Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Web Hosting Gratis

Web Hosting Gratis – Banyak cara untuk melakukan hosting pada website yang sudah kita buat agar bisa tampil di internet dan dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia dengan memindahkan file website anda ke dalam sebuah web server. Web Server sendiri adalah tempat untuk menyimpan website anda, yang berupa program komputer yang akan menangani lalu lintas data dari web server ke pengguna internet, begitu juga sebaliknya. Web server ini dikelola oleh penyedia hosting yang merupakan perusahaan yang memberikan layanan dan menyewakan ruang untuk menaruh website anda. Banyak sekali penyedia layananan web hosting, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Artikel ini akan membahas Layanan Web Hosting Gratis. Di internet banyak website yang menyediakan layanan web hosting gratis seperti 000webhost.com, infinityfree.net, dan lain sebagainya. Dalam artikel ini akan membahas langkah demi langkah bagaimana mendapatkan web hosting gratis dengan menggunakan infinityfree.net.

Website Infinityfree penyedia layanan hosting gratis

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Web Hosting, ada beberapa cara yang bisa digunakan agar webiste anda bisa tampil di Internet. Pertama kita bisa menggunakan layanan penyedia hosting seperti Google Sites, GitHub Pages, Firebase, dan lain sebagainya. Tapi sayangnya penyedia layanan hosting tersebut hanya bisa memfasilitasi HTML, CSS, dan Javascript saja. Kecuali untuk Firebase yang bisa memfasilitasi bahasa pemprograman lainnya, namun sayangnya juga di dalamnya tidak ada PHP dan MySQL. Kedua kita bisa menggunakan layanan pembuatan website sederhana atau yang disebut dengan CMS ( Content Management System ) seperti wordpress.com, blogspot.com, wix.com dan lain sebagianya. Dimana kita bisa membuat website di dalam website tersebut. Tapi CMS juga kurang flexible, ketika anda ingin membuat website anda sendiri. Sehingga kita membutuhkan layanan web hosting yang setidaknya di dalamnya tersedia teknologi Server PHP dan Data Base Server MySQL. Ilustrasi sederhananya ibarat anda harus mencari orang yang sudah punya XAMPP di suatu tempat di server, sehingga anda hanya mencari cara bagaimana menyimpan website anda ke dalam htdocs milik mereka.

Sebenarnya anda bisa membuat komputer atau laptop anda menjadi web server, tapi cara seperti itu memerlukan konfigurasi yang cukup tidak mudah juga, terlebih lagi anda akan membutuhkan apa yang namanya IP Public.

Kembali lagi mengenai Web Hosting, selain web hosting anda juga membutuhkan nama domain, sehingga memudahkan orang lain untuk bisa mengingat dan mengakses website anda. Dengan begitu website anda bisa diakses dengan nama tertentu, contoh digitaladies.com. Pada dasarnya untuk mengakses sebuah website, yang diakses adalah servernya yang memiliki alamat berupa IP address yang berisi angka-angka yang rumit. Karena itu anda butuh suatu nama untuk membungkus alamat IP Address tersebut, karena tidak mungkin  anda menghafalkan angka-angka yang panjang dan rumit tersebut. Untuk nama domain, sama juga seperti web hosting ada yang gratis dan ada berbayar. Karena artikel ini membahas Web Hosting Gratis, maka untuk nama domainnya pun akan kita gunakan yang gratis dulu, seperti menggunakan fasilitas website freenom.com, dot.tk, name.com dan lain sebagainya. Setelah mendapatkan nama domain, selanjutnya kita hubungkan nama domain tersebut ke web hosting. Penyedia layanan domain gratis yang akan di jadikan demo pada artikel ini adalah milik freenom.

WEB HOSTING
Berikut langkah-langkah untuk menyimpan website anda dalam Web Hosting dengan menggunakan infinityfree.net:
2. Lakukan pendaftaran dengan menekan tombol Sign Up Now.
3. Lakukan konfirmasi pada email yang digunakan pada saat mendaftar.
4. Setelah konfirmasi anda akan dibawa ke halaman akun anda >>> tekan tombol Add a new website CREATE ACCOUNT untuk membuat rumah baru bagi website anda.
5. Anda akan dibawah ke halaman CREATE A NEW ACCOUNT, dimana pada halaman ini akan ditawarkan 2 hal untuk nama domain. Pertama anda bisa memilih nama domain default/bawaan website infinityfree atau disebut juga dengan subdomain dengan 2 tawaran subdomain epizy.com dan .rf.gd. Kedua anda bisa menggunakan nama domain anda sendiri yang didapat dari penyedia pihak ketiga nama domain, baik yang gratis atau yang berbayar. Karena artikel ini juga menjelaskan bagaimana mendapatkan nama domain gratis, maka yang dipilih adalah pilihan kedua. Perhatikan bagian yang di beri kotak kecil biru muda, itu adalah nama server yang nanti digunakan pada pengaturan nameservers di management tools pada website penyedia layanan domain.

halaman untuk membuat akun baru

6. Lihat Langkah Mendapatkan Domain Gratis dibawah.
7. Masukkan nama Domain anda >>> klik tanda pencarian >>> kemudian anda akan muncul Account Label sebagai user name dan Account Password Default dari infinityfree. Pastikan kedua hal itu selalu diingat. Untuk password bisa dirubah.
8. Centang Konfirmasi Bahwa Anda Bukan Robot >>> klik Create Account.
9. Tunggu prosesnya sekitar 5-10 menit, setelah itu lakukan refresh di kotak bawah yang ada tanda refresh.
10. Lihat dibagian Account Information, Statusnya sudah berubah menjadi Active, artinya halaman website kita sudah bisa diakses, meskipun isinya masih default/bawaan dari web hosting infinityfree.com. Sekarang anda sudah siap untuk menggunakan web hosting anda.

Informasi akun pada website infinityfree

Catatan:
Berikut 2 hal yang terpenting pada halaman akun di atas:
● Setiap user yang memiliki web hosting, harus bisa masuk ke dalam Control Panel-nya untuk melakukan segala macam konfigurasi.
File Manager adalah tempat user menyimpan file-file website-nya. Di infinityfree.net, ketika ada meng-klik tombol file manager, maka anda akan ditawarkan 2 file manager, yaitu file manager default infinity.net ( bawaannya ) atau menggunakan monsta. File manager juga terdapat di dalam Control Panel yang biasanya cara ini banyak digunakan oleh user secara umum.

Upload File Website Melalui Control Panel
Biasanya developer website atau user yang berhubungan dengan web desain atau programmer akan mengupload file websitenya ke web hosting melalui Control Panel. Ada 2 langkah, yaitu melalui Online File Manager atau melalui FTP Accounts.

Control Panel pada website Infinityfree

Catatan:
● Kotak merah adalah home, dimana ketika anda sedang berada di halaman mana saja, lalu anda mau kembali ke halaman control panel seperti gambar di atas, klik saja bagian tersebut.
● kotak biru adalah Online File Manager untuk akses anda dalam menyimpan file-file website anda.
● kotak ungu adalah FTP Accounts atau File Transfer Protocol Account yang digunakan untuk menghubungkan htdocs dari local host ke server.

1. Upload Melalui Online File Manager
Kerika anda membuka atau meng-klik fitur Online File Manager pada Control Panel, maka anda akan langsung diarahkan ke halaman file manager yang sudah memiliki beberapa file secara default. Dan sebaiknya file-file tersebut jangan pernah diotak-atik. Anda bisa meng-upload file website melalui file htdocs.

Akses untuk menyimpan file-file website

2. Upload Melalui File FTP Accounts
User juga bisa mengupload file websitenya melalui FTP Accounts dengan menggunakan software FTP Client untuk menghubungkan htdocs-nya dan FTP.
Halaman FTP Accounts berisi User Name, Password, Host Name, Port, dan Daftar Software yang akan digunakan dalam mentransfer file website. Untuk Password FTP gunakan password seperti point 7 di atas. Sedangkan untuk software, berikut daftar software yang direkomendasikan: SmartFTP Client (32-bit) for Windows; SmartFTP Client (32-bit) for Windows; CoreFTP for Windows; FileZilla for Windows; FileZilla for Linux; FileZilla for Mac OS X; Cyberduck For Mac OS X; dan WinSCP for Windows. Untuk cara download Software FTP Client silakan lihat artikel Cara Download Dan Menggunakan FileZilla.


File Transfer Protocol


Berikut langkah-langkah upload file website ke dalam web server dengan menggunakan FTP Account:
Upload File Website:
1. Buka Control Panel.
2. Buka FTP Accounts. Catat Nama Host, Username, Password Dan Port Yang Ada Pada FTP Accounts.
3. Buka FileZilla, untuk menghubungkan antara htdocs yang ada diserver dengan htdocs yang ada di komputer anda. Silakan masukkan Nama Host, Username, Password Dan Port Yang Ada Pada FTP Accounts. Untuk password adalah password yang didapat ketika anda mendaftarkan nama domain ada pada sebuah web hosting yang digunakan untuk masuk ke dalam Control Panel.

Perhatikan gambar FileZilla di bawah ini. Sebelah Kiri adalah file explorer dari user yang ada di dalam komputer yang disebut dengan Local Site, sedangkan Sebelah Kanan adalah file explorer dari komputer server atau disebut Remote Site. Ketika anda ingin memindahkan file htdocs anda ke dalam komputer, pastikan bahwa posisi folder yang ada di remote site adalah dalam posisi folder htdocs.

Cara menggunakan software FTP client FileZilla


2. Cari file website anda yang ada dalam htdocs komputer anda.
3. Pindahkan file website anda. Caranya drag semua file yang akan dipindahkan, kemudian geser ke bagian filename sebelah kanan.
4. Selesai !

Upload File Database:
1. Buka Control Panel >>>  cari, buka dan rubah setting Alter PHP Config. Agar halaman website menampilkan error apabila ada kesalahan. Karena default dari web hosting-nya, semua error dihilangkan. Lalu tekan tombol Alter PHP Directives >>> Rubah DISPLAY ERROR menjadi On dan Sesuaikan TIMEZONE sesuai dengan lokasi anda.
2.Kembali ke Control Panel >>> cari dan buka Databases >>> pilih phpMyAdmin >>> klik Here >>> ketikkan Nama Database yang diinginkan >>> klik Create Database. Anda akan melihat informasi yang ada pada current databases seperti MySQL DB Name, MySQL User Name, MySQL Password, MySQL Host Name. Data ini diperlukan saat melakukan konfigurasi pada file function.

Informasi mengenai database seperti MySQL DB Name, MySQL User Name, MySQL Password, MySQL Host Name


3. Lakukan edit pada file function yang ada di remote site.
4. Ganti Database Name, User Name, Password, dan Host Name sesuai dengan informasi yang ada di current database.

File Function


5. Save dan Cek. Dalam tahap ini, anda baru punya database-nya saja. Belum ada datanya, sehingga akan terjadi pesan error kembali.
6. Untuk cek, silakan tekan tombol Admin pada informasi current database, anda pasti akan menemui bahwa databasenya masih kosong. Untuk mengisinya anda bisa melakukan import dari file data yang ada di local host.
7. Buka phpMyAdmin yang ada di local host >>> pilih data base yang akan di eksport >>> tekan tombol Eksport >>> pilih metode eksport menjadi Custom >>> pilih format data menjadi SQL >>> ganti bagian output menjadi Save output to a file >>> Tekan tombol Go >>> Save file menjadi format dengan esktensi .sql di suatu folder.
8. Kembali ke phpMyAdmin yang ada di server. Pilih Eksport >>>> lakukan Browse Your Computer >>> klik Go. Selesai !

DOMAIN GRATIS

Website freenom penyedia layanan domain gratis


Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan nama domain gratis dengan menggunakan layanan penyedia domain gratis freenom:
1. Kunjungi halaman website freenom di https://www.freenom.com
2. Pilih nama domain dengan melalui kotak cek ketersediaan. Ketikkan saja nama domain yang diinginkan tanpa embel-embel. Contoh: digitaladies.
3. Selanjutnya kita akan diberikan 5 nama domain, apabila ketersediaanya masih ada semua, yaitu:  .tk, .ml, .ga, .cf, .gq. Kalau ada domain yang tidak free antara 5 pilihan tersebut, artinya nama domain tersebut sudah ada yang punya, tidak peduli nama domain tersebut sedang digunakan atau tidak.
Jadi kalau anda memilih nama domain .ga, maka nanti nama domain https://digitaladies.blogspot.com akan berubah menjadi https://digitaladies.ga.
4. Pilih nama salah satu dari 5 nama domain tersebut. Lalu klik tombol Dapatkan sekarang ! atau Get It Now ! sampai tombol tersebut berubah menjadi Selected.
5. Klik tombol Pemeriksaan. Atau Checkout.
6. Lalu anda akan diarahkan ke halaman registrasi. Rubah periode waktu langganan, tergantung dari kebutuhan anda. Untuk periode 1 sampai 12 bulan, nama domain tersebut bisa dipakai dengan gratis.
7. Klik tombol Continue.
8. Kemudian akan diarahkan ke halaman shopping cart-nya untuk konfirmasi. Kalau sebelumnya sudah pernah mendaftar, silakan Click here to login, tapi kalau belum pernah silakan masukkan alamat email anda >>> klik tombol Verify my email address.
9. Cek email untuk mendapatkan email konfirmasi. Kalau sudah ada klik saja link konfirmasi yang ada dalam email tersebut.
10. Kemudian anda akan dibawa ke halaman Review & Checkout. Isilah dengan lengkap informasi profil anda pada kotak text area yang sudah disediakan.
11. Centang radio button I have read and agree to the Terms & Conditions >>> klik tombol Complete Order.
12. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman Order Confirmation, klik tombol Click here to go to your Client Area.
13. Anda akan dibawa ke halaman usernya. Selanjutnya hubungkan nama domain ke server web hosting ( infinityfree ) dengan cara klik menu Service >>> pilih My Domains.
14. Pilih Management Tools >>> Pilih Nameservers >>> Pilih Use Custom Nameservers >>> Isi sesuai nama server yang diberikan pada halaman Create a New Account pada POINT 5 Web Hosting di atas >>> klik tombol Change Nameservers.

halaman untuk mengatur nama server yang diminta

Post a Comment for "Web Hosting Gratis"