Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Download Dan Menggunakan FileZilla Pada Windows

Cara Download Dan Menggunakan FileZilla Pada Windows – FileZilla merupakan salah satu software FTP atau File Tranfer Protocol yang digunakan untuk memindahkan file website ke dalam sebuah web server yang dimiliki oleh layanan penyedia hosting yang khusus digunakan pada sistem operasi windows. FileZilla ini ibarat file explorer yang ada dalam komputer atau laptop anda, tapi explorer ini bisa dihubungkan ke server website anda.

FileZilla sendiri memiliki beberapa fitur lengkap, berikut diantaranya:
● Mampu menangani lebih dari satu situs sekaligus, termasuk pengaturan pemindahan file masing-masing situs.
● FileZilla selalu mencatat setiap pesan, baik perintah yang anda berikan maupun respon dari web server.
● Tampilan FileZilla terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu komputer user dan web server. Keduanya tampil dalam gaya yang mirip dengan windows explorer.
● Status file yang sedang dipindahkan ke web server dapat dimonitor kapan pun.

Website FileZilla untuk download software FTP Client

Berikut langkah-lahkah download FileZilla:
2. Tekan tombol Download FileZilla Client dengan menyesuaikan sistem operasi komputer/laptop anda, apakah 32 bit atau 64 bit.
3. Lakukan instalasi pada komputer anda. Instalasinya tidak rumit, ikuti saja petunjuknya. Klik exe-nya 2x >>> klik Run pada kotak dialog peringatan pembuatan siftware >>> pilih I Agree pada kotak dialog License agreement and privacy policy >>> biarkan sampai selesai loading data >>> klik Next pada kotak dialog Choose Installation Options >>> klik Next pada kotak dialog components >>> klik Next setelah memilih lokasi instalasi >>> klik Next setelah memilih option tambahan software dalam hal ini untuk antivirus >>> klik Next setelah memilih menggunakan security atau tidak >>> biarkan sampai selesai instalasi >>> klik Finish >>> FileZilla akan segera terbuka.

FileZilla seperti explorer yang ada pada komputer anda, bagian kanan adalah tempat explorer yang persis sama dengan isi file yang ada dalam komputer ada, sedangkan bagian kiri adalah explorer tempat file yang yang dihubungan dengan server website anda.

Tampilan Interface FileZilla

CARA MENGGUNAKAN FILEZILLA
1. Buka FileZilla, untuk menghubungkan dengan htdocs yang ada diserver. Silakan masukkan Nama Host, Username, Password Dan Port Yang Ada Pada FTP Accounts. Untuk password adalah password yang didapat ketika anda mendaftarkan nama domain ada pada sebuah web hosting yang digunakan untuk masuk ke dalam Control Panel.


Informasi sebuah FTP Accounts dalam sebuah Control Panel

Perhatikan gambar FileZilla di bawah ini. Sebelah Kiri adalah file explorer dari user yang ada di dalam komputer yang disebut dengan Local Site, sedangkan Sebelah Kanan adalah file explorer dari komputer server atau disebut Remote Site. Ketika anda ingin memindahkan file htdocs anda ke dalam komputer, pastikan bahwa posisi folder yang ada di remote site adalah dalam posisi folder htdocs.

Cara menggunakan software FTP Client FileZilla


2. Cari file website anda yang ada dalam htdocs komputer anda.
3. Pindahkan file website anda. Caranya drag semua file yang akan dipindahkan, kemudian geser ke bagian filename sebelah kanan.
4. Selesai !

Post a Comment for "Cara Download Dan Menggunakan FileZilla Pada Windows"