Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog - Part 1 ( Cara Membuat Akun Gmail )

Cara Membuat Blog – Part 1 ( Cara Membuat Akun Gmail ) – hal pertama yang akan saya jelaskan adalah bagaimana cara membuat blog untuk part 1 ini, adalah saya akan menjelaskan bagaimana kita membuat akun gmail secara mudah, cepat dan instant. Bagi banyak senior blogger, cara membuat blog mungkin hal yang mudah, apalagi hanya sekedar cara membuat akun gmail. Namun bagi pemula yang baru belajar cara membuat blog, bukan hal yang mudah ataupun terlalu sulit. Membuat sebuah akun email, khususnya gmail adalah dasar cara membuat blog khususnya membuat blog berplatform blogspot. Kemudian setelah membuat gmail, baru akan dilanjutkan bagaimana membuat blog, setelah itu berlanjut mengembangkan akun blog yang sudah kita buat tadi.

Diartikel sebelumnya, saya sudah sedikit menjelaskan Soal Email Yang Harus Kamu Tahu. Dalam artikel tersebut saya sudah sedikit menjelaskan mengenai gmail. Saya akan sedikit refresh mengenai gmail, sebelum saya menjelaskan step by step bagaimana membuat akun gmail.

Gmail adalah salah satu jenis email yang berbasis web. Gmail merupakan email yang dimiliki dan dikembangkan oleh raksasa search engine terbesar saat ini yaitu google. pertama kali gmail diluncurkan tanggal 1 april 2004. Gmail diciptakan dan dikembangkan oleh seorang engineer dan entrepeneur berkebangsaan amerika, Mr. Paul Buchheit. Dia juga orang yang menciptkan prototype google adsense. Saat ini pengguna aktif seluruh dunia yang menggunakan akun gmail ada sekitar 1,4 milliar lebih. Dari jumlah ini, kita bisa melihat betapa luar biasa gmail dapat menyedot pengguna, logikanya pasti banyak fitur yang menarik dan interaktif ditawarkan oleh gmail.

Dari pengguna yang jumlahnya luar biasa banyak, gmail telah mendukung 72 bahasa. Sehingga dengan support bahasa yang begitu banyak dan sistem yang didukung oleh orang-orang berkualitas dan hebat. Tak heran google play store mencatat gmail sebagai aplikasi pertama yang terinstall pada 1 milliar perangkat andoid. Seperti kita tahu, ketika kita ingin menggunakan smart phone, pasti diminta untuk konfigurasi dan konfirmasinya dengan menggunakan alamat email.

gmail menawarkan tampilan interface yang menarik dan mudah digunakan. Tampilan interface gmail menekankan pada fokus penelusuran pesan dan percakapan. Kita bisa menjumpai hal tersebut dibagian sebelah kiri, dengan mudah kita bisa mencari pesan yang kita inginkan. Gmail menyediakan tag label sebagai metode pengorganisasian email yang lebih fleksibel. Gmail juga menyediakan filter yang secara otomatis mengatur, menghapus atau meneruskan email yang masuk ke alamat lain, dan penanda penting untuk menandai pesan secara otomatis sebagai 'pesan penting'. Dalam kotak masuk gmail, disediakan aplikasi yang secara otomatis bisa mengkategorikan pesan tersebut sebagai kategori Sosial, Update, Forum dan Promosi. Fitur tampilan gmail sangat userfriendly bagi penggunanya. Jadi tak heran pengguna diseluruh dunia yang menggunakan email gmail sangat luar biasa.

Gmail menawarkan ruang penyimpanan file sampai 15 gb. Kita bisa menerima pesan dengan ukuran file 50 mb termasuk attachment/lampiran. Untuk mengirim pesan, kita bisa melakukan dengan ukuran file sebesar 25gb termasuk lampiran. Apabila file yang kita kirim lebih besar dari 25 gb kita bisa menggunakan ‘google drive’. Ruang penyimpanan gmail berbagi dengan ‘google drive’ dan ‘google photo’. Apabila storage yang sudah disediakan tidak mencukupi kebutuhan kita, kita juga bisa menambahnya dengan membeli tambahan storage sampai dengan 30 terabyte.

Gmail memiliki fitur pencarian yang sangat memudahkan penggunanya dibagian atas. dalam kotak pencariannya kita bisa mencari pesan yang kita inginkan. Apabila sudah terlalu banyak pesan dalam kotak email kita dan menyulitkan kita untuk mencari email yang kita inginkan. Kita bisa melakukan filter bedasarkan siapa pengirimnya, dikirim kepada siapa, subjeknya apa, adakah kata-kata tertentu yang bisa menjadi petunjuk, berdasarkan ukurannya, berdasarkan attachment, berdasarkan waktu dikirimnya, atau berdasarkan tab kotak masuknya.

Dibagian sebelah kanan, gmail menyediakan tambahan fitur seperti kalender, file yang disimpan baik di dalam google drive, lalu tugas-tugas yang kita catat secara khusus dalam akun gmail.

Gmail menyediakan filter spam, yang cara kerjanya berdasarkan komunitas. Biasanya informasi dari satu orang dalam sebuah komunitas besar, akan menjadi referensi sistem filter ini, untuk memasukkan suatu pesan kedalam kotak ‘filter spam’ secara otomatis. Jadi kita tidak perlu repot-repot menyaring suatu pesan spam ataupun membacanya yang akan menghabiskan waktu percuma saja.

Gmail selalu mengembangkan dan memperbaharui fitur agar penggunanya semakin nyaman menggunakan gmail sebagai email utama bagi setiap orang, karena itu gmail juga menyediakan ‘fitur lab gmail’. Fitur ini memberikan para pengguna gmail untuk melakukan uji coba atau experimental pada fitur gmail. Apabila kita tidak ingin menggunakan fitur ini, kita juga bisa menonaktifkannya. Penggunaan fitur ini, akan banyak membantu para engineer gmail untuk mengembangkan dan menciptakan fitur terbaru yang sangat dibutuhkan oleh sebagian banyak dari pengguna gmail. Jadi tidak ada salahnya kita mencobanya.

Selanjutnya setelah saya membahas beberapa hal mengenai fitur gmail, saya akan menjelaskan bagaimana membuat akun gmail secara mudah, cepat dan instant. Saya rasa banyak teman-teman yang sudah bisa membuat akun gmail, tanpa harus membaca artikel ini. bagi teman-teman yang sudah familiar, anggap saja sebagai bacaan santai untuk merefresh ulang bagaimana membuat akun gmail, siapa tahu ada yang sudah lama tidak membuat akun gmail. Karena sudah memiliki adsense yang sudah menjadi passive incomenya.

Pertama yang kita lakukan, kita pergi ke alamat website nya yaitu https://www.google.com/gmail. setelah kita di direct ke halaman website tersebut kita bisa mengklik ‘create an account’. Selanjutnya ikuti saja langkah-langkahnya.

cara membuat akun gmail untuk membuat blog
Membuat Akun Gmail


cara membuat akun gmai step by step
Step Membuat Akun Gmail
a. Masukkan nama, disini kita diminta untuk memasukkan nama depan dan nama belakang
b. Masukkan nama pengguna, disini kita diminta untuk menciptakan nama pengguna untuk alamat email, yang akan diikuti @gmail.com. untuk nama pengguna. Kita bebas memilih dan menentukan namanya, tidak harus sesuai dengan informasi nama di bagian a.
c. Masukkan password yang kita inginkan pada saat login. Usahakan buat password yang mudah diingat, tapi tidak mudah untuk ditebak orang lain. hindari password yang berhubungan dengan identitas pribadi, seperti tanggal lahir. Kombinasikan password baik itu huruf besar, huruf kecil, icon, dan angka. Walaupun gmail sudah mengenkripsi semua password penggunanya. Namun yang namanya hacker memiliki banyak cara untuk meretas akun email kita, tapi bukan berarti hacker lebih cerdas dari google.
d. Lakukan konfirmasi ulang password untuk memastikan password yang kita masukkan tidak salah.
e. Submit data yang sudah kita masukkan dengan menekan tombol berikutnya atau next.
f. Lakukan verifikasi no hp. Fungsinya untuk memperkuat kepemilikan sebuah akun gmail. Setelah kita memasukkan no hp. Kita akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim via sms ke no hp yang kita masukkan apabila kita memilih metode sms. Kita juga bisa memilih verifikasi via call, nanti akan ada customer service gmail yang secara otomatis menghubungi kita dan memberikan kode verifikasi. Setelah menerima kode verifikasi, kita bisa masukkan kode tersebut kedalam kotak verifikasi.
g. Lakukan submit dengan menekan tombol ‘berikutnya’ atau ‘next’. Sampai tahap ini sebenarnya pembuatan akun sudah berhasil. Namun ada proses identifikasi tambahan untuk mengamankan akun gmail yang sudah dibuat. Dan hal tersebut sifatnya optional, namun disarankan untuk diikuti langkahnya. Kalau kita ingin melewati langkah ini, kita bisa tekan tombol berikutnya atau next (point n ). Namun kalau ingin melengkapi terlebih dahulu, silakan ikutin point h.

cara membuat akun gmail step by step
Cara Membuat Akun Gmail
h. Masukkan no hp yang akan kita gunakan untuk verifikasi keamanan data kita (optional).
i. Masukkan alamat email pemulihan. Hal ini berfungsi untuk memverifikasi akun gmail kita ketika kita lupa password, akun gmail kita disalahgunakan, dan lain sebagainya ( optional ).
j. Masukkan tanggal kelahiran.
k. Masukkan bulan kelahiran.
l. Masukkan tahun kelahiran.
m. Masukkan jenis kelamin, kita bisa memilih pria, wanita, tidak ingin diketahui, atau kita bisa mengcustomnya, siapa tahu diantara kita ada yang memiliki 2 alat kelamin atau tidak memiliki alat kelamin sama sekali, atau juga berpindah alat kelamin.
n. Submit data yang kita masukkan dengan menekan tombol berikutnya atau next.
o. Lakukan persetujuan baik itu privacy dan persyaratan yang diminta google, tekan saja tombol berikutnya atau next. Tapi jangan lupa memberi tanda checklist pada checkbox persetujuan yang berada paling bawah sebelum tombol ‘berikutnya’ atau ‘next’.

berhasil membuat akun gmail
Gmail Account is Ready
p. Tahap ini kita sudah berhasil sepenuhnya membuat akun gmail, kita bisa langsung tekan tombol berikutnya atau next.
q. Pilihlah opsi tampilan interface yang kita inginkan sesuai dengan selera kita.
r. Taraaaaaaa........ akun gmail sudah berhasil dibuat, kita tinggal pakai saja fitur-fitur yang diberikan gmail bagi semua penggunanya.

Akhirnya saya selesai juga menjelaskan bagaimana membuat akun gmail yang sangat sederhana dan mudah. Prakteknya kita mungkin melakukan hanya beberapa menit saja. Tapi menulis artikel ini, saya menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Praktek lebih mudah untuk dipahami dibanding dengan membaca 1000 kata. Tapi bukan berarti kita jadi malas membaca. Informasi apapun dari praktek bersumber dari informasi tertulis. Kalau tidak begitu, buat apa google membuat page khusus untuk google support sebagai fasilitas untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan segala pengggunaan aplikasi yang google sediakan.



Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Gmail


  • kalau ada pertanyaan, silakan tulis saja dikotak komentar dibawah, asal bukan spam dan sesuai dengan topik pembahasan.
  • the language in this article uses indonesian, if you didn't understand with my language, you can use google translate or any others translator.


Post a Comment for "Cara Membuat Blog - Part 1 ( Cara Membuat Akun Gmail )"