Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu ISP ( Internet Service Provider ) ?

Apa itu ISP ( Internet Service Provider ) ? – Ketika kita berselancar dalam teknologi internet. Anda harus tahu bahwa jaringan internet bekerja melalui saluran komunikasi, berupa saluran telepon atau fasilitas yang disediakan oleh penyedia akses internet yang lebih dikenal dengan nama provider atau yang lebih lengkapnya disebut sebagai Internet Service Provider (ISP) yang memiliki peran penting dalam memberikan layanan konektivitas jaringan internet bagi pelanggan rumah, instansi, maupun perusahaan melalui infrastruktur yang mereka miliki. Saat ini di Indonesia telah berdiri banyak ISP, sebut saja antara lain:
1. PT TELKOM yang beralamat di https://www.telkom.co.id/
2. RADNET yang beralamat di https://www.rad.net.id/
3. MEGANET yang beralamat di https://www.mega.net.id/
4. PT INDOSAT yang beralamat di https://www.indosatooredo.com/

Di Indonesia sendiri badan atau asosiasi yang menaungi perusahaan Internet Service Provider (ISP) berada dalam naungan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Untuk informasi mengenai APJII dapat ditemukan melalui websitenya di https://www.apjii.or.id/.
Kita harus mendaftarkan diri kepada ISP setempat agar komputer kita dapat berkomunikasi dengan jaringan internet. Selain itu, ISP juga menyediakan dan menawarkan pula hardware dan software yang diperlukan dalam instalasi internet, mulai dari modem standar, kabel modem, wifi dan lain sebagainya. Apabila belum ada perusahaan ISP di daerah terdekat, bisa juga langsung mengakses internet tanpa mendaftarkan diri ke ISP, yaitu dengan Sim Card yang anda gunakan pada telepon seluler anda sendiri.
Pada saat mendaftarkan diri ke ISP kita akan diberikan beberapa hal, berikut diantaranya:
a. Sebuah nomor telepon untuk kebutuhan akses.
b. Nomor IP address dan subnet mask untuk kode alamat komputer kita, misalnya 202.154.4.78. adalah Internet Network Information Center, yang beralamat di https://www.internic.net/ dan bertanggung jawab atas IP address ini.
c. Sebuah hostname dan domainname symbol praktis untuk kode komputer kita. Misalnya, www.digitaladies.com.
d. Sebuah alamat server DNS (Domain Name System) untuk keperluan pelayanan perusahaan pelayanan akses internet.
e. Sebuah user ID dan password untuk kata kunci dalam mengakses komputer kita.
User ID dan password akan diisikan pada saat kita akan menghubungkan komputer ke internet melalui kotak dialog Connect To. User ID atau disebut juga user name dan password digunakan sebagai kata kunci komputer kita dalam mengakses internet.

Post a Comment for "Apa itu ISP ( Internet Service Provider ) ?"