Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Javascript Part 3 – Memilih Bahasa Pemprograman

Belajar Javascript Part 3 – Memilih Bahasa Pemprograman – Untuk menentukan bahasa pemprograman apa yang sebaiknya digunakan oleh seorang programmer. Sangat tergantung dengan beberapa hal. Pada materi Belajar Javascript part 2 – Bahasa Pemprograman ( Programming Language ) ada bagian yang menjelaskan bagaimana baris-baris source code yang ditulis dalam kode editor, kemudian diterjemahkan dalam bahasa mesin baik dengan menggunakan metode compiler, interpreter dan hybrid. Berikut contoh bahasa pemprograman dan metode yang digunakan untuk diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.

Compiler Interpreter Hybrid
C, C++. Objective-C Javascript, PHP Java, VB.NET, Python

Bagaimana memilih bahasa pemprograman yang tepat


Dari setiap metode penerjemahan bahasa program ke dalam bahasa mesin, memiliki kekurangan dan kelebihan yang sudah dijelaskan pada materi Belajar Javascript part 2 – Bahasa Pemprograman ( Programming Language ). Jadi untuk memilih bahasa pemprograman yang cocok bagi anda  ada 2 hal yang perlu dipertimbangkan:
1. Tentukan project apa yang ingin dibuat.
Setiap bahasa tidak bisa digunakan untuk semua project. Pastikan anda ingin membuat project apa. Berikut referensi beberapa bahasa pemprograman untuk beberapa project development:

Web Development Game Development Mobile App Development Data Analysis Embedded System Programming
PHP, C, Javascript, C++, Java, Phyton, Ruby C#, C, C++, Java, Phyton, Ruby C#, C++, Java R, Phyton, Matlab C, C++, Phyton

2. Tertukan metode apa yang digunakan bahasa pemprograman tersebut.
Kalau kamu ingin bahasa pemprograman yang cepat, dalam hal ini cepat teroptimasi dengan bahasa mesin, maka pilihlah bahasa yang menggunakan metode compiler. Sedangkan bila ingin bisa digunakan dalam berbagai platform, maka gunakan bahasa program yang menggunakan metode interpreter.

Post a Comment for "Belajar Javascript Part 3 – Memilih Bahasa Pemprograman"