Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap Mengulas Soal Email Yang Wajib Kamu Tahu

Lengkap Mengulas Soal Email Yang Wajib Kamu Tahu - Hari gini siapa sich yang tidak memiliki email ???... Saya rasa untuk generasi yang lahir tahun 1990, hampir memiliki apa yang dinamakan dengan email. Ibarat rumah, email adalah alamat rumah tersebut. Ibarat identitas seseorang, email adalah ktp atau sim. dalam dunia maya email merupakan alamat resmi seseorang yang digunakan untuk berintearksi dalam setiap kegiatan yang kita lakukan dengan menggunakan fasilitas internet. Apapun yang kita lakukan dalam dunia internet, selalu meminta konfirmasi email. Sehingga setiap orang menjadi sebuah keharusan untuk memiliki paling tidak 1 buah alamat email.

surat electronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jariangan komputer seperti internet
Email


Email tidak hanyak diperlukan hanya untuk kalangan pebisnis saja. Banyak interaksi dalam dunia internet membutuhkan konfirmasi alamat email, mulai dari hal penting sampai hal yang sekedar hiburan. Sebagai contoh ketika kita ingin mendaftar dan menggunakan sebuah media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path, pinterest, dan lain sebagainya, pastinya media sosial tersebut meminta alamat email kita. Setelah terdaftar pun, untuk login/masuk ke akun yang sudah buat, biasanya diperlukan alamat email juga. walaupun saat ini baik untuk pendaftaran ataupun untuk login secara optional kita juga bisa menggunakan no hp pribadi kita.

Interaksi lainnya seperti kita belanja online. Saat ini belanja online sudah menjadi bagian passion manusia abad sekarang. Online shop pun banyak bertebaran di dunia internet mau dari yang skala kecil ataupun skala raksasa, seperti amazone, alibaba, aliexpress, bukalapak, lazada, tokopedia, zalora, shopee, dan masih banyak lagi kalau kita searching di internet. Ketika kita ingin berbelanja di lapak-lapak online tersebut, biasanya kita diminta untuk mendaftar sebagai buyer/pembeli dengan menggunakan alamat email. Tanpa alamat email, kita tidak bisa berbelanja di online shop tersebut.

Ketika kita ingin belajar online pada suatu websiter tertentu, untuk mendaftar keanggotaan kita diminta untuk memasukkan alamat email, begitu juga ketika kita login. Contoh lainnya, ketika kita ingin mencari income secara online, pasti memerlukan alamat email. Jadi alamat email ini sangat penting dan harus punya, ketika kita ingin berinteraksi dengan dunia internet.

Lalu apa sich email itu?. Email adalah singkatan dari electronic mail atau kalau dalam bahasa indonesia surat elektronik yang sering orang sebut dengan surel. berdasarkan wikipedia email/surat electronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jariangan komputer seperti internet. Dulu orang kirim mengirim surat dengan menggunakan jasa pos, namun setelah ada email kegiatan surat menyurat tersebut memiliki cara yang berbeda juga mengikuti sesuai dengan zaman dan teknologi.

Surat elektronik sendiri sudah ada sebelum ada komputer dan jaringan internet, Sekitar tahun 1960-an. Karena untuk periode komputer sendiri oleh para ahli zaman dulu ditetapkan 1 januari 1970. Konsep email atau surel ini pertama kali diperkenalkan akhir tahun 1971 oleh Ray Tomlinson yang saat itu bekerja pada sebuah lembaga pertahanan Amerika Serikat. Dia adalah orang yang mengirim surel untuk pertama kalinya. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan lambang @ "Indonesia dibaca ET" sebagai identitas email untuk memisahkan antara Identitas pengguna dengan domain. @ "bahasa inggris ditulis AT" artinya adalah "kepada".

Setelah tahu sedikit soal sejarahnya, selanjutnya apa sich manfaat surel/email ini secara umum. Banyak sekali manfaat surel ini:
• Email membuat kita bisa mengirim pesan secara online dan realtime kapanpun dimanapun kepada setiap orang diseluruh dunia asal ada jaringan internet
• Email memungkinkan kita mengirim pesan selain pesan text, sepeti video, foto, file lain dan lain sebagainya.
• Email memungkinkan untuk bisa berbelanja online dengan mudah dan cepat
• Email bisa digunakan untuk mendaftar belajar secara online
• Email bisa digunakan sebagai sarana awal untuk mencari income secara online
• Email digunakan untuk menggunkan suatu perangkat komunikasi seperti smartphone, yang memerlukan konfirmasi email

Manfaat email selain yang saya sebutkan diatas, tentunya masih banyak lagi. Saat ini banyak sekali layanan penyedia email. Karena itu kita bebas ingin membuat email dengan platform atau jenis apapun. Namun sebaiknya ada beberapa fitur yang sebaiknya kita pertimbangan ketika kita ingin membuat sebuah email. Berikut fitur-fitur email yang bisa kita gunakan untuk pertimbangan membuat sebuah alamat email sesuai dengan kebutuhan kita :
• User Friendly : memilih email yang mudah digunakan oleh banyak orang banyak. Sehingga untuk menggunakannnya kita tidak perlu pelatihan khusus.
• safety : sebaiknya untuk memilih suatu jenis email, kita mempertimbangkan tingkat keamananannya. Dalam dunia modern dan serba canggih, peretasan suatu email sudah menjadi berita umum. Karena itu perlu bagi kita untuk mempertimbangkan bagaimana penyedia layanan email memiliki fitur yang dapat mengamankan akun user dan mengamankan juga datanya.
• Reputation : memilih penyedia layanan email, sebaiknya perhatikan juga reputasinya sebagai penyedia layanan email. Karena email akan menjadi potongan informasi pertama yang akan sampai bagi penerima email, terutama dalam hal bisnis.
• Spam Filter : pilihlah layanan email yang menyediakan kategory kotak spam secara khusus, sehingga kita tidak perlu membuang waktu untuk membaca pesan sampah, ataupun repot menyaring pesan sampah tersebut.
• Storage : Pilihlah penyedia email yang menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar bagi tiap-tiap user akun. Kita menggunakan email tidak dalam waktu yang singkat.
• Reliability : sebuah akun email sebaiknya bisa dihandalkan menyediakan data email setiap saat atau digunakan setiapa saat.
• Integration : sebuah layanan email sebaiknya dapat menyediakan perangkat-perangkat lain yang akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi penggunaan email, terutama untuk kebutuhan bisnis. Seperti notes, kalender dan lain sebagainya.
• Archiving Ability : rekaman pesan yang terorganisir dengan baik akan sangat penting, karena itu pilihlah penyedia layanan email yang bisa mengamankan, menyimpan, dan mengatur pesan email ataupun email yang masih menjadi draft.
• Advanced Feature : pilihlah penyedia layanan email yang menyediakan fitur yang sesuai dengan perubahan zaman dan kebutuhan kita pribadi.

Fitur-fitur email tersebut menjadi pertimbangan optional ketika kita ingin memilih dan membuat sebuah email. Pertimbangan lain, kita bisa membuat email berdasarkan jenisnya. Jenis-jenis email ada 3, yaitu :

1. POP Mail (Email berbasis POP)
POP Mail adalah singkatan dari Post Office Protocol, dimana e-mail jenis POP MAIL menggunakan server pop. Semua komputer yang digunakan untuk mengirim surel/email dengan menggunakan server pop, maka semua akun e-mail pengguna akan disimpan secara langsung ke tempat direktori penyimpanan.
mekanisme jenis email ini, biasanya pemilik akun sebuah email akan menghubungi server, sehingga server akan mengirim secara otomatis secara bersamaan ke email computer client. sebaliknya apabila si pengguna atau pemilik akun akan mengirimkan sebuah email maka email tersebut akan di kirim dulu ke server, setelah itu server akan meneruskan ke alamat email yang dituju.
jenis email POP Mail ini tidak bisa dibuka disembarang tempat, karena harus menggunakan komputer yang sudah disetting dan dikonfigurasi unutk menggunakan email pop up ini. namun kelebihannya kita bisa membaca sebuah email dalam waktu yang lama tanpa harus terkoneksi dengan internet. tapi walau begitu, ketika kita ingin mengecek email baru, kita tetap memerlukan sambungan internet untuk mendownload email baru, begitu juga ketika ingin mengirim email.
contoh email berbasis POP (POP MAIL):
• Eudoro
• Pegasus
• Netscape Communicator
• MS Outlook Express
• dan lain-lain

2. E-mail Forwarding
E-mail Forwarding adalah layanan email yang mekanisme kerjanya hanya meneruskan email yang diterima untuk diteruskan kepada alamat email yang dituju. email ini sangat cocok digunakan bagi orang-orang suka berganti email. E-mail dengan jenis ini sangat mudah bagi penggunakanya untuk menyembunyikan alamat email aslinya dan berganti-ganti email baru tanpa harus membuat laporan ke email yang lama. karena e-mail tersebut hanya bersifat sebentar atau sementara, dan harus mengulang E-mail yang diterima kepada alamat e-mail yang lain. Sehingga e-mail tersebut membutuhkan waktu agar pesan E-mai sampai kealamat e-mail tujuan.

3. Web based mail ( e-mail berbasis web)
Web Based Mail adalah jenis email yang banyak digunakan saat ini. jenis email ini berbasis pada akses halaman website penyedia layanan email. untuk akses email jenis ini, kita harus selalu terkoneksi dengan internet baik untuk mengecek email, mengirim emai, ataupun membuat draft email. email jenis ini bisa dibuka dimana saja dan kapanpun, tanpa memerlukan setting atau konfigurasi perangkat yang kita gunakan. jenis-jenis email berbasi web ini diantaranya yang sering digunakan :

Gmail
email milik google
Gmail
gmail adalah email berbasis web yang dimiliki oleh raksasa search engine google. yang diluncurkan pada tanggal 1 april 2004, Gmail diciptakan oleh paul buchheit, dia juga salah satu orang yang membangun prototype google adsense yang merupakan bagian dari project gmail saat itu. pengguna gmail saat ini sudah mencapai 1,4 trilliun lebih dan memfasilitasi 72 bahasa. gmail memiliki storage atau ruang penyimpanan yang sangat besar yaitu 15Gb. kelengkapan fitur gmail sangat memuaskan, dan selalu updated. tampilannya pun menarik dan mudah digunakan bagi siapapun. Kunjungi situs resmi Gmail

Yahoo! Mail


email milik yahoo
Yahoo! Mail
Yahoo! Mail adalah perintis layanan email gratis yang diluncurkan untuk pertama kali tanggal 8 oktober 1997. saat ini yahoo memiliki pengguna aktif setiap bulannya sekitar 225 milyar orang. yahoo bahkan diklaim sebagai penyedia email yang memiliki storage sampai 1000gb.. wow luar biasa bukan !. karena itu yahoo sangat terkenal dengan aplikasi chattingnya, yaitu yahoo massenger. Kunjungi situs resmi Yahoo! Mail 

Hotmail / OutLook.Com


Email Milik Microsoft
Outlook Mail
Windows Live Hotmail, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama MSN Hotmail dan seringkali hanya disebut dengan Hotmail. Hotmail adalah penyedia layanan email milik microsoft yang diciptakan oleh sabeer bhatia dan jack smith, diluncurkan pertama kali pada 4 juli 1996, penggunanya hampir 500 juta orang dengan memfasilitasi 106 bahasa. Dan sekarang sudah berubah menjadi outlook mail. Kunjungi situs resmi hotmail/outlook.com

iCloud

icloud mail adalah layanan email multibahasa yang dikembangkan oleh apple inc. pertama kali diluncurkan 6 juni 2011. dan untuk versi stabilnya di release teakhir 1 juni 2018. Kunjungi situs resmi iCloud

AOL Mail

Aol Mail
AOL Mail

AOL Mail adalah layanan email berbasis web gratis (webmail) yang disediakan oleh AOL. Layanan tersebut kadang-kadang dirujuk sebagai AIM Mail di mana AIM adalah singkatan dari AOL Instant Messenger yang merupakan layanan pesan instan milik AOL. pertama kali diluncurkan tanggal 21 maret 1993 dan mendukung 54 bahasa. ruang penyimpanan aol tidak terbatas, namun sayang brandnya tidak sepamor gmail dan yahoo. Silakan kunjungi situs resmi Aol Mail.

GMX Mail

Global Mail Exchange adalah layanan e-mail gratis yang merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh United Internet
GMX Mail

GMX Mail atau Global Mail Exchange adalah layanan e-mail gratis yang merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh United Internet, sebuah perusahaan layanan internet milik Jerman yang mendirikan GMX Mail pada tahun 1997 GMX Mail memiliki storage 5 GB dan storage tambahan 2 GB. silakan kunjungi situs resmi GNX Mail

Yandex Mail

mesin pencarian terbesar di Rusia yang dimiliki oleh perusaaan multinasional
Yandex Mail

Yandex adalah mesin pencarian terbesar di Rusia yang dimiliki oleh perusaaan multinasional. Yandex juga menyediakan layanan email gratis dengan termasuk perlindungan spam dan virus. Yandex menawarkan ruang penyimpanan yang tidak terbatas — dimulai dengan kotak email 10 GB dan ditambahkan ke penyimpanan setiap kali Anda memiliki sisa kurang dari 200 MB. Jadikan email Anda lebih mudah dengan menggunakan label, tombol pribadi, dan hot keys. Juga, melihat lampiran email seperti file media dan gambar dari dalam pesan.kunjungi situs resmi Yandex.

Mail.Com

portal web dan penyedia email service berbasis web yang dimiliki oleh Jerman internet company United Internet
Mail.Com

Mail.com adalah portal web dan penyedia email service berbasis web yang dimiliki oleh Jerman internet company United Internet. Mail.com menawarkan artikel berita dan videos dan aplikasi webmail gratis dengan unlimited storage.pertama kali diluncurkan tahum 1995. sayangnya hanya memfasilitasi 6 bahasa. Silakan kunjungi situs resmi Mail.Com

Lycos Mail

mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas
Licos Mail

Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994. kunjungi situs resmi Lycos Mail 

Telkom Mail Indonesia

penyedia layanan email milik perusahaan indonesia
Telkom Indonesia

Telkom Mail adalah penyedia layanan email gratis milik indonesia. walaupun ruang penyimpanannya sedikit, namun aksesnya sangat cepat. silakan kunjungi situs resmi Telkom Indonesia.


Pembahasan email ini saya bahas, karena menurut saya sangat penting ketika kita baru akan memulai interaksi dengan dunia internet. Khususnya dalam dunia blogging. Untuk membuat blogging kita membutuhkan modal email, sehingga kita bisa mengakses sebuah blog dan mengembangkannya. Selanjutnya saya akan membahas bagaimana membuat email. Ditunggu saja artikel selanjutnya.


Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik
https://en.wikipedia.org/wiki

  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Post a Comment for "Lengkap Mengulas Soal Email Yang Wajib Kamu Tahu"