan kursor aktif pada file yang akan dipindahkan.
Untuk memindahkan satu tab ke kolom berbeda. Pastikan kursor aktif pada file yang akan dipindahkan.
Ctrl + Shift + 1 : untuk memindahkan satu tab kekolom ke 1
Ctrl + Shift + 2 : untuk memindahkan satu tab kekolom ke 2
Ctrl + Shift + 3 : untuk memindahkan satu tab kekolom ke 3
Ctrl + Shift + 4 : untuk memindahkan satu tab kekolom ke 4
Untuk membuat 2 kolom dan kolom yang satunya menjadi 2 baris, berikut langkahnya:
1. Pilih View >>> Layout >>> Pilih Layout Columns : 2
2. Pilih View >>> Groups >>> Pilih Max Columns : 2
3. Pilih View >>> Groups >>> Pilih New Group
4. Selesai !

Distraction Free Mode
Mode bebas ganggguan, modenya kebalikan dari mode multiple layout, fungsinya agar kita fokus pada satu file saja. Cara menggunakannya sebagai berikut :
● Pilih View >>> Enter Distraction Free Mode atau kita bisa menggunakan shorcut-nya Shift + F11.

Ketika mode ini aktif, maka sidebar, file lainnya akan hilang dari tampilan sublime text dan apapun yang mengganggu akan hilang juga, kecuali file yang posisi kursornya sedang aktif. Namun bagian menu utama atas masih ada, kalau mau dihilangkan tinggal klik View >>> Hide Menu.

Note :
Apabila menggunakan mode ini, sebaiknya kombinasikan dengan penggunan tombol Go To Anything yaitu Ctrl + P. Dan sebaiknya kita hafal struktur dari file project kita.

Post a Comment for "Coding Modes Pada Sublime Text"