Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pseudo Class Target Pada CSS

Pseudo Class Target Pada CSSPseudo Class merupakan kelas semu yang dimiliki oleh sebuah elemen HTML, yang membuat kita dapat mendefinisikan style pada  keadaan tertentu dari elemen tersebut. Sedangkan berdasarkan Mozilla Pseudo class :target adalah sebuah pseudo-class yang merepresentasikan sebuah element unik dengan id yang sama dengan penggalan identifier pada URI ( uniform Resource Identifier ). Berikut uraian mengenai apa itu yang dimaksud dengan element unik, penggalan identifier, dan URI.
● URI adalah uniform resources identifier berupa tulisan yang kita tuliskan pada address bar.
●Penggalan identifier adalah sebagian dari tulisan yang kita tulis pada address bar dengan menggunakan tanda # sebagai pemanggil id diikuti dengan bagian element unik tertentu. Biasanya penggalan identifier ini berupa tag link atau tag <a> yang di dalamnya terdapat atrubut href untuk menampung link yang ingin kita kaitkan pada bagian halaman website tertentu atau halaman website lain tergantung kebutuhan.
● Element unik adalah element html yang memiliki id yang sama dengan penggalan identifier yang muncul atau dituliskan pada URI.

menjelaskan apa itu pseudo class target pada css dan bagaimana menggunakannya
Pseudo Class Target
Implementasi Pseudo Class :target Untuk Halaman HTML Berikut :

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Pseudo Class Target</title>
 <style>
  :target {
   background-color: yellow;
  }
 </style>
</head>
<body>
 <h1 id="judul">Element Unik</h1>

 <p>Paragraph 1</p>
 <p>Paragraph 2</p>
 <p>Paragraph 3</p>
</body>
</html>

menjelasakan secara detail bagaimana menggunakan pseudo class dan hasilnya
Implementasi Pseudo Class Target

Jadi pseudo class :target maksudnya adalah element apapun yang id ditarget melalui URI, maka CSS-nya akan aktif. Style dalam hal ini adalah warna background-nya menjadi warna kuning.

Di atas sudah dijelaskan bahwa bentuk dari penggalan identifier biasanya berupa tag link atau tag <a>. Dengan begitu pseudo class :target akan memanfaatkan penggalan identifier tersebut.

Biasanya untuk menampilkan penggalan identifier di URI, user jarang bahkan tidak melakukan secara manual seperti contoh di atas, dimana kita menuliskan penggalan identifier di URI secara manual atau menuliskannya sendiri pada URI. Biasanya untuk itu kita membutuhkan link tag link atau tag <a> untuk menampilkan penggalan Identifier di dalam URI secara otomatis ketika suatu link diaktifkan, karena tag <a> memiliki atribut href yang bisa digunakan untuk pemanggilan id. 

Perhatikan halaman HTML di bawah ini. Halaman website di atas diperbaiki dengan menambahkan tag <ul>yang di dalamnya terdapat tag <li> yang berfungsi untuk menghubungkan ke judul dan paragraph target. Dimana di dalam masing-masing tag <li> terdapat tag <a>, karena tag <a> memiliki atribut href yang bisa dimanfaatkan untuk menampilkan penggalan identifier melalui pemanggilan id sebuah element. Sehingga ketika id sebuah element dipanggil, CSS yang diberikan pada masing-masing element akan aktif. Untuk kasus ini style warna background berubah warna sesuai dengan style yang sudah diberikan.

Catatan untuk memberikan style gunakan selector berdasarkan class. Karena penggunaan id bebannya lebih berat dibanding dengan menggunakan class. Kalau id pada halaman HTML di bawah ini, hanya dimanfaatkan untuk implementasi pesudo class : target.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Pseudo Class Target</title>
 <style>
  .judul:target {
   background-color: yellow;
  }
  .p1:target {
   background-color: pink;
  }
  .p2:target {
   background-color: turquoise;
  }
  .p3:target {
   background-color: chartreuse;
  }
 </style>
</head>
<body>
 <h1 id="judul" class="judul">Element Unik</h1>
 <ul>
  <li class="judul"><a href="#judul">Aktifkan judul</a></li>
  <li class="p1"><a href="#p1">Aktifkan Paragraph 1</a></li>
  <li class="p2"><a href="#p2">Aktifkan Paragraph 2</a></li>
  <li class="p3"><a href="#p3">Aktifkan Paragraph 3</a></li>
 </ul>

 <p class="p1" id="p1">Paragraph 1</p>
 <p class="p2" id="p2">Paragraph 2</p>
 <p class="p3" id="p3">Paragraph 3</p>
</body>
</html>

bagaimana menggunakan pseudo class untuk membuat link pada halaman website
Implementasi Pseudo Class Target Untuk Link
Implementasi Pseudo class :target biasanya banyak digunakan untuk membuat website seperti galleri foto, slide show, menghubungkan satu bagian tertentu pada halaman sebuah website, dan lain sebagainya.
Sekian untuk catatan ini, semoga bisa menambah wawasan tentang penggunaan pseudo class yang banyak jenisnya.

Happy Blogging 😃😃😃...




Post a Comment for "Pseudo Class Target Pada CSS"