Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Javascript Part 7 – Nilai dan Tipe Data Pada Javascript

Belajar Javascript Part 7 – Nilai dan Tipe Data Pada Javascript – Bicara Javascript pasti kita membutuhkan komputer untuk mengaplikasikannya. Bicara mengenai komputer apabila kita melihat jauh ke dalam isi sebuah komputer, sebenarnya hanya berisi data. Data ini bisa kita baca, kemudian kita modifikasi, lalu kita buat ulang  dan pastinya bisa juga kita hapus. Semua data tersebut tersimpan ke dalam serangkaian ‘bit’ atau bilangan biner. Bit /binary digit adalah satuan terkecil dari data yang ada dalam komputer kita. Nilai dari bit hanya 0 atau 1.

Secara eletronika atau hardware di dalam komputer kita, digit 1 terjadi ketika salah satu komponen dalam komputer kita yang namanya transitor dialiri listrik dan nilai 0 ketika transitor tidak dialiri listrik. Sama seperti kita menganalogikan lampu yang menyala, maka lampu tersebut sedang dialiri listrik. Sedangkan ketika lampunya tidak menyala maka tidak dialiri listrik. Meskipun pada kenyataannya di dalam komputer kita sudah tidak ada lagi transitor, karena yang ada pada komputer sekarang adalah kepingan-kepingan RAM.

Satuan terkecil dari data yang ada dalam komputer

Sebagai contoh lain, apabila kita membuat data yang bentuknya angka 47. Bagaimana cara komputer kita merepresentasikan angka 47 tersebut??. Analogi yang sama bagaimana angka 47 tersebut direperesentasikan dalam bilangan desimal. Bilangan desimal adalah bilangan yang terdiri dari angka 0 – 9. Dalam bilangan desimal terdapat satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.... Apabila kita menggunakan bilangan desimal untuk merepresentasikan angka 47, maka angka 47 terdiri dari satuan dengan nilai 7 dan puluhan dengan nilai 40.

Representasi bilangan desimal

Sedangkan untuk merepresentasikan angka 47 dalam bilangan biner direpresentasikan dengan angka 111101.  Kalau dalam penguraian bilangan desimal di atas terdiri dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya. Sedangkan dalam bilangan biner, penguraiannya seperti gambar di bawah ini : 1, 2, 4, 8, 16, 32, dan seterusnya. Jadi kalau kita punya bilangan biner 111101 itu sama dengan representasi angka 47 dalam bilangan desimal. Caranya penguraian bilangan biner tersebut dikalikan pada masing-masing pasangan nilai bilangan binernya angka 1 atau angka 0. Seperti pada contoh gambar dibawah ini : 1x1, 2x1, 4x1, 8x1, 16x0, 32x1. Kemudian hasil perkaliannya tinggal dijumlahkan. Begitulah proses yang terjadi ketika kita ingin membuat angka 47 pada komputer kita. Dimana semua data direpresentasikan dalam bilangan binary.

Representasi bilangan binary

Untuk bisa bekerja dengan bit-bit tersebut, komputer yang kita gunakan secara otomatis sudah bisa membagi kedalam beberapa potongan yang disebut dengan Nilai/Value. Jadi nantinya meskipun nilai-nilai tersebut terbentuk dari sekumpulan bit, namun bisa saja nilai-nilai tersebut memiliki fungsi peran yang berbeda  dan peran tersebutlah yang nantinya disebut dengan Tipe Data.
Didalam Javascript ada 6 Tipe data :
1. Number ( Angka )
2. String
3. Boolean
4. Object
5. Function
6. Undefined

Tipe data itulah yang mereperesentasik peran dari bit-bit yang ada pada komputer kita. dimana untuk membuat nilai/value yang memiliki peran tertentu yang perlu kita lakukan hanya memanggil namanya. Sebagai contoh apabila kita ingin membuat nilai dengan tipe data number, maka yang kita lakukan hanya tinggal menuliskan angka yang ingin kita input seperti : 5, 106, -89, 1200, 2.5, dan lain sebagainya. Maka nanti komputer akan secara otomatis membuatkan sebuah  nilai yang tipenya number. Begitu juga apabila kita ingin membuat nilai berupa string. Maka kita hanya menuliskan text didalam kutip satu( ‘ ) atau kutip dua ( “ ), maka nanti javascript yang akan melakukan perubahan kedalam bit-bit yang ada dalam komputer kita.

Nilai-nilai yang sudah dibuat dan diubah kedalam bit-bit tersebut akan disimpan kedalam memory atau RAM. Jika suatu saat kita ingin membuat dan membutuhkan nilai yang sangat besar dalam suatu waktu tertentu, mungkin saja kita kehabisan bit. Karena memori ada kapasitasnya. Tapi untungnya hal tersebut terjadi kalau kita membutuhkan bitnya secara simultan atau bersamaan, dan hal itu hampir tidak mungkin terjadi. Lagipula komputer-komputer atau lapto-laptop yang ada sekarang sudah menyediakn ruang memory yang cukup besar. Selain itu kalau kita sudah tidak membutuhkan nilainya, nilai bit tersebut akan menghilang dan akan kembali menjadi bit kosong sehingga bisa digunakan lagi.

Post a Comment for "Belajar Javascript Part 7 – Nilai dan Tipe Data Pada Javascript"