Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Domain Gratis Blogspot Di Freenom

Cara Mendapatkan Domain Gratis Blogspot Di Freenom – Biasanya ketika kita membuat sebuah blog memalui fasilitas CMS ( Content Management System ) seperti wordpress.com, blogspot, dan lain sebagainya, secara otomatis kita mendapatkan nama domain kita diikuti dengan domain root cms tersebut, sehingga nama domain blog kita menjadi sangat panjang, sebagai contoh https://digitaladies.blogspot.com. Kita bisa menyingkat nama domain tersebut agar terkesan lebih profesional. Ada 2 option untuk menyingkat atau mengganti nama domain tersebut. Pertama kita bisa menggunakan nama domain gratisan, atau yang kedua kita bisa memilih nama domain yang berbayar seperti .com, .id, .net, dan lain-lain.

Website freenom penyedia layanan domain gratis

Artikel ini sendiri akan membahas bagaimana mendapatkan domain gratisan. Ada beberapa layanan website yang menyediakan domain gratis seperti freenom.com, dot.tk, name.com dan lain sebagainya. Dalam artikel ini saya saya akan khusus membahas mendapatkan nama domain dari freenom untuk cms blogspot. Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan nama domain gratisan dari freenom:
1. Kunjungi halaman website freenom di https://www.freenom.com
2. Pilih nama domain dengan melalui kotak cek ketersediaan. Ketikkan saja nama domain yang diinginkan tanpa embel-embel. Contoh: digitaladies.
3. Selanjutnya kita akan diberikan 5 nama domain, apabila ketersediaanya masih ada semua, yaitu:  .tk, .ml, .ga, .cf, .gq. Kalau ada domain yang tidak free antara 5 pilihan tersebut, artinya nama domain tersebut sudah ada yang punya, tidak peduli nama domain tersebut sedang digunakan atau tidak.
Jadi kalau anda memilih nama domain .ga, maka nanti nama domain https://digitaladies.blogspot.com akan berubah menjadi https://digitaladies.ga.
4. Pilih nama salah satu dari 5 nama domain tersebut. Lalu klik tombol Dapatkan sekarang ! atau Get It Now ! sampai tombol tersebut berubah menjadi Selected.
5. Klik tombol Pemeriksaan. Atau Checkout.
6. Lalu anda akan diarahkan ke halaman belanjanya atau chart page. Klik tombol Forward this domain. Lalu isi kotak Forward this domain to. Untuk mengisi nama kotak ini, anda bisa mengetikkan nama domain bawaan dari blogspot, seperti https://digitaladies.blogspot.com.
7. Rubah periode waktu langganan tergantung dari kebutuhan anda. Untuk periode 1 sampai 12 bulan, nama domain tersebut bisa dipakai dengan gratis.
8. Klik tombol Continue.
9. Kemudian akan diarahkan ke halaman shopping cart-nya untuk konfirmasi. Kalau sebelumnya sudah pernah mendaftar, silakan Click here to login, tapi kalau belum pernah silakan masukkan alamat email anda >>> klik tombol Verify my email address.
10. Cek email untuk mendapatkan email konfirmasi. Kalau sudah ada klik saja link konfirmasi yang ada dalam email tersebut.
11. Kemudian anda akan dibawa ke halaman Review & Checkout. Isilah dengan lengkap informasi profil anda pada kotak text area yang sudah disediakan.
12. Centang radio button I have read and agree to the Terms & Conditions >>> klik tombol Complete Order.
13. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman Order Confirmation, klik tombol Click here to go to your Client Area.
14. Silakan redirect blogspot anda ke nama domain yang baru. klik menu Service >>> pilih My Domains
15. Pilih Manage Domain dari domain yang mau di-redirect ke blogspot.
16. Pilih Management Tools >>> Pilih Nameservers >>> Pilih Use default nameservers >>> klik tombol Change Nameservers.
17. Pilih Manage Freenom DNS.
18. Lalu anda akan diarahkan ke halaman DNS MANAGEMENT yang di dalamnya terdapat kolom-kolom yang harus anda isi, seperti kolom Name, Type, TTL dan target. Buatlah 6 baris untuk membuat IP Records dengan mengklik tombol More Records 5x. Untuk baris pertama dan kedua pada kolom Type, ubah menjadi CNAME. Lalu untuk baris ketiga sampai keenam untuk kolom Name, silakan kosongkan. Untuk kolom type pilih A. Untuk kolom TTL ikuti default-nya saja 14440. Sedangkan untuk target, isikan sesuai IP Google berikut:
● Baris ke-3: 216.239.32.21
● Baris ke-4: 216.239.34.21
● Baris ke-5: 216.239.36.21
● Baris ke-6: 216.239.28.21

Mencatat IP Records

19. Beralihlah ke dashboard blogspot. Pilih Pengaturan >>> Dasar >>> Alamat Blog >>> Klik Siapakan URL pihak-3 blog Anda >>> ganti nama domain sesuai nama domain dari pihak ke-3 >>> Save
20. Akan muncul error karena kesalahan Name dan Target di DNS pendaftar domain anda belum diisi. Ambil informasi bidang nama/label/host dan bidang tujuan/target/mengarah ke, seperti pada gambar berikut yang anda bisa dapatkan informasinya pada setting alamat blog setelah anda menekan tombol Save:

Name & Target IP Records dari Blogspot

22. Kembali ke DNS MANAGEMENT di Freenom, isi kolom Name dan Target sesuai dengan informasi yang diberikan tersebut untuk baris ke 1 dan ke 2 di halaman DNS MANAGEMENT point 18. Lalu Save Changes.

Cara mengisi IP Records pada DNS Management

23. Kembali ke halaman dashboard setting alamat blog tadi sekitar 5 menit. Lalu tekan tombol Save
24. Lakukan pengalihan domain pada dashboard blogspot. Hal ini perlu dilakukan agar kita tetap bisa mengakses nama domain default-nya juga, meskipun nama domain sudah diganti dengan nama domain pihak ketiga. Caranya: Pilih Setting >>> Basic >>> Alamat Blog >>> Klik Edit >>> Centang Radio Button Pengalihan >>> Klik tombol Save >>> Selesai !

Catatan:
Jangan memilih nama domain .tk, karena nama domain tersebut susah banyak yang pakai dan banyak dipakai pada website-website yang tidak benar, seperti buat spam, scam, dan lain-lain. Sehingga banyak hosting akan me-reject nama domain yang belakangnya ada .tk .


Post a Comment for "Cara Mendapatkan Domain Gratis Blogspot Di Freenom"