Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Plugin Sidebar & Alignment Pada Sublime Text

Plugin Sidebar & Alignment Pada Sublime Text – Pada bagian interface sublime text, kita bisa menampilkan sidebar di bagian kiri layar. Sidebar ini berfungsi untuk menampilkan folder dan file project yang sedang kita kerjakan. Default dari sidebar menu sublime text hanya memberikan fitur New File, Rename, New Folder, Delete Folder, Find In Folder, Remove Folder From Project. Sehingga ketika kita ingin membuat file dan menyimpannya, kita harus menjalankan beberapa step. Seperti meng-klik New File, lalu setelah lembar kerja file baru terbuka, langkah selanjutnya kita menyimpan file tersebut dengan meng-klik menu File yang ada di bagian atas menu, selanjutnya pilih save atau save as, setelah terbuka jendela penyimpanan, kita pilih folder penyimpanan, lalu membuat nama file diikuti dengan ekstensinya, dan terakhir tekan tombol perintah simpan. Memang tidak terlalu sulit, namun apabila ada fitur yang lebih memudahkan kita melakukan sesuatu, kenapa kita tidak ambil fasilitas tersebut.

Sidebar Enhancements merupakan salah satu plugin yang ada pada sublime text untuk memudahkan dan meningkatkan performa dalam penggunaan sidebar, khususnya untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan file dan folder baru. sebagai contoh kita bisa langusng membuat file dan folder pada sublime text, tanpa harus ke folder data kita seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Tentu saja untuk melakukan hal tersebut, hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan instalasi plugin tersebut. Berikut langkah-langkah instalasinya :
1. Tekan tombol Ctrl + Shift + P
2. Ketik install package, lalu enter
3. Biarkan sampai sublime selesai meload repositorinya
4. Pilih plugin SideBarEnhancement
5. Biarkan sampai selesai instalasi-nya
6. Lalu restart sublime text

Setelah plugin ter-install, kita akan disuguhkan banyak fitur dari plugin sidebar enhancements ini, sebelumnya hanya ada fitur seperti New File, Rename, New Folder, Delete Folder, Find In Folder, Remove Folder From Project. Setelah terpasang kita akan melihat fitur lebih banyak seperti gambar berikut ini:

plugin yang digunakan untuk memaksimalkan penggunaan sidebar

Cara Penggunaannya :
Contoh kita ingin membuat file baru dengan mudah atau membuat file baru dalam satu folder yang belum ada, maka secara otomatis plugin ini akan membuatkan folder-nya. kita hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut:
1.Klik kanan mouse pada target folder >> new file
2.Kemudian tuliskan isi kolom di bawah sublime text dengan tulisan sebagai berikut :
● style.css >> lalu enter
Maka setelah langkah ini akan terbentuk file baru dengan nama style.css dalam folder yang tadi kita target. Contoh lain, silakan tulis isi kolom berikut ini :
● css/style.css >> lalu enter
Secara otomastis langkah tersebut akan membuat file baru dengan nama style.css di dalam folder css.

Alignment merupakan plugin yang digunakan untuk merapikan posisi teks yang kita tulis pada sublime text pada banyak bahasa pemprograman. Biasanya banyak digunakan pada bahasa pemprograman PHP dan men-support CSS juga. Untuk bisa merasakan manfaat dari plugin ini, silakan lakukan instalasi dengan langkah-langkah berikut:
1. Ctrl + Shift + P
2. Ketik install package, lalu enter
3. Biarkan sampai sublime selesai meload repositorinya
4. Pilih plugin alignment
5. Biarkan sampai selesai instalasi-nya
6. Lalu restart sublime text

Cara Penggunaannya :
1.Blok target kode baris program yang akan dirapihkan. Contoh:

{
  -webkit-touch-callout:text;
  -khtml-user-select:text;
  -webkit-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
}

2.Tekan tombol Ctrl + Alt + A
3.Lihat hasilnya

{
	-webkit-touch-callout:text;
	-khtml-user-select   :text;
	-webkit-user-select  :text;
	-moz-user-select     :text;
	-ms-user-select      :text;
}


Post a Comment for "Plugin Sidebar & Alignment Pada Sublime Text"