Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Dan Menggunakan Email Yahoo! Mail

Cara Membuat Dan Menggunakan Email Yahoo! Mail – Hari gini membuat dan menggunakan surat elektronik atau yang disebut dengan email adalah sebuah keharusan. Banyak fasilitas yang memberikan pelayanan gratis email, namun untuk artikel ini akan menguliti lebih dalam mengenai Yahoo! Mail.
Tentu yang pertama kita harus lakukan adalah kita harus memiliki alamat e-mail pribadi untuk dapat membuat dan mengirimkan e-mail dengan cara mendaftarkannya melalui website yang melayani pandaftaran e-mail. Saat ini banyak sekali website yang menawarkan e-mail gratis, antara lain:
1. Gmail yang merupakan produk google dengan alamat situs https://www.google.com/gmail/
2. Yahoo1 Mail dengan alamat situs https://login.yahoo.com/m
3. Hotmail / OutLook.Com dengan alamat situs https://outlook.live.com/owa/
4. iCloud dengan alamat situs https://www.icloud.com/#mail
5. Aol dengan alamat situs  https://login.aol.com/
6. GMX Mail dengan alamat situs https://www.gmx.com/mail/
7. Yandex dengan alamat situs https://mail.yandex.com/
8. Mail.com dengan alamat situs  https://www.mail.com/int/
9. Lycos Mail dengan alamat situs https://www.mail.lycos.com/
10. Telkom dengan alamat situs https://mail.telkom.co.id/

A. Membuat Akun Email
Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendaftarkan e-mail melalui Yahoo!Mail:
1. Aktifkan web browser seperti Internet Explorer, Mozilla, Google Chrome, Opera atau lainnya. Lalu ketik https://login.yahoo.com/ pada address bar, kemudian tekan Enter pada keyboard.
2. klik tombol Sign Up.
3. Isilah semua data form registrasi yang muncul. Pada saat pengisian Yahoo!ID pilihlah kata-kata yang kira-kira belum pernah digunakan orang lain. Yahoo!ID ini nantinya akan menjadi mailbox kamu di Yahoo!Mail. Isikan pula Enter the code shown dengan teks yang ditunjukkan (seperti sandi).
4. Setelah itu, kita cek apakah nama mailbox yang kita tulis belum pernah digunakan orang lain sebelumnya dengan mengklik Check Availability of This ID. Apabila belum pernah maka mailbox kamu akan didaftarkan dengan ditandai tulisan Congratulations, the ID (nama ID kamu) is available! Sebaliknya, jika sudah pernah digunakan orang lain, kamu akan diminta kembali memilih mailbox dari data nama kamu.
5. Setelah sukses dengan nama mailbox, kita lanjutkan dengan mengklik tombol I agree sehingga muncul gambar Yahoo!Mail yang memberikan konfirmasi ”Pendaftaran selesai dan selamat datang ….”

B. Membuat Dan Mengirimkan E-Mail
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat dan mengirimkan e-mail adalah sebagai berikut.
1. Buka Web Browser seperti Internet Explorer, Mozilla, Google Chrome, Opera atau lainnya.
2. Ketikkan pada kotak isian address: https://login.yahoo.com/ sehingga muncul website Yahoo!.
3. Klik Sign In
4. Kita dapat langsung mengisi identitas kita dan password pada kotak isian Yahoo!ID dan Password karena kita sudah mendaftarkan e-mail kita sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan mengklik Sign in sehingga muncul kotak jendela Yahoo!Mail.
5. Klik Compose.
6. Klik Send.

Kita dapat mengetik surat atau dokumen pada kotak tempat menulis surat dalam e-mail kita secara langsung. Namun, mengingat betapa sulitnya menulis sebuah surat atau dokumen dan terkadang kita harus berkali-kali memperbaiki surat atau dokumen tersebut untuk menghasilkan sebuah surat atau dokumen yang baik dalam hal tata bahasanya, padahal kita tahu selama itu pula kita sedang menggunakan pulsa telepon. Maka, betapa mahalnya kita harus membayar pulsa telepon hanya untuk membuat sebuah surat atau dokumen. Masalah ini dapat diatasi dengan tidak mengetik secara langsung pada e-mail kita. Akan tetapi, dokumen tersebut kita ketik terlebih dahulu pada program lainnya, misalnya Microsoft Word. Setelah itu, barulah kita copy surat atau dokumen tersebut pada e-mail kita. Kita mengetahui bahwa untuk membuka Microsoft Word tidak perlu harus menggunakan pulsa telepon. Adapun langkah-langkah dari cara kedua ini adalah sebagai berikut.
a. Bukalah Microsoft Word dan ketiklah sebuah surat.
b. Setelah selesai kita mengetik surat maka klik menu Edit, pilih, dan klik submenu Select All (atau dapat pula dengan menekan tombol Ctrl + A pada keyboard secara bersamaan).
c. Klik menu Edit dan pilih, serta klik submenu Copy (atau dapat pula dengan menekan tombol Ctrl + C pada keyboard secara bersamaan).
d. Minimize-lah kotak jendela Microsoft Word tersebut (Jangan menutup Microsoft Word).
e. Selanjutnya, bukalah Web Browser. Kita dapat langsung mengisi identitas kita dan password-nya pada kotak isian Yahoo!ID dan Password karena kita sudah mendaftarkan e-mail kita sebelumnya dan dilanjutkan dengan mengklik Sign in sehingga muncul kotak jendela Yahoo!Mail.
f. Klik Compose.
g. Klik kotak surat pada e-mail kita, dilanjutkan dengan menekan tombol Ctrl + v pada keyboard secara bersamaan (atau Paste) hingga tampil sebuah surat yang dimaksud.
h. Klik send.

C. Menggunakan Carbon Copy (Cc) Dan Blind Carbon Copy (Bcc) Dalam Mengirimkan E-Mail
Kita dapat mengirimkan e-mail dengan kembali ke kotak jendela Yahoo!Mail. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengirim e-mail adalah:
1. Ketiklah pada kotak isian:
a. To: sebuah alamat e-mail yang dituju. Contoh: digitaladies@yahoo.com
b. Subject: sebuah tema atau judul dari surat atau dokumen kita. Contoh: Deskripsi Produk
c. Cc: sebuah alamat lain jika kita akan mengirimkan surat kepada dua orang sekaligus. Contoh: selenabeau@yahoo.com
d. BCc: sebuah alamat lainnya lagi jika kita akan berkirim surat kepada tiga orang sekaligus. Contoh: laurabella@yahoo.com
2. Klik Send sehingga muncul gambar yang memberikan konfirmasi bahwa surat kita sudah dikirim pada alamat e-mail yang dituju.
3. Setelah pemberitahuan ini maka surat kita sudah terkirim pada alamat e-mail yang kita tuju. Namun, jika ada masalah maka Yahoo akan memberitahukan kesalahannya.
4. Jika kita masih akan mengirimkan surat kita tersebut pada banyak alamat e-mail lainnya maka kita dapat mengulangi lagi dari langkah pertama. Namun, jika sekiranya kita sudah selesai menggunakan e-mail maka kita dapat mengklik Sign Out untuk menutup e-mail kita.

D. Melakukan Attachment File Dalam E-Mail
Dalam e-mail kita juga mengenal istilah file attach atau attachment, yaitu file lampiran yang disertakan pada sebuah e-mail yang dikirim. Adapun cara melampirkan file attach pada e-mail yang akan dikirim dan cara membuka file attach yang terlampir pada e-mail yang telah dikirim kepada kita akan kita pelajari pada bagian ini.
1. Melampirkan File Lampiran Pada E-Mail Yang Akan Dikirim
Apabila kita ingin melampirkan e-mail dengan file lampiran (attachment) maka dapat kita lakukan dengan cara:
a. Setelah surat ditulis klik tombol Attach Files.
b. Pilih dan klik file-file yang akan dikirim melalui tombol Browse.
c. Klik OK.
d. Kemudian klik tombol Send maka transfer file diproses. Tunggu beberapa detik hingga muncul kotak dialog Yahoo!Mail yang memberitahukan bahwa file sudah diikutsertakan pada e-mail.
e. Klik Send maka e-mail beserta file attach sudah siap dikirimkan bersama e-mail-nya pada alamat e-mail yang dituju. Dengan mengklik tombol Send berarti e-mail beserta file lampirannya sudah terkirim.
f. Kamu dapat mengklik Check Mail lalu klik Sent untuk membuktikan bahwa e-mail sudah terkirim.

2. Membuka Dan Menyimpan File Lampiran Dari E-Mail Yang Masuk
Sebuah e-mail yang melampirkan sebuah file ditandai dengan adanya ikon Clip (penjepit kertas) pada header. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuka dan menyimpannya ke dalam harddisk adalah sebagai berikut.
a. Aktifkan Yahoo!Mail dan ketikkan Yahoo!ID beserta password-nya.
b. Klik Mail sehingga tercantum e-mail dan file attach yang masuk (atau klik My Mail).
c. Klik Inbox agar terlihat e-mail dan file lampirannya.
d. Pada kotak daftar surat masuk, klik ganda e-mail yang mengandung file attach tersebut.
e. File attach dapat dibuka dengan mengklik ganda file attach.

E. Membalas E-Mail Yang Masuk (Reply Atau Forward)
Pengiriman ulang ke e-mail lain atau membalas e-mail yang masuk dari pengirim atau ke e-mail lainnya dapat dilakukan dengan mengklik tombol Reply atau Forward.
1. Klik Reply lalu klik Reply to sender (untuk membalas e-mail pengirim) atau Reply to everyone (beberapa e-mail lainnya). Kemudian klik Compose untuk mengetik surat balasannya dan dilanjutkan dengan mengklik Send.
2. Tampilkan kotak dialog yang menyatakan bahwa balasan sudah terkirim.

Post a Comment for "Cara Membuat Dan Menggunakan Email Yahoo! Mail"