Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Akses Internet Melalui Perangkat Komputer

Cara Akses Internet Melalui Perangkat Komputer - Setelah semua hardware dan software yang dibutuhkan tersedia, maka berikutnya adalah langkah-langkah persiapan untuk mengakses internet. Berikut penjelasannya step by step :

a. Membuat Ikon Dial-Up Connection
Dial-up connection merupakan koneksi antara komputer dalam jaringan internet dengan menggunakan modem dan melalui saluran telepon. Dial-up connection dapat dilakukan jika kita telah membuat terlebih dahulu ikon Dial-Up Connection. Ikon tersebut nantinya akan digunakan dalam berkomunikasi untuk mendapatkan informasi dalam jaringan internet.
Adapun langkah-langkah membuat ikon Dial-Up Connection, yaitu:
1) Klik Start >>> Programs >>> Accessories Communications >>> Network Connections, setelah itu akan tampil kotak jendela Network Connections.
2) Klik ikon Create a new connection dan akan muncul kotak jendela New Connection Wizard.
3) Klik Next. Pada kotak pilihan klik pilihan Connect to the Internet lalu klik Next. Selanjutnya, pada kotak pilihan berikutnya, klik pilihan Set up my connection manually, lalu klik Next.
4) Setelah muncul kotak New Connection Wizard, klik pilihan Connect using a dial-up modem, kemudian klik Next.
5) Pada kotak isian ISP Name, ketik My Connection, kemudian klik Next. Pada kotak isian Phone number apabila ada menggunakan Telkomnet, ketiklah nomor dial Telkomnet, yaitu 080989999, kemudian klik Next.
6) Pada kotak dialog selanjutnya isikan user name dan password pada kotak yang tersedia. Klik Next maka akan tampil kotak dialog New Connection Wizard yang memberitahukan bahwa kita telah berhasil melakukan setting koneksi untuk terhubung ke internet, kemudian kliklah tombol Finish. Kliklah kotak jendela Network Connections maka akan muncul sebuah ikon My Connection. Selesai !

b. Setting TCP/IP
Setelah muncul ikon My Connection pada kotak jendela Network Connections maka langkah selanjutnya adalah setting kode protokol TCP/IP sehingga komputer dapat terhubung dengan ISP yang kita gunakan dalam mengakses internet. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1) Buka kembali kotak jendela Network Connections >>> klik kanan ikon My Connection yang baru kita buat. Pilih dan klik Properties.
2) Setelah itu, muncullah kotak dialog My Connection Properties.
3) Klik tab Networking dan hilangkan tanda check list (􀀳) pada:
- IPX/SPX Compatible.
- File and Printer Sharing for Microsoft Networks.
- Client for Microsoft Networks. Biarkan atau beri tanda check list (􀀳) pada:
- Internet Protocol TCP/IP.
- QoS Packet Scheduler.
4) Setelah itu klik TCP/IP Setting maka akan muncul kotak dialog TCP/IP Setting:
5) Klik tombol pilihan Obtain an IP address automatically dan Use the following DNS server addresses.
6) Isikanlah kode pada kotak isian Preferred DNS dan Alternate DNS server yang telah diberikan pada saat kamu mendaftarkan diri ke ISP. Bagi yang menggunakan Telkomnet Instan silakan seperti dibawah ini:
Preferred DNS : 202.134.0.155
Alternate DNS : 202.134.2.5

c. Membuat Shortcut Ikon My Connection pada Desktop
Shortcut ikon My Connection digunakan sebagai jalan pintas koneksi dengan ISP yang kita gunakan. Cara membuat shortcut My Connection yang akan kita munculkan pada desktop sebagai berikut.
1) Klik kanan ikon My Connection pada kotak jendela Network Connections tersebut.
2) Pilih dan klik Create Shortcut maka akan muncullah kotak dialog shortcut untuk meminta konfirmasi apakah kita akan meletakkan shortcut tersebut pada desktop.
3) Klik tombol Yes yang berarti kita akan meletakkan shortcut pada desktop.
4) Tutuplah kotak jendela Network Connections dengan cara mengklik tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas kotak jendela.
5) Akhirnya, kita akan melihat sebuah ikon baru dengan nama Shortcut to My Connection. Shortcut to My Connection pada desktop ini akan digunakan setiap kali kita akan menghubungkan komputer kita ke internet tanpa harus masuk ke kotak jendela Dial-Up Connection.

d. Koneksi Komputer ke ISP
Setelah Shortcut to My Connection muncul pada desktop maka setiap kali kita akan menghubungkan komputer ke jaringan internet, terlebih dahulu harus menghubungkan komputer kepada ISP sebagai protokol yang kita gunakan. Jika komputer sudah terhubung ke ISP maka komputer sudah siap untuk menjelajahi dunia internet. Adapun langkah-langkah menghubungkan komputer pada ISP adalah sebagai berikut.
1) Kilik ganda ikon Shortcut to My Connection pada desktop sehingga muncul kotak dialog Connect My Connection.
2) Isikanlah pada kotak isian User name, Password, Dial number sesuai dengan user name, password, dan nomor telepon yang telah diberikan ISP pada saat mendaftarkan diri. Bagi anda yang menggunakan Telkomnet Instan maka silakan isi kotak isian sebagai berikut:
User name : telkomnet@instan (semua huruf kecil)
Password : telkom (semua huruf kecil)
Dial : 080989999
3) Simpanlah user name dan password tersebut dengan memberi tanda check list (􀀳) pada kotak isian Save this user name and password for the following users. Hal ini dilakukan agar kita tidak perlu lagi mengisi password untuk setiap kali kita terhubung ke internet.
4) Klik Dial untuk menghubungkan ke ISP sehingga muncul kotak dialog Connecting to My Connection yang berarti modem kita sedang memanggil modem ISP yang kita gunakan, misalnya telkom.
5) Setelah proses dialing berjalan dengan lancar tanpa ada permasalahan yang muncul maka pada kotak dialog tersebut akan muncul teks yang bertuliskan status: Verifying user name and password yang berarti monitor ISP sedang memeriksa user name dan password yang telah kita ketik pada kotak dialog Connecting to My Connection.
6) Jika proses berjalan dengan lancar tanpa adanya permasalahan yang muncul maka secara langsung kotak dialog Connecting to My Connection menjadi ikon koneksi dengan gambar dua buah komputer yang terletak pada taskbar.
7) Jika dalam proses koneksi pada langkah 5 dan 6 di atas belum berhasil maka kita belum dapat mengakses internet. Dengan demikian, kita harus mengulangi langkah tersebut hingga muncul gambar ikon koneksi pada taskbar.
8) Setelah gambar ikon koneksi muncul pada taskbar berarti kita telah siap untuk menjelajahi dunia internet yang begitu luas dan mengagumkan.

Menjalankan Internet
Setelah ikon koneksi muncul pada status bar berarti kita sudah dapat menjalankan internet dengan langkah sebagai berikut.
→Klik internet melalui Start menu atau klik ganda ikon Internet Explorer pada desktop. Sehingga kita akan melihat kotak jendela Internet Explorer dengan homepage Microsoft Network (MSN).
→Sekarang cobalah kamu ketik pada kotak isian Address alamat website tertentu seperti https://digitaladies.blogspot.com/ kemudian tekan Enter maka anda akan mendapati sebuah halaman homepage website digitaladies. Demikian seterusnya setiap kali kita ingin mengunjungi sebuah website tertentu kita dapat mengetikkan alamat website pada kotak isian Address.

Mengakhiri Internet
Langkah yang dapat dilakukan untuk mengakhiri internet adalah dengan mengklik tombol Close (X) pada pojok kanan atas jendela Microsoft Internet Explorer.
Ingat bahwa dengan mengakhiri atau menutup Microsoft Internet Explorer bukan berarti bahwa kita sudah terputus dari internet (Disconnect). Menutup atau memutuskan hubungan dengan internet dapat dilakukan dengan cara berikut:
→Klik ikon koneksi (yang dilambangkan dengan dua buah komputer) yang terdapat pada bagian kanan taskbar. Maka, akan keluar kotak dialog My Connection Status. Pada kotak ini kita dapat melihat seberapa lama kita telah menggunakan pulsa telepon untuk mengakses internet yang akan memengaruhi besar kecilnya tagihan pulsa telepon yang kita gunakan.
→Klik tombol Disconnect yang berarti kita sedang memutuskan hubungan komputer kita ke ISP (Internet Service Provider).
→Matikanlah modem jika kita menggunakan modem eksternal.

PERHATIAN:
● Jika kita hanya menutup Internet Explorer berarti kita belum terputus dengan ISP, artinya pulsa telepon masih kita gunakan.
● Jika kita lupa mengklik Disconnect dan masih berlama-lama menggunakan komputer untuk membuka program lainnya maka kita masih tetap dihitung menggunakan pulsa telepon. Jika ini terjadi maka tagihan pulsa telepon kita akan membengkak.
● Oleh sebab itu, setelah kita menutup Internet Explorer maka segeralah untuk menekan tombol Disconnect seperti pada langkah kedua di atas agar tagihan pulsa telepon kita tidak membengkak.

Post a Comment for "Cara Akses Internet Melalui Perangkat Komputer"