Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lakukan Setting Entry Pada Bagian Sidebar Blogspot Supaya Mendatangkan Traffic Pengunjung

Lakukan Setting Entry Pada Bagian Sidebar Blogspot Supaya Mendatangkan Traffic Pengunjung – menurut saya, sebagai blogger pemula kita perlu tahu bagaimana melakukan setting entry pada blogspot, selain kita paham cara membuat posting artikel pada blog kita. Karena apabila kita paham mengenai bagaimana melakukan setting entry pada blogspot, kedepannya kita bisa memaksimalkan apa itu yang dinamakan dengan SEO. Namun untuk blogger pemula, sepertinya kita tidak perlu repot dulu memikirkan apa itu SEO. Menulis artikel sebanyak-banyaknya saja untuk blogger pemula, sudah sangat membantu untuk perkembangan blog selanjutnya. Namun setidaknya kita tahu bagaimana melakukan setting entry pada blogspot untuk artikel yang kita buat. intinya ketahui dulu saja teknik bagaimana melakukan setting entry blogspot ini.

Setting entry atau setelan entri dari artikel yang kita tuliskan pada halaman posting blogspot, letaknya ada dibagian sebelah kanan halaman posting. Pada bagian inilah kita bisa mengatur setting dari artikel yang akan kita terbitkan di halaman blog. Ada 6 jenis  setting yang bisa kita atur :

bagaimana mengatur setting pada setelan entri atau post setting
Post Setting / Setting Entri


a. Label
Fungsi dari label untuk menandai suatu artikel, dengan menandai suatu artikel akan sangat memudahkan ketika kita ingin mengelompokkan artikel-artikel tersebut menjadi sebuah kelompok halaman statis atau ketika kita ingin membuat sebuah page/halaman. Fungsi label juga memudahkan kita untuk melakukan pencarian, apabila artikel yang kita buat sudah sangat banyak. Fungsi pelabelan ini juga membantu menaikkan SEO kita dimata mesin pencari google, karena memudahkan pengunjung blog kita mencari artikel yang dibutuhkan. Berilah label artikel kita menjadi sebuah pengelompokan yang lebih khusus dan singkat. Untuk nama label, kita bisa sesuaikan dengan tema blog yang kita buat. sebagai contoh kita membuat blog online shop yang menjual pakaian. Kita bisa buat label seperti : pakaian anak-anak, pakaian dewasa, baby, underwear, dll...

b. Jadwal
Jadwal ini kita gunakan untuk menjadwalkan kapan artikel kita akan diterbitkan, kita bisa pilih 2 option, yaitu memilih untuk secara otomatis tampil di halaman blog, ketika kita menekan button ‘publish’ atau ‘publikasikan’ pada halaman posting. Atau kita juga bisa mengatur jadwal hari dan jamnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

c. Tautan Permanen
Tautan permanen ini berfungsi untuk membuat alamat URL dari artikel yang kita buat. alamat URL ini bisa kita tautkan dalam judul artikel yang kita buat ataupun dalam artikel yang kita buat, atau yang kita sebut dengan internal link. Tautan Permanen ini juga bisa kita sematkan pada artikel kita yang lain, apabila ada saling keterkaitan topik pembahasan. Tautan Permanen ini juga bisa digunakan untuk artikel orang lain, apabila artikel kita menjadi referensi tulisan artikel orang lain. untuk membuat tautan permanen ini, blogspot memberikan 2 option. Pertama tautan dibuat secara otomatis, biasanya berdasarkan dari judul artikel yang kita buat. atau kita bisa meng-custom sendiri tautan ini. biasanya kenapa orang ingin membuat tautan sendiri atau meng-customnya sendiri, karena tautan permanen otomatis yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan si penulis/blogger, terutama penulis/blogger yang sangat aware dengan SEO blognya. Untuk masalah tautan permanen ini, biasanya si blogger atau penulis membuat tautan sendiri yang lebih sederhana dan mudah diingat.

d. Lokasi
Untuk lokasi kita bisa lengkapi, terutama ketika kita membidik satu sasaran tempat demografi tertentu untuk artikel yang kita buat, contoh kita membuat artikel dengan menggunakan bahasa inggris, dan kita ingin membidik visitor atau pengunjung dari luar. Kita bisa saja membuat lokasi kita menjadi negara lain. contoh united states.

e. Deskripsi penelusuran
Deskripsi penelusuran adalah sebuah teknik bagaimana sebuah atikel kita bisa ditemukan oleh mesin pencari google dengan kata kunci tertentu, semakin banyak isi dari deskripsi penelusuran ini sangat baik, tapi bukan berarti kita melakukan spam, karena akibatnya akan fatal. Bisa saja artikel kita akan dihapus secara otomatis oleh google, bahkan sampai dengan banned akun blog kita. biasanya untuk deskripsi penelusuran pertama yang saya tuliskan adalah judul artikelnya dulu, baru deskripsi turunan lainnya. deskripsi penelusuran ini, erat kaitannya dengan analisa kata kunci. Untuk lain kesempatan saya akan buat artikel analisa kata kunci dalam blog ini.
Buatlah deskripsi penelusuran yang relevan dengan isi artikel yang kita buat, sederhana dan mudah diingat, bayangkan bagaimana orang awam bisa menemukan artikel kita pada mesin pencari google, kira-kira kata apa yang bisa mereka masukkan pada kotak pencarian google. selain kita memperhatikan pada analisa kata kunci.
Contoh : bagaimana melakukan setting entry blogspot untuk blogger pemula, setting entry blogspot, belajar setting entry blogspot, dan lain sebagianya...

f. Pilihan
Pada setting pilihan ini, blogspot memberikan kita untuk mengatur setting tambahan seperti Komentar Pembaca untuk diizinkan berkomentar atau tidak. Kemudian kita bisa mengatur Mode Tulis untuk HTML apakah akan ditampilkan secara apa adanya atau ditafsirkan ketika diketik. Selanjutnya kita bisa memilih untuk membuat Baris Baru dari artikel kita, apa menggunakan tag <br> yang ada pada HTML atau menggunakan tombol enter pada keyboard.

Untuk penjelasan mengenai setting entry pada blogspot ini, sebenarnya sudah selesai. Ada sedikit tambahan saja, kalau kita mengalami masalah pada saat melakukan posting, atau melakukan setting entry posting artikel kita, lalu kita menemui kendala. Blogspot memfasilitasi masalah ini, kita bisa segera mengirim masalah tersebut atau masukkan kita kepada contact service blogspot, dengan meng-klik tombol Kirim masukan ( g ). Tuliskan saja apa masalahnya dikolom yang disediakan disertai dengan screenshot dari bagian yang menjadi masalah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang baru memulai aktivitas bloggingnya.

Happy blogging guys!!!....


  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.

Post a Comment for "Lakukan Setting Entry Pada Bagian Sidebar Blogspot Supaya Mendatangkan Traffic Pengunjung"