Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelayanan World Wide Web ( WWW )

Pelayanan World Wide Web ( WWW ) - Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa keberadaan internet sudah sangat dibutuhkan untuk menambah wawasan tentang segala hal yang kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan internet kita dapat saling berkomunikasi dan mencari sebuah informasi, mencari hiburan, dan sebagainya. Informasi yang bisa kita dapatkan melalui pelayanan world wide web (www) diantaranya Homepage, Audio-Video, Email, Mailing List, File Transfer, Belanja Online, Internet Banking. Berikut penjelasannya:

1. Homepage
Homepage adalah halaman-halaman yang memuat banyak informasi tentang suatu hal. Fasilitas ini digunakan untuk menambah wawasan pengetahuan tentang segala hal yang kita inginkan, mulai dari informasi tentang pendidikan, kesehatan, keluarga, sosial, budaya, politik, dan bisnis yang ada di seluruh penjuru dunia. Misalnya, untuk dapat mengetahui program pendidikan yang ada di Departemen Pendidikan Nasional RI, kita cukup mengetik pada kotak isian alamat http://www.depdiknas.com/ maka munculah sebuah website yang memuat tentang organisasi Departemen Pendidikan Nasional beserta program-programnya.
Informasi-informasi yang ada di internet lebih aktual. Hal ini disebabkan sebuah website dapat dengan mudah kita buka tanpa memerlukan proses yang sangat lama. Kita dapat mencari informasi yang kita perlukan dengan cukup memanfaatkan Search Engine maka informasi yang kita cari tersebut dapat segera kita temukan.
Coba anda bayangkan bagaimana repotnya dulu ketika anda diminta oleh guru atau dosen untuk mencari informasi tentang suatu hal dalam waktu singkat. Maka, anda akan mencari informasi tersebut dari banyak koran, majalah, dan dari buku-buku perpustakaan. Belum lagi anda harus membuka lembar per lembar setiap koran, majalah, atau buku-buku tersebut yang banyaknya mungkin mencapai ratusan. Jika kita memanfaatkan Search Engine dalam internet, maka dalam beberapa detik saja informasi yang kita perlukan sudah ditemukan. Misalnya, kita memerlukan informasi tentang olahraga, dengan mengetik pada kotak isian pencarian artikel tersebut maka dalam beberapa detik saja daftar nama-nama website yang berhubungan dengan olahraga akan muncul.

2. Audio-Video
Fasilitas ini memberikan kesempatan kepada anda untuk mencari hiburan lewat video, game, dan music kita dapat menikmatinya tanpa harus berkunjung ke suatu tempat untuk membeli sebuah video, game, ataupun music. Belum lagi kita harus mengeluarkan banyak uang untuk itu. Video, game, dan music yang kita nikmati berasal dari situs di seluruh penjuru dunia. Hiburan yang disajikan di dalam internet dari waktu ke waktu akan diperbaharui atau di-update sehingga kita dapat mengikuti perkembangan video, game, dan music dari waktu ke waktu. Contohnya melalui situs youtube.

3. Email
E-mail berasal dari kata Electronic Mail atau surat elektronik. Fasilitas ini paling banyak digemari orang. Melalui e-mail ini kita dapat berkirim surat atau berita ke seluruh penjuru dunia tanpa harus membeli sebuah prangko dan memerlukan waktu berhari-hari. Melalui fasilitas e-mail dalam internet maka dalam waktu beberapa menit saja surat atau berita akan segera tiba di tujuan sekalipun komputer tersebut terpisah antar wilayah ataupun negara.

4. Mailing List
Mailling list adalah fasilitas internet yang memungkinkan banyak pengguna dapat berhubungan pada saat bersamaan. Mailling list sangat bermanfaat dalam melakukan diskusi, ceramah, dan perkuliahan tanpa dibatasi dengan ruang dan waktu.

5. File Transfer
Melalui fasilitas ini kita dapat mentransfer beberapa file dari komputer lain di dalam internet ke dalam harddisk pada komputer kita (proses ini sering disebut dengan istilah download) atau sebaliknya kita dapat mentransfer file yang ada di komputer kita ke komputer lain yang terhubung internet (proses ini dikenal dengan istilah upload).

6. Belanja Online
Saat ini telah banyak bermunculan situs yang menawarkan belanja secara online, artinya untuk membeli barang, kita tidak perlu datang ke toko atau pabrik pembuatan barang tersebut. Kita cukup duduk di depan komputer, mencari barang yang diinginkan, memesan, dan membayarnya. Biasanya ada dua pilihan pembayaran, yaitu pembayaran secara online dengan menggunakan fasilitas kartu kredit atau pembayaran secara tunai saat barang pesanan sudah tiba di rumah.

7. Internet Banking
Saat ini sudah banyak bank, baik milik pemerintah maupun swasta yang memberikan layanan Internet Banking atau Electronic Banking. Melalui layanan ini nasabah tidak perlu datang langsung ke bank yang dimaksud untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, seperti transaksi pembayaran dan transaksi antar rekening nasabah. Demikianlah fasilitas-fasilitas yang ada di dalam internet sehingga kita dapat memanfaatkannya dalam segala aspek kehidupan kita sehari-hari.

Post a Comment for "Pelayanan World Wide Web ( WWW )"