Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan File Ads.txt Pada Blogspot

Cara Mengaktifkan File Ads.txt Pada Blogspot – Bagi para pemula blogger yang baru memiliki akun adsense, mungkin belum familiar mendengar file ads.tx. Namun ketika kita mendapat notifikasi di bawah ini, kita tentunya akan mencari tahu apa itu file ads.txt.
Bahasa Inggris:
 "Earning at risk - one or more of your ads.txt file doesn't contain your AdSense Publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue."
Bahasa Indonesia:
 "Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."

Ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah inisiatif/prakarsa dari IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital para publisher/penerbit adsense hanya dijual melalui penjual resmi seperti AdSense yang telah teridentifikasi. Membuat file ads.txt sendiri bagi para publisher adsense memberi kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs kita sendiri dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan. Sebenarnya File ini dibuat sebagai solusi untuk melakukan perlawanan terhadap spoofing domain. Sehingga pembeli dapat memeriksa apakah penjual adalah sumber inventaris yang sah dan bersertifikat. Dengan begitu bisa memaksimalkan untuk menghentikan scammers dalam menghasilkan uang pada pasar digital dengan menghalangi terlebih dahulu penjualan inventori yang tidak sah.

Penggunaan ads.txt tidak wajib, namun sangat disarankan. File ads.txt dapat membantu para pembeli juga untuk mengidentifikasi inventaris palsu dan membantu para publisher adsense menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang pada kasus lain mungkin mengarah ke inventaris palsu sehingga dapat menghindari kecurangan ini.

Fitur Ads.txt diluncurkan pertama kali tahun 2018. Walau sebenarnya fitur ini sudah ada sejak tahun 2017. Sehingga pada website-website yang menggunakan self-hosting atau hosting sendiri, seperti pada penggunaan platform cms wordpress, joomla, atau lainnya, file ads.txt dapat langsung kita upload filenya ke dalam root domain/akar domain dengan cara login melalui c-panel. Namun tidak berlaku untuk blogspot, karena pengguna blogspot tidak memiliki akses ke bagian hosting atau admin panel. Oleh karena itu para blogger dari seluruh dunia memberikan masukan kepada developer blogspot untuk menambahkan fitur ini pada dashboard blogspot. Sehingga file ads.txt bisa disimpan pada bagian root domain/akar domain sama seperti file robots.txt. Karena itulah bagi para pengguna akun adsense baru akan menerima error seperti notifikasi di atas, apabila belum memasang file ads.txt. Hal ini juga yang kadang membuat iklan adsense tidak tampil atau tidak muncul di blog, karena perayap atau robots google adsense memerlukan verifikasi untuk menampilkan iklan pada blog kita. Salah satunya dengan mengaktifkan file ads.txt pada setting dashboad blogspot.

Setelah kita tahu latar belakang mengenai file ads.txt, selanjutnya kita mengetahui bagaimana untuk mengaktifkan file ads.txt pada blog yang kita punya. Berikut tutorial step by stepnya:
  Langkah 1 : Buatlah file teks (.txt).
  Langkah 2 : Dalam file teks (.txt) tersebut, Sertakan baris kode berikut:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan: Penting sekali bahwa kita memastikan mengganti kode pub-0000000000000000 dengan ID penayang kita sendiri sebagai penayang iklan adsense.

●  Langkah 3 : Masuklah ke akun blogspot yang kita miliki
●  Langkah 4 : Pilih bagian Setelan > Preferensi penelusuran > Monetisasi > ads,txt kustom > klik edit > Aktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya

cara meng-custom file ads.txt untuk google adsense pada blogspot

  Langkah 5 : Masukkan kode file teks (.txt), seperti yang dibuat pada langkah 2.
  Langkah 6 : Klik simpan perubahan yang sudah dibuat
  Langkah 7 : Silakan cek file ads dengan mengetik petunjuk kata berikut ini pada navigation bar atau tempat URL address pada browser : https://www.namawebsite.com/ads.txt.
Noted: nama website ganti dengan nama website atau blog kamu.

Cara mengetahui id penayang atau kode pub seperti pada langkah 2 :
1.Masuklah ke akun AdSense milik Anda
2.Lalu masuk ke bagian Settings > Account information

bagian informasi akun pada aplikasi google adsense
Account Information Adsense
Bagi para blogger yang mendapatkan notifikasi/pemberitahuan dari akun adsense bahwa penghasilan beresiko karena belum mengaktifkan ads.txt pada settingan blogspot. Silakan segera aplikasikan langkah-langkah di atas untuk mengatasi masalah tersebut. kalau ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan, silakan tulis saja di kotak komentar.

Happy Blogging Gaessss 😉😊😉😊😉.....

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan File Ads.txt Pada Blogspot"